Sukses

Nelayan Magnet Ini Temukan Granat Aktif Peninggalan Perang Dunia II, Ngeri

Kerap mencari barang-barang seperti artefak bersejarah, nelayan magnet ini justru menemukan granat aktif Perang Dunia II.

Liputan6.com, Jakarta Nelayan magnet biasanya mencari barang-barang seperti artefak bersejarah, peralatan tua, logam berharga, atau benda-benda menarik lainnya di dasar perairan. Meskipun hobi ini bisa sangat menarik dan seru, namun memiliki risiko dan dampak yang tinggi. 

Seperti halnya kisah dua pemuda yang hobi menggunakan tali berujung magnet untuk menarik benda-benda logam dari dalam perairan. Ternyata mereka berdua menemukan granat yang masih aktif dan bisa meledak kapan saja. 

Melalui unggahan berdurasi singkat di TikTok, kedua pria ini tidak sengaja menemukan granat yang diketahui peninggalan dari Perang Dunia II saat memancing di Skotlandia. Temuan ini sangat mengkhawatirkan dan berbahaya, sehingga membuat mereka merasa ketakutan.

Awalnya berfokus pada menemukan artefak logam bersejarah, seperti lampu kereta api tua atau kotak amunisi, mereka tidak pernah mengantisipasi menemukan benda berbahaya seperti granat aktif. Tak lama setelah menemukan, keduanya menghubungi pihak berwajib untuk mengamankannya.

Berikut ini kisah penemuan granat aktif yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/10/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pria Ini Temukan Granat Aktif di Kanal Skotlandia

Nelayan magnet terkejut saat menarik granat aktif Perang Dunia II dari kanal, di mana memicu ketakutan akan bom. Jika tidak berhati-hati, maka keduanya hampir kehilangan hobi bahkan nyawa karena secara tidak sengaja mengeruk granat aktif dari sebuah kanal di Skotlandia.

"Ketegangan mulai terasa," kata salah satu pemancing perekat, yaitu Bob kepada South West News Service, tentang insiden yang membuat jantung berdebar-debar. Pria ini menggunakan tali berujung magnet untuk memancing artefak logam tak terduga dari perairan.

Grup khusus ini dikenal karena mengunggah hasil tangkapan mereka, termasuk lampu kereta api tua, kotak amunisi, dan banyak lagi melalui saluran TikTok "Magnet Fishing Edinburgh."

Tak lama berselang, kedua pria ini secara tidak sengaja mengangkut granat aktif peninggalan Perang Dunia II saat memancing dari jembatan di Union Canal.

"Awalnya kami tidak menemukan apa pun, jadi kami istirahat untuk mencari makan," kenang Bob.

"Pelemparan kami yang kedua adalah ketika kami menemukan granat dan menyadari situasi yang kami hadapi." Klip yang menggigit kuku tersebut memperlihatkan salah satu nelayan magnet, sedang mengangkut persenjataan berkarat yang belum meledak dari minuman tersebut seperti bola dan rantai yang mudah terbakar.

3 dari 3 halaman

Memastikan Semua Orang Selamat

 Meski merasa gugup atas temuan tersebut, kedua orang tersebut berusaha untuk tetap tenang dan "memastikan semua orang aman dan selamat," katanya.

"Ada beberapa orang yang lewat dan kami sarankan untuk berjalan di jalur lain," kenang Bob, yang kemudian memberi tahu pihak berwenang tentang situasi tersebut.

"Setelah kami mendapatkannya, kami akhirnya menghubungi polisi, dan mereka mengeluarkan bom untuk datang dan mengurusnya," kenangnya. "Petugas itu datang dan memberi tahu kami, 'Kami punya kabar baik dan kabar buruk - kabar baiknya adalah Anda telah menyelamatkan Linlithgow, namun kabar buruknya adalah magnet Anda akan diledakkan bersama granatnya.'"

Teknisi bom kemudian membawa granat aktif tersebut ke lapangan setempat dan meledakkannya pada jarak yang aman dari semua orang. Dalam penemuan yang sama eksplosifnya pada tahun 2019, seorang nelayan magnet mengeruk granat aktif era Perang Dunia I dari sungai di Grand Rapids, Michigan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.