Sukses

Viral Aksi Petani Injak-Injak Semangka karena Tak Laku, Tuai Kecaman

Wanita itu merekam aksinya mengekspresikan kekecewaannya semangka yang tidak laku di pasaran.

Liputan6.com, Jakarta Perjuangan petani menghasilkan buah dan sayur memang tak mudah. Meski sudah berupaya menanam buah terbaik, namun angan-angan mereka terkadang kandas saat melihat hasil panen tak laku. Sama seperti kisah petani semangka yang kesal usai ratusan buah semangka hasil panenannya tak laku. 

Terjadi di tengah puncak kemarau yang terik, beredar video yang memperlihatkan petani semangka tengah menginjak-injak semangka hingga viral di media sosial. Diduga hal itu dilakukan lantaran ia kesal harga semangka yang semakin anjlok.

Dalam video viral yang diunggah oleh akun Tiktok @akhtarnakula, seorang petani tampil sebagai sorotan karena tindakan tidak biasa. Petani ini terlihat tengah menginjak-injak buah semangka yang sudah dibelah.

Meski sekedar meluapkan amarah, namun aksi petani wanita injak-injak semangka hasil panen ini justru jadi sorotan netizen. Berikut selengkapnya Liptuan6.com merangkumnya dari Tik Tok @akhtarnakula, Jumat (6/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semangka Hasil Panen Dibelah, Berakhir Diinjak-Injak

Lewat keterangan lokasi pemilik akun tersebut, diketahui petani semangka tak laku ini berasal dari Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur. Video berdurasi 18 detik itu kini tengah banjir komentar dari netizen. 

Kaki seorang wanita dengan tegas menginjak bagian tengah semangka hingga membentuk lobang. Tidak hanya satu semangka, melainkan banyak semangka lainnya juga mengalami perlakuan serupa.

"Reneo gaes, iki lho semongko gak payu. Diidek-idek ae iki, gak payu (sini gais, di sini ada semangka yang tak laku, diinjak-injak aja, ngga laku)," keluh wanita dalam video tersebut. 

Wanita yang merekam aksinya itu terlihat sambil mengekspresikan kekecewaannya terhadap semangka yang tampaknya tidak laku di pasaran.

Dalam rekaman tersebut, kamera kemudian diarahkan ke arah depan, memperlihatkan tumpukan semangka yang diduga baru dipanen. Beberapa petani terlihat duduk di pinggir, sibuk membelah semangka.

3 dari 3 halaman

Netizen Menyayangkan Aksi Menginjak Semangka

@akhtarnakula

panen semongko

♬ suara asli - tole nakula - tole nakula

Tindakan menginjak semangka ini diduga dilakukan oleh petani tersebut karena harga buah semangka saat ini tengah merosot. Situasi ini menggambarkan kesulitan yang dihadapi petani dalam menjual hasil panen mereka. 

Kendati demikian, netizen justru mengecam aksi petani injak-injak semangka yang viral itu. Namun ada juga netizen yang berprasangka positif petani tersebut hanya berniat mengambil biji semangka. 

“lhoh....lhoo...ojo toh bu.. bu eman2 iku buah seger lan wenak e … shodaqoh no utowo pakakno sapi , eman ee,” komentar akun @mermaidkidul.

“ditawarkan warga sekitar malah lebih bermanfaat bu g diinjak injak kaya gitu,” imbuh @erniariustrianti1.

“iku emag semogko kwaci cuma di ambil bijine,” komentar akun @irhamnasiin.

“D jual d surabaya ajh bun pasti laku dsni mahal,” solusi dari akun @mamacantik.

“semongko wineh (benih) iku,” komentar @akuudin431.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.