Sukses

Michael Gambon Pemeran Albus Dumbledore di Harry Potter Meninggal Dunia, Ini 4 Faktanya

Pemeran Albus Dumbledore meninggal dunia di usia 82 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia perfilman Hollywood. Michael Gambon yang populer dengan perannya sebagai Albus Dubledore dalam seria Harry Potter dikabarkan meninggal dunia.

Michael Gambon pun diketahui meninggal dunia pada usia 82 tahun saat menjalani perawatan di rumah sakit. Dilansir Liputan6.com dari New Ypork Times, Jumat (29/9/2023), pihak keluarga dari Michael Gambon pun mengonfirmasi mengenai kabar meninggalnya sang aktor. Aktor kelahiran 19 Oktober 1940 ini diketahui meninggal dunia usai mengidap pneumonia.

Kepergian pemeran Albus Dumbledore ini pun mencuri perhatian dunia. Bahkan, tak sedikit pula sejumat artis serta sutradara film yang turut mengungkapkan duka atas meninggalnya Gambon. Banyak pula penggemar dari serial film Harry Potter yang turut mengucapkan duka cita serta kesedihannya melalui media sosial.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait meninggalnya Michael Gambon pemeran Albus Dumbledore yang menjadi perhatian netizen, Jumat (29/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Meninggal dunia saat menjalani perawatan

Aktor Michael Gambon meninggal dunia pada usia 82 tahun di sebuah rumah sakit. Dilansir Liputan6.com dari New York Times, Jumat (29/9/2023), keluarga dari Gambon pun mengonfirmasi meninggalnya sang aktor melalui sebuah pernyataan singkat yang dikeluarkan pada Kamis (28/9/2023).

Dalam pernyataannya melalui perusahaan public relations, Michael Gambon meninggal dunia di rumah sakit dan didampingi oleh istri serta sang anak.

“Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya, Anne, dan putranya Fergus di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia," tulis dalam pernyataan yang diunggah ke media sosial.

Meski begitu, dalam pernyataan yang dirilis, tidak diketahui di rumah sakit mana sang aktor meninggal dunia.

3 dari 5 halaman

2. Keluarga meminta privasi dalam pemakaman sang aktor

Usai adanya pernyataan mengenai meninggalnya Michael Gambon, pihak keluarga juga turut mengungkapkan permintaannya kepada media dan penggemar. Dikeluarkan oleh kantor humas Clair Dobbs, pihak keluarga meminta penggemar untuk menghormasi privasi keluarga di tengah kabar duka.

"Kami sangat terpukul mengumumkan hilangnya Sir Michael Gambon. Suami dan ayah tercinta, Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya Anne dan putranya Fergus di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia. Michael berusia 82 tahun. Kami meminta Anda menghormati privasi kami di saat yang sulit ini dan terima kasih atas pesan dukungan dan cinta Anda.” ujar pernyataan pihak keluarga.

4 dari 5 halaman

3. Ungkapan duka dari penulis serta pemain Harry Potter

Kabar meninggalnya Michael Gambon ini juga menyisakan duka mendalam bagi pemain serta penulis dari serial Harry Potter. JK Rowling menyebutkan jika Michael Gambon adalah aktor yang luar biasa. Bahkan ia mengungkapkan begitu senang bekerja bersama Gambon.

"Michael adalah pria yang luar biasa selain menjadi aktor yang luar biasa, dan saya sangat senang bekerja dengannya tidak hanya di Potter tetapi juga The Casual Vacancy. Belasungkawa terdalam saya sampaikan kepada keluarga Michael dan semua orang yang mencintainya."ujarnya.

Senada dengan sang penulis, aktor Daniel Radcliffe juga mengungkapkan jika Michael Gambon adalah salah satu aktor paling brilian yang pernah ia kenal. Ia juga kembali mengingat mengenai peran yang dimainkan bersama sang mendiang dalam film Harry Potter.

"Dengan hilangnya Michael Gambon, dunia menjadi kurang menyenangkan.Michael Gambon adalah salah satu aktor paling brilian dan mudah bekerja bersama saya, namun terlepas dari bakatnya yang luar biasa, hal yang paling saya ingat tentang dia adalah betapa menyenangkannya dia melakukan pekerjaannya. Dia konyol, tidak sopan, dan lucu. Dia menyukai pekerjaannya, tapi sepertinya tidak pernah ditentukan olehnya." ujar Daniel Radcliffe.

5 dari 5 halaman

4. Tak pernah ikut dalam kelas akting

Kehidupan masa remaja Gambon sendiri rupanya sudah tak jauh dari dunia akting. Memutuskan berhenti sekolah pada usia 15 tahun, dirinya pun langsung mendapatkan pengalaman dalam sebuah produksi amatir. Gambon sendiri tak pernah mendapatkan pelatihan formal seperti sekolah drama sebelumnya.

Ia bahkan pernah magang di bidang teknik di pabrik Vickers-Armstrongs. Bahkan, dirinya juga memulai pekerjaan di sebuah kelompok teater dengan membuat sebuah set hingga berhasil tampil di teater Unity serta teater Tower di London, Inggris.

Michael Gambon pun memulai karier profesionalnya di Dublin pada usia 22 tahun. Dirinya melakukan debut di West End sebagai pemain pengganti di The Bed-Sitting Room.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.