Sukses

9 Contoh Teks Prosedur Sederhana dan Mudah Diikuti, Bisa Dijadikan Referensi

Contoh teks prosedur sederhana meliputi resep memasak, petunjuk perakitan perangkat elektronik, panduan penggunaan perangkat lunak, instruksi perawatan kendaraan, dan banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta Teks prosedur sederhana adalah jenis teks, yang digunakan untuk memberikan instruksi langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan suatu tindakan atau aktivitas tertentu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian teks prosedur adalah tahap kegiatan, untuk menyelesaikan suatu aktivitas.

Tujuan utama dari teks prosedur sederhana adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah, untuk  dipahami kepada pembaca. Contoh teks prosedur sederhana bisa Anda temukan dengan mudah di mana saja, yang tentu dapat membantu Anda menyelesaikan tugas atau aktivitas dengan benar dan tanpa kesulitan.

Contoh teks prosedur sederhana biasanya berisi urutan langkah-langkah, yang harus diikuti oleh pembaca untuk mencapai hasil yang diinginkan. Setiap langkah dijelaskan secara rinci, dan dalam urutan yang benar.

Contoh teks prosedur sederhana juga bisa digunakan untuk menjelaskan cara merakit suatu produk, cara mengoperasikan perangkat, atau cara memasak suatu hidangan. Umumnya, dengan penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, adalah kunci dalam teks prosedur sederhana. 

Berikut ini contoh teks prosedur sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/9/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cara Mengisi Ulang Baterai Ponsel

Ponsel adalah perangkat yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Agar ponsel selalu siap digunakan, penting untuk tahu cara mengisi ulang baterainya dengan benar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan charger ke port ponsel, lalu colokkan charger ke stopkontak.
  2. Selanjutnya, biarkan ponsel terisi selama sekitar 2 jam, hingga baterai mencapai 90% hingga 100%.
  3. Setelah selesai, lepaskan charger dari ponsel dan simpan dengan aman.

2. Cara Membuat Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi adalah lilin yang diperkaya dengan minyak esensial yang merilekskan dan menenangkan. Ingin membuatnya sendiri? Ikuti langkah-langkah berikut:

Bahan:

  1. Lilin berukuran besar (putih atau berwarna)
  2. Minyak esensial aroma terapi (pilih aroma sesuai selera)
  3. Benang kasur
  4. Gelas kaca kecil hingga sedang atau cetakan
  5. Wajan

Langkah-langkah:

  1. Panaskan lilin di atas wajan dengan api kecil, hilangkan sumbu lilin jika ada.
  2. Tambahkan dengan hati-hati minyak esensial aroma terapi, lalu tuangkan lilin cair ke dalam gelas atau cetakan, dan letakkan benang kasur sebagai sumbu.
  3. Biarkan hingga lilin mengeras, lalu keluarkan lilin dari cetakan.
  4. Hiasi pinggiran lilin dengan kayu manis, panaskan pinggiran lilin terlebih dahulu, lalu susun melingkar.
  5. Biarkan hingga lilin mengeras sepenuhnya, dan siap digunakan.

3. Cara Menyalakan Komputer

Komputer adalah alat yang sangat umum digunakan, dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, bermain game, atau menjelajah internet. Dalam teks prosedur ini, Anda akan diajarkan cara menyalakan komputer dengan benar.

  1. Pastikan semua perangkat keras (CPU atau laptop, monitor, keyboard, dan mouse) sudah tersedia dan terhubung dengan baik. Periksa apakah semua kabel daya terpasang dengan benar.
  2. Colokkan kabel daya komputer ke stopkontak listrik yang sesuai. Pastikan stopkontaknya dalam keadaan aktif.
  3. Tekan tombol daya pada monitor untuk menghidupkannya. Lampu indikator pada monitor akan menyala jika monitor sudah aktif.
  4. Jika Anda menggunakan CPU (unit pemrosesan pusat) terpisah, tekan tombol daya pada CPU untuk menghidupkannya. Tombol daya biasanya terletak di bagian depan atau atas CPU.
  5. Setelah menyalakan komputer, tunggu beberapa saat hingga sistem operasi komputer mulai booting. Ini adalah proses awal saat komputer memuat sistem operasi (seperti Windows, MacOS, atau Linux).
  6. Jika komputer Anda memiliki pengamanan dengan kata sandi, masukkan kata sandi yang benar saat diminta. Ini adalah langkah yang umumnya digunakan, untuk melindungi akses ke komputer Anda.
  7. Setelah proses booting selesai, Anda akan melihat tampilan desktop komputer Anda. Ini adalah antarmuka utama yang memungkinkan Anda, untuk menjalankan aplikasi dan tugas lainnya.Komputer
  8. Sekarang, komputer Anda sudah siap digunakan. Anda dapat membuka program, menjelajah internet, atau melakukan tugas lain sesuai kebutuhan Anda.Matikan Komputer (saat selesai digunakan)

 

3 dari 4 halaman

4. Contoh Teks Prosedur Membuat Pisang Goreng

Pisang goreng adalah camilan yang lezat dan mudah dibuat. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pisang goreng yang enak di rumah.

Bahan yang Diperlukan:

  1. Pisang matang (pisang raja atau pisang kepok)
  2. Minyak goreng (biasanya minyak kelapa atau minyak sayur)
  3. Tepung terigu
  4. Gula pasir (opsional)
  5. Air
  6. Garam
  7. Cinnamon (opsional, untuk rasa ekstra)

Langkah-langkah:

  1. Pilih pisang yang sudah matang tetapi tidak terlalu lembek. Pisang yang agak keras tetapi sudah matang adalah yang terbaik untuk pisang goreng.
  2. Kupas kulit pisang dan potong menjadi dua atau tiga bagian, tergantung pada ukuran yang Anda inginkan.Panaskan Minyak
  3. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan dengan api sedang, hingga mencapai suhu sekitar 170-180 derajat Celsius.
  4. Dalam mangkuk terpisah, campurkan tepung terigu dengan sedikit garam. Jika Anda suka, tambahkan beberapa sendok gula pasir dan sedikit bubuk kayu manis untuk rasa manis dan aroma ekstra.
  5. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk hingga membentuk adonan yang agak kental, mirip dengan konsistensi adonan pancake.
  6. Celupkan potongan pisang ke dalam adonan tepung hingga semua permukaannya terlapisi dengan baik.
  7. Letakkan potongan pisang yang sudah dicelupkan ke dalam minyak panas satu per satu dengan hati-hati. Jangan terlalu banyak memasukkan pisang sekaligus, agar tidak membuat minyak terlalu dingin.
  8. Goreng pisang selama 2-3 menit atau hingga mereka berwarna kuning kecoklatan dan renyah. Anda dapat membalik pisang sekali, di antara proses memasak untuk memastikan kematangan merata.

5. Cara Membuat Es Kopi Susu

Es kopi susu adalah minuman yang menyegarkan dan membangkitkan semangat. Berikut langkah-langkah sederhana untuk membuatnya:

Bahan:

  1. 2 sendok teh kopi bubuk
  2. 1 sendok teh susu atau creamer
  3. Gula sesuai selera
  4. Air panas

Alat:

  1. Cangkir
  2. Sendok teh

Cara membuat:

  1. Masukkan gula dan kopi ke dalam cangkir
  2. Tuangkan air panas, lalu aduk hingga kopi larut
  3. Tambahkan susu atau creamer, dan aduk hingga rata
  4. Biarkan beberapa saat hingga kopi tidak terlalu panas
  5. Tambahkan es batu secukupnya
  6. Es kopi susu siap dinikmati

6. Cara Mengoperasikan Mesin Cuci

Mesin cuci adalah alat yang sangat berguna, untuk membersihkan pakaian dan kain lainnya dengan cepat dan efisien. Dalam teks prosedur ini, Anda akan diajarkan cara mengoperasikan mesin cuci dengan benar.

 

  1. Langkah pertama, pastikan mesin cuci dalam keadaan bersih dan siap digunakan.
  2. Buka pintu mesin cuci dan periksa apakah ada cucian sebelumnya yang tertinggal di dalam, dan  bersihkan jika diperlukan.
  3. Pisahkan pakaian dan kain berdasarkan warna, jenis bahan, dan tingkat kotoran. Pastikan Anda tidak mencampur warna-warni terang dengan pakaian gelap yang baru.
  4. Gunakan deterjen cair atau bubuk, sesuai dengan rekomendasi pada kemasan deterjen. Pastikan Anda menggunakan deterjen yang cocok, untuk jenis mesin cuci Anda.
  5. Jangan terlalu memadatkan mesin, biarkan cukup ruang untuk pakaian bergerak selama siklus mencuci.
  6. Masukkan jumlah deterjen yang sesuai ke dalam laci atau tempat yang disediakan untuk deterjen.
  7. Putar knob atau pilih program yang sesuai dengan jenis cucian Anda. Ada berbagai program seperti mencuci, mengeringkan, dan mencuci cepat.
  8. Tekan tombol start atau mulai untuk memulai siklus mencuci. Mesin cuci akan mulai memasukkan air dan mencuci cucian.
  9. Biarkan mesin cuci menyelesaikan siklus mencuci. Durasi waktu mencuci akan bervariasi tergantung pada program yang Anda pilih.
4 dari 4 halaman

7. Teks Prosedur Mengoperasikan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner adalah alat yang digunakan untuk membersihkan debu, kotoran, dan partikel lain dari lantai dan permukaan lainnya. Dalam teks prosedur ini, Anda akan diajarkan cara mengoperasikan vacuum cleaner dengan benar.

 

  1. Pastikan vacuum cleaner dalam kondisi baik dan bersih, kemudian periksa kabel listrik vacuum cleaner untuk memastikan tidak ada kerusakan.
  2. Jika vacuum cleaner Anda menggunakan kantong penyedot debu, pastikan kantongnya cukup bersih atau ganti dengan yang baru jika perlu.
  3. Langkah selanjutnya, colokkan steker vacuum cleaner ke stopkontak listrik yang sesuai. Pastikan kabel listrik cukup panjang untuk mencapai area yang akan dibersihkan.
  4. Jika vacuum cleaner Anda memiliki pengaturan ketinggian nozel, sesuaikan tinggi nozel sesuai dengan jenis permukaan yang akan Anda bersihkan.
  5. Untuk lantai keras, tinggikan nozel, namun untuk karpet, turunkan nozel lebih dekat ke permukaan.
  6. Tekan tombol daya atau saklar vacuum cleaner untuk menghidupkannya, maka nozel penyedot debu akan mulai berputar dan menghisap debu dan kotoran.
  7. Pindahkan vacuum cleaner dengan gerakan maju-mundur secara perlahan dan teratur.
  8. Pastikan untuk menutupi seluruh area yang akan Anda bersihkan.
  9. Jika vacuum cleaner Anda menggunakan kantong penyedot debu, periksa kantong secara berkala. Ganti kantong jika sudah penuh.

8. Cara Menggunakan Blender

Blender adalah alat yang berguna untuk mencampur dan menghaluskan berbagai bahan makanan, seperti buah, sayuran, es, dan lainnya. Dalam teks prosedur ini, Anda akan diajarkan cara menggunakan blender dengan benar dan aman.

 

  1. Pertama, pastikan semua bahan makanan yang akan dihaluskan sudah siap. Potong bahan-bahan besar menjadi potongan yang lebih kecil, jika diperlukan untuk memudahkan proses blending.
  2. Letakkan wadah di bagian bawah blender, di mana berfungsi sebagai tempat hasil blender yang akan dituangkan.
  3. Buka tutup blender dan masukkan bahan makanan ke dalam wadah blender. Pastikan Anda tidak mengisi melebihi kapasitas maksimum yang ditunjukkan pada wadah.
  4. Pastikan tutup blender terpasang dengan benar dan kencang. Ini akan mencegah tumpahan saat blender dihidupkan.
  5. Sebagian besar blender memiliki pengaturan kecepatan yang berbeda. Pilih pengaturan kecepatan yang sesuai dengan jenis makanan yang akan dihaluskan.
  6. Colokkan steker blender ke stopkontak yang sesuai.Tekan tombol daya untuk menghidupkan blender.
  7. Ketika blender sudah hidup, tekan dan tahan tombol blending selama beberapa detik. Blender akan mulai menggiling bahan makanan.

9. Cara Mengoperasikan Setrika

Setrika adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan kerutan pada pakaian, dan membuatnya terlihat rapi. Dalam teks prosedur ini, Anda akan diajarkan cara mengoperasikan setrika dengan aman dan efektif.

 

  1. Pastikan setrika Anda berada pada permukaan yang datar, stabil, dan tahan panas.
  2. Colokkan steker setrika ke stopkontak listrik yang sesuai, dan pastikan setrika dalam keadaan mati sebelumnya.
  3. Putar tombol pengatur suhu sesuai dengan jenis kain yang akan disetrika. Biasanya ada pengaturan untuk kain katun, sutra, dan sintetis.
  4. Tunggu beberapa menit hingga setrika mencapai suhu yang diinginkan. Biasanya, indikator lampu akan menyala ketika setrika sudah siap digunakan.
  5. Letakkan pakaian yang akan disetrika di atas papan setrika, jika Anda menggunakannya.
  6. Mulailah dengan bagian pakaian yang kurang mencolok, seperti bagian dalam atau lipatan.
  7. Letakkan setrika dengan lembut pada kain, hindari menekan terlalu keras karena ini dapat merusak kain.
  8. Matikan setrika dan lepaskan steker dari stopkontak ketika Anda selesai menggunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.