Sukses

Contoh Hukum Newton 1 Dalam Kehidupan Sehari-hari, Pahami Konsepnya

Contoh Hukum Newton 1 adalah dasar bagi pemahaman tentang perilaku benda dalam berbagai situasi, baik ketika bergerak maupun dalam keadaan diam.

Liputan6.com, Jakarta Contoh Hukum Newton 1 juga dikenal sebagai Hukum Kelembaman, adalah salah satu dari tiga hukum dasar dinamika yang dirumuskan oleh ilmuwan fisika terkenal, Sir Isaac Newton. Hukum ini menjelaskan konsep kelembaman atau sifat benda untuk mempertahankan keadaannya yang semula, baik dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan. 

Contoh Hukum Newton 1 adalah dasar bagi pemahaman tentang perilaku benda dalam berbagai situasi, baik ketika bergerak maupun dalam keadaan diam. Hukum ini menjadi dasar bagi pengembangan dua hukum lainnya, yaitu Hukum Newton 2 (hukum gerak) dan Hukum Newton 3 (aksi-reaksi).

Dengan bantuan ketiga hukum ini, kita dapat menjelaskan dan memprediksi pergerakan benda serta berbagai fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contoh Hukum Newton yang umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsep Hukum Newton 1

Hukum Newton 1 berbunyi,

“Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam, dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.”

Dengan kata lain, jika benda awalnya diam, maka benda tersebut akan tetap diam. Jika benda awalnya bergerak lurus beraturan, maka benda tersebut akan terus bergerak lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap.

Hukum Newton 1 mengungkapkan hubungan antara gaya, percepatan, dan massa benda. Percepatan benda berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut. Artinya, semakin besar gaya yang diberikan pada benda, semakin besar pula percepatannya. 

Namun, percepatan berbanding terbalik dengan massa atau berat benda itu sendiri. Dengan begitu, semakin besar massa benda, semakin kecil percepatannya jika gaya yang bekerja pada benda tetap.

Hukum Newton 1 dapat dirumuskan sebagai ∑F = 0, di mana,

∑F adalah resultan gaya yang bekerja pada benda (dinyatakan dalam Newton atau kg.m/s²).

Rumus ini menyatakan bahwa jika total gaya yang bekerja pada suatu benda adalah nol (∑F = 0), maka benda tersebut akan tetap dalam keadaan semula, sesuai dengan prinsip kelembaman. Dalam konteks rumus ini, "resultan" berarti jumlah keseluruhan gaya yang bekerja pada benda.

3 dari 4 halaman

Penerapan Hukum Newton 1 dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Mobil Direm Mendadak

Ketika berkendara dengan mobil yang bergerak cepat dan mobil tersebut tiba-tiba direm, penumpang di kursi mobil akan otomatis terdorong ke depan. Hal ini terjadi karena penumpang cenderung mempertahankan keadaan bergerak lurus beraturan (kecepatan konstan) yang dimiliki oleh mobil sebelum direm. Saat mobil direm, kecepatannya berkurang secara mendadak, tetapi penumpang tetap memiliki kecepatan awalnya, sehingga mereka terdorong ke depan.

2. Benda di Atas Taplak Meja

Ketika gelas diletakkan di atas meja, gelas tetap diam karena tidak ada gaya luar yang mempengaruhi geraknya. Hukum Newton 1 berlaku di sini karena gelas cenderung mempertahankan keadaan diamnya kecuali ada gaya eksternal yang bekerja padanya.

Begitupun jika ketika taplak meja yang melapisi meja ditarik dengan cepat tanpa membuat benda di atasnya bergerak, seperti gelas, vas bunga, atau piring, benda-benda tersebut akan tetap dalam keadaan diam. Ini karena benda-benda tersebut memiliki kelembaman dan cenderung mempertahankan keadaan diamnya meskipun taplak meja ditarik.

3. Pensil di Luar Angkasa

Astronot yang mencoba mendorong pensil di luar angkasa mengamati bahwa pensil tersebut bergerak lurus dengan kecepatan tetap dan baru berhenti setelah menabrak dinding pesawat luar angkasa. Ini terjadi karena di luar angkasa tidak ada gaya gesekan atau hambatan udara yang dapat menghentikan pergerakan pensil. Dengan demikian, pensil cenderung mempertahankan kecepatannya yang konstan sampai ada gaya lain yang bertindak padanya.

4. Dua Badak Bermassa Sama

Ketika dua badak bermassa sama saling dorong, keduanya akan tetap dalam keadaan diam karena gaya dorongan yang mereka berikan satu sama lain memiliki magnitudo yang sama dan arah yang berlawanan. Gaya-gaya ini saling membatalkan, sehingga badak-badak tersebut tetap dalam keadaan diam.

4 dari 4 halaman

Penerapan Hukum Newton 1 dalam Permainan dan Pembangunan Infrastruktur

5. Bola Menggelinding di Atas Es

Bola yang menggelinding di atas permukaan es licin akan terus menggelinding dengan kecepatan tetap karena tidak ada gaya luar yang mempengaruhi pergerakannya. Ini karena hampir tidak ada gesekan antara bola dan permukaan licin es.

6. Pemain ice skating

Pemain ice skating dapat meluncur tanpa mengeluarkan tenaga karena lapangan ice skating sangat licin. Gaya gesekan antara sepatu ice skating dan permukaan sangat kecil, sehingga pemain dapat mempertahankan kecepatannya yang konstan sesuai dengan Hukum Newton 1.

7. Ayunan

Ayunan yang bergerak bolak-balik mengikuti prinsip Hukum Newton 1. Ayunan akan terus bergerak bolak-balik dengan kecepatan konstan sampai ada gaya luar yang mempengaruhi gerakannya.

8. Membangun Infrastruktur

Saat membangun infrastruktur seperti jembatan, terowongan, dan gedung bertingkat, Hukum Newton 1 diterapkan untuk memastikan bahwa struktur-struktur tersebut tetap dalam keadaan diam atau stabil. Hal ini penting untuk menjaga keamanan dan stabilitas konstruksi tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.