Sukses

Stay Tune Artinya Apa? Ini Pengertian Dan Contoh Penggunaannya

Pengertian stay tune serta contoh penggunaannya.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mendengar ungkapan stay tuned dalam percakapan atau di media? Jika ya, Anda mungkin bertanya-tanya apa arti sebenarnya dari ungkapan ini. Stay tuned artinya adalah salah satu ungkapan dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dan memiliki beragam makna dalam berbagai konteks. 

Ungkapan ini memiliki daya tarik karena fleksibel dalam penggunaannya dan sering digunakan dalam berbagai situasi. Stay tuned artinya, dalam bahasa sehari-hari, adalah sebuah undangan untuk terus memantau atau menunggu informasi lebih lanjut mengenai suatu peristiwa atau topik tertentu. 

Memahami stay tune artinya apa tidak hanya penting dalam bahasa Inggris, tetapi juga terhubung dengan bahasa slang yang sedang tren. Stay tuned artinya adalah ajakan untuk tetap mengikuti atau menantikan informasi lebih lanjut, atau perkembangan terbaru dalam suatu konteks.

Untuk lebih memahami apa arti dari stay tune, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pengertian stay tune serta contoh penggunaannya, Senin (11/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stay tune artinya apa?

Istilah stay tuned adalah ungkapan dalam bahasa Inggris yang sering digunakan untuk mengajak seseorang untuk tetap mengikuti atau menunggu informasi lebih lanjut atau kelanjutan dari suatu peristiwa atau acara tertentu. Ungkapan ini biasanya digunakan dalam konteks media, seperti televisi, radio, atau internet, ketika penyiar atau pemberi informasi ingin menjaga minat penonton atau pendengar mereka terhadap sesuatu yang akan datang.

Makna dari "stay tuned" adalah:

  1. Tetaplah mendengarkan: Ungkapan ini mengajak orang untuk tetap memperhatikan atau mendengarkan agar mereka tidak melewatkan informasi atau peristiwa yang akan datang.
  2. Tunggu kabar selanjutnya: Ungkapan ini menyiratkan bahwa ada sesuatu yang menarik atau penting yang akan diungkapkan atau terjadi dalam waktu dekat, dan orang diharapkan untuk tetap menunggu informasi atau kelanjutan peristiwa tersebut.

Contoh penggunaan dalam kalimat:

"Stay tuned for the latest updates on the election results."

(Tetaplah menunggu pembaruan terbaru mengenai hasil pemilihan.)

"We have an exciting announcement to make. Stay tuned!"

(Kami memiliki pengumuman yang menarik untuk dibagikan. Tunggu kabar selanjutnya!)

Jadi, "stay tuned" merupakan ajakan untuk tetap mengikuti atau menunggu perkembangan atau informasi lebih lanjut mengenai suatu hal tertentu.

3 dari 4 halaman

Contoh penggunaan stay tune dalam kalimat dan artinya

Berikut beberapa contoh penggunaan stay tuned dalam kalimat beserta artinya:

1. "We're currently working on some exciting new features for our app. Stay tuned for updates!"

Artinya: "Kami saat ini sedang mengerjakan beberapa fitur baru yang menarik untuk aplikasi kami. Tetaplah mengikuti untuk mendapatkan pembaruan!"

Dalam contoh ini, stay tuned mengajak pengguna aplikasi untuk tetap memantau atau menunggu informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur baru yang sedang dikembangkan.

2. "The weather forecast predicts a major storm this weekend. Stay tuned to your local news for updates on safety measures."

Artinya: "Prakiraan cuaca memperkirakan badai besar akan terjadi akhir pekan ini. Tetaplah mengikuti berita lokal untuk mendapatkan pembaruan mengenai langkah-langkah keamanan."

Di sini, stay tuned mengacu pada memantau berita lokal untuk mendapatkan informasi terbaru tentang tindakan keamanan yang perlu diambil dalam menghadapi badai.

3. "Our podcast series is starting soon. Stay tuned for the first episode!"

Artinya: "Seri podcast kami akan segera dimulai. Tunggu episode pertama!"

Dalam contoh ini, stay tuned mengajak pendengar untuk menunggu dengan sabar episode pertama dari seri podcast yang akan segera diluncurkan.

Jadi, dalam setiap contoh di atas, stay tuned digunakan untuk mengajak seseorang untuk tetap memperhatikan atau menunggu informasi lebih lanjut atau peristiwa yang akan datang terkait dengan topik yang dibicarakan.

4 dari 4 halaman

Bahasa slang lain dan artinya

Berikut beberapa bahasa slang dalam bahasa Inggris beserta artinya dan contoh penggunaannya:

1. Lit : Artinya sangat keren atau mengesankan.

Contoh Penggunaan: "That concert last night was lit!" (Konser tadi malam sangat keren!)

2. Savage : Digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sangat berani, tegas, atau tidak peduli dengan konvensi sosial.

Contoh Penggunaan: "She roasted him in front of everyone; she's such a savage." (Dia menjatuhkan dia di depan semua orang; dia sangat tegas.)

3. Bae : "Before Anyone Else," digunakan untuk merujuk kepada seseorang yang sangat Anda sayangi atau pacar.

Contoh Penggunaan: "I can't wait to see my bae this weekend." (Saya tak sabar untuk bertemu dengan pacar saya akhir pekan ini.)

4. FOMO : "Fear of Missing Out," merujuk kepada ketakutan seseorang untuk melewatkan sesuatu yang seru atau populer.

Contoh Penggunaan: "I have serious FOMO because I couldn't go to the concert." (Saya sangat takut melewatkan konser itu karena tidak bisa pergi.)

5. YOLO : "You Only Live Once," digunakan untuk menggambarkan tindakan impulsif atau berani karena hanya memiliki satu hidup.

Contoh Penggunaan: "I'm going skydiving today because YOLO!" (Saya akan terjun payung hari ini karena kita hanya hidup sekali!)

6. Sick : Digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang luar biasa atau keren.

Contoh Penggunaan: "The new car is sick!" (Mobil baru itu keren sekali!)

7. Chill : Artinya santai atau tenang.

Contoh Penggunaan: "Let's just chill at home tonight." (Ayo santai saja di rumah malam ini.)

8. Hangry : Kecil dari "Hungry" dan "Angry," menggambarkan perasaan marah atau gusar karena kelaparan.

Contoh Penggunaan: "I get so hangry if I skip meals." (Saya menjadi sangat marah jika melewatkan makanan.)

9. Swag : Mengacu pada gaya atau sikap yang percaya diri dan keren.

Contoh Penggunaan: "He's got so much swag; everyone wants to be like him." (Dia sangat percaya diri dan keren; semua orang ingin seperti dia.)

10. Throw shade : Artinya memberikan kritik atau komentar yang merendahkan secara tidak langsung.

Contoh Penggunaan: "She's always throwing shade at her coworkers." (Dia selalu memberikan kritik tersirat kepada rekan kerjanya.)

Harap diingat bahwa bahasa slang bisa sangat bervariasi berdasarkan lokasi dan budaya, dan beberapa istilah mungkin memiliki arti yang berbeda di berbagai tempat. Selalu penting untuk memahami konteks penggunaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.