Sukses

12 Cara Mengatasi Sembelit dengan Bahan Alami dalam Waktu Cepat

Pengobatan sederhana ini bisa berasal dari makanan dan minuman yang mungkin tersedia di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi sembelit dengan bahan alami penting diketahui. Sembelit merupakan kondisi yang umumnya disebabkan oleh kurangnya serat, asupan cairan, aktivitas fisik, hingga adanya faktor-faktor kesehatan lainnya.

Sembelit biasanya dimulai dengan gejala  buang air besar keras dan frekuensinya kurang dari 3 kali seminggu. Selain itu, gejala lainnya adalah perut begah dan tidak nyaman. Meski begitu, sembelit dapat diatasi dengan bahan alami.

Pengobatan sederhana ini bisa berasal dari makanan dan minuman yang mungkin tersedia di rumah. Beberapa contoh bahan alami tersebut meliputi buah, sayur, jahe, kopi, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi sembelit dengan bahan alami dalam waktu cepat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Minum Banyak Air

Dikutip dari laman Mayo Clinic, cara mengatasi sembelit dengan bahan alami yang pertama adalah dengan minum banyak air mineral. Pastikan Anda minum cukup air setiap hari sekitar 8 gelas, karena dehidrasi dapat menyebabkan sembelit. Air membantu melunakkan tinja dan memfasilitasi gerakan usus.

2. Jus Jeruk Nipis

Jus jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat merangsang gerakan usus. Coba campurkan air jeruk nipis segar dengan air hangat dan madu, kemudian minum pada perut kosong setiap pagi. Hal ini dipercaya mampu untuk mengatasi sembelit dengan cepat.

3. Yoghurt Probiotik

Konsumsi yoghurt yang mengandung probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan Anda dengan memperbaiki keseimbangan bakteri dalam usus. Anda bisa mengonsumsi yoghurt probiotik secara rutin setiap hari.

4. Air Lemon Hangat

Cara mengatasi sembelit dengan bahan alami yang berikutnya adalah dengan minum air lemon hangat. Air hangat dengan perasan lemon di pagi hari dapat merangsang gerakan usus. Lemon juga mengandung serat yang membantu melunakkan tinja.

3 dari 4 halaman

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kale, brokoli, dan kol, juga bisa menjadi pilihan obat pencahar alami. Sayuran hijau tinggi serat dan rendah lemak, bisa membuat tinja lebih mudah melewati usus. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan magnesium yang umumnya terkandung dalam obat pencahar yang dijual pada apotek.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat pelumas yang alami dan dapat membantu melumasi usus, sehingga dapat membuat gerakan tinja lebih lancar. Anda dapat mencoba minum satu sendok makan minyak zaitun extra virgin pada perut kosong di pagi hari. Hal ini dipercaya mampu untuk mengatasi sembelit dengan cepat.

7. Ubi Jalar

Cara mengatasi sembelit dengan bahan alami dalam waktu yang cepat lainnya adalah dengan mengonsumsi ubi jalar. Ubi jalar terkenal sebagai makanan yang memiliki serat tinggi. Namun, hindari konsumsi ubi jalar yang digoreng karena kandungan minyak atau lemak yang tinggi justru bisa memperburuk sembelit. Ketika sembelit, Anda lebih dianjurkan untuk mengolah ubi jalar dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang agar tidak ada tambahan lemak jahat.

8. Apel

Buah apel dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai obat pencahar secara alami. Dalam 1 buah apel, rata-rata terdapat 4 gram serat. Kandungan serat inilah yang memiliki efek pencahar alami dan dapat melunakkan tinja, sehingga buang air besar lebih lancar.

4 dari 4 halaman

9. Kopi

Cara mengatasi sembelit dengan bahan alami yang lainnya adalah dengan mengonsumsi kopi. Kandungan kafein dalam kopi dapat memperlancar saluran pencernaan dan mempermudah pengeluaran tinja. Ini karena kemampuan kafein dalam merangsang otot-otot di sistem pencernaan.

Dikutip dari laman Medical News Today, faktanya, sebuah penelitian pada tahun 1998 menemukan bahwa kopi berkafein dapat merangsang usus dengan cara yang sama seperti saat makan. Efek ini 60% lebih kuat dibandingkan minum air putih dan 23% lebih kuat dibandingkan meminum kopi tanpa kafein.

Kopi juga mengandung sejumlah kecil serat larut yang membantu mencegah sembelit dengan meningkatkan keseimbangan bakteri usus. Meskipun demikian, kualitas kafein yang merangsang usus mungkin lebih kuat pada penderita IBS. Ini juga bisa memperburuk gejala pencernaan.

10. Jahe

Cara mengatasi sembelit dengan bahan alami yang lainnya adalah jahe. Jahe dipercaya dapat meningkatkan pergerakan usus, sehingga mampu mengatasi sembelit. Selain itu, jahe juga dapat meredakan gejala lain yang kerap menyertai sembelit, yaitu mual dan kembung.

Jahe umumnya juga aman dikonsumsi untuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Untuk memperoleh manfaat jahe, rebus potongan jahe yang sudah digeprek terlebih dahulu. Setelah itu, tambah sedikit madu untuk memberikan cita rasa. Namun, jangan berikan madu ke anak di bawah usia 1 tahun untuk mencegah potensi botulisme.

11. Pisang

Cara mengatasi sembelit yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin. Pasalnya dalam 120 gram pisang matang mengandung 3 gram serat. Sebagian besar serat tersebut merupakan serat larut (pektin) yang baik untuk pencernaan. Selain memperlancar BAB, pisang juga menjadi pilihan makanan untuk penderita diare.

12. Buah Plum

Cara mengatasi sembelit yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah plum. Orang sering menyebut buah plum dan jus plum sebagai obat alami untuk sembelit. Buah ini kaya akan serat dan sorbitol. Sorbitol adalah gula alkohol yang memiliki efek pencahar alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah plum mungkin lebih efektif dibandingkan serat seperti psyllium. Dosis efektif mungkin sekitar 50 g, atau tujuh buah plum ukuran sedang, dua kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.