Sukses

Saat Permulaan Permainan Bulutangkis Adalah Servis, Begini Langkah-Langkahnya

Saat permulaan permainan bulutangkis adalah melakukan teknik servis.

Liputan6.com, Jakarta Saat permulaan permainan bulutangkis adalah melakukan teknik servis. Servis dilakukan saat permainan bulu tangkis dimulai dan menjadi pukulan pertama dalam permainan olahraga ini. Untuk itu anda perlu mempelajarinya.

Saat permulaan permainan bulutangkis adalah servis yang wajib dikuasai jika anda ingin bermain bulutangkis baik bagi pemula maupun atlet. Teknik servis ini menjadi teknik wajib yang harus dikuasai pemain sebelum menguasai teknik-teknik selanjutnya.

Saat permulaan permainan bulutangkis adalah servis jika dilakukan dengan baik dan benar, maka akan bisa mencetak poin bagi pemain. Untuk itu perhatikan langkah-langkah melakukan servis dalam permainan bulutangkis yang benar.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai saat permulaan permainan bulutangkis adalah servis dan cara melakukannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (12/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saat Permulaan Permainan Bulutangkis

Saat permulaan permainan bulutangkis adalah servis. Servis dilakukan sebagai penanda dimulainya pertandingan bulutangkis. Seiring berjalannya waktu, servis juga dapat digunakan untuk langsung melancarkan serangan ke arah musuh. Terkadang, serbis tipuan juga dilakukan agar lawan mati langkah atau tidak dapat mengembalikan kok dengan sempurna.

Saat permulaan permainan bulutangkis adalah servis juga disebut sebagai pukulan pertama yang mengawali permainan. Servis dilakukan dengan memukul shutle cock dan menerbangkannya ke arah lapangan lawan, Servis dalam bulutangkis sangat penting karena sebagai awal untuk memperoleh nilai.

3 dari 3 halaman

Jenis Teknik Servis dalam Bulutangkis

Dikutip dari buku Mahir Bulu Tangkis (2012) karya Hermawan Aksan, menjelaskan ada tiga jenis servis dalam bulu tangkis yakni servis pendek, tinggi, dan flick atau servis setengah tinggi. Namun, biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yakni servis forehand dan backhand. Setiap jenis ini bervariari pelaksanaannya, sesuai dengan situasi permainan di lapangan. Berikut penjelasannya:

1. Servis Forehand

a. Servis Forehand Pendek

Tujuan servis pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu, lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis. Dengan cara kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek.

Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok, siku dalam keadaan bengkok, untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan, maka perhatikan peralihan titik berat badan Anda. Untuk mencapai hasil yang benar, maka cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang.

b. Servis Forehand Tinggi

Jenis servis ini terutama digunakan dalam permainan tunggal. Cara melakukan servis forehand tinggi yakni kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan. Saat memukul kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai.

Perhatikan gerakan ayunan raket. Kemudian ayunkan ke belakang, ke depan dan setelah melakukan pukulan, harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan yang harus berlangsung kontinu dan harmonis.

Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok. Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah, kita dapat menguasai teknik dasar dari forehand tinggi dengan sebaik-baiknya.

2. Servis Backhand

Pada umumnya, jenis servis ini memiliki arah dan jatuh kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. Kok juga sedapat mungkin melayang retatif dekat di atas jaring (net). Oleh karena itu, jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain bulutangkis ganda. Berikut ini cara melakukan servis backhand, yakni:

  1. Sikap berdiri pada servis backhand adalah kaki kanan di depan kaki kiri, dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Kemudian, kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara kedua kaki. Jangan lupa, sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi.
  2. Selanjutnya, ayunan raket relatif pendek sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan, dengan irama gerak kontinu dan harmonis. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan karena akan memengaruhi arah dan akurasi pukulan.
  3. Sebelum melakukan servis, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai dengan perkiraan.
  4. Biasakan berlatih dengan jumlah kok yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan, sampai dapat menguasai gerakan dan keterampilan servis ini dengan utuh dan baik atau sempurna.

3. Flick Service (Servis Tipuan)

Servis ini bisa dilakukan dengan pegangan forehand atau backhand. Gunanya adalah untuk mengelabui lawan, supaya lawan tetap bersiap menghadapi servis pelan anda. Cara melakukannya adalah dengan:

  1. Berdirilah dengan nyaman dalam posisi seimbang.
  2. Tunjukkan kesan seolah kita akan menekan kok pada servis pelan (low service), tetapi gunakan aksi ketukan untuk bagian akhir pukulan.

Servis flick digunakan untuk mempermainkan konsentrasi lawan. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk melakukannya secara berulang karena musuh akan terbiasa dan dapat membaca pergerakan Anda. Jenis servis ini termasuk sulit untuk dipraktikan karena sang pemain membutuhkan perhitungan yang tepat untuk melakukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.