Sukses

Pria Ini Temukan Mutiara Mahal di Hidangan Restoran, Dijadikan Cincin Tunangan

Mengingat, harga sebutir mutiara ini bernilai fantastis.

Liputan6.com, Jakarta Seperti emas dan perak, mutiara menjadi primadona penggemar perhiasan sebagai barang mewah. Tak heran jika keberadaan mutiara selalu dicari. Bahkan dibudidayakan, mengingat mutiara dihasilkan oleh kerang di laut. Kerang juga diolah menjadi makanan laut atau seafood yang digemari banyak orang. 

Umumnya, kerang mutiara (Pinctada maxima) dipisahkan terlebih dahulu dari mutiaranya sebelum dijadikan makanan. Namun seorang pria justru menemukan harta karun di hidangannya. Ia menemukan sebutir mutiara indah yang biasa dijadikan perhiasan. Mengingat harga sebutir mutiara ini bernilai fantastis.

Melansir dari UPI, Saking bahagianya, pria asal Rhode Island, AS bernama Ken Steinkamp bareng kekasihnya, Sandy Sikorski itu berencana membuat mutiara tersebut jadi sebuah cincin sebagai simbol pertunangan. 

"Kami mengunjungi Bridge pada bulan Desember dan menikmati beberapa quahog segar. di yang terakhir saya menemukan "mutiara" oval mercenaria,” Ungkap  Sandy Sikorski lewat laman Instagram Bridge Restaurant. 

Berikut Liputan6.com merangkum kisah penemuan mutiara mahal di hidangan seafood dari berbagai sumber, Senin (31/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Mutiara Mercenaria yang Langka

Siapa sangka, selain indah, jenis mutiara yang ditemukan Sandy Sikorski dan Ken Steinkamp merupakan mutiara yang sangat langka. Mereka mengatakan beratnya, dan ukurannya, mungkin dibuat selama 50 tahun.

Pada Desember 2021, Sandy Sikorski dan Ken Steinkamp menyatakan bahwa mereka tengah makan di The Bridge Restaurant dan Raw Bar, yang terletak di pusat kota Westerly. Saat itu, mereka ditemani oleh saudara laki-laki Sikorski dan istrinya. Saat makan, Sandy Sikorski telah memakan kerang quahog terakhir dan menemukan kejanggalan.

"Saat itulah saya mencicipi benda bulat besar ini di mulut saya. Saya berpikir, 'Apa-apaan ini?' Jadi, saya mengambilnya dan meludahkannya di atas meja, di tangan saya, dan ipar perempuan saya berkata, 'Apakah itu gigi?'" kata Sikorski kepada WJAR-TV.

Setelah melihat objek tersebut, adik ipar Sikorski yang merupakan seorang penggemar perhiasan langsung mengira bahwa itu adalah mutiara berukuran 9,8 millimeter. Untuk memastikan kecurigaannya, mereka meminta Marc Fishbone dari Black Orchid Jewellers untuk memeriksa benda tersebut, dan benar saja, kecurigaan mereka terbukti benar.

"Dia mengatakan itu disebut mutiara Mercenaria, yang merupakan jenis hewan kecil moluska, yang membuat apa yang tampak seperti mutiara kecil. Itu terbuat dari bahan yang sama, kalsit, dan mineral lain di dalamnya dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh," kata Sikorsky.

 

 

3 dari 3 halaman

Dijadikan Cincin Pertunangan Mewah nan Elegan

Sikorski dan Steinkamp telah sepakat bahwa apabila mereka memutuskan untuk menikah, mereka akan menggunakan mutiara tersebut sebagai cincin pertunangan. Rencana itu akhirnya terealisasi ketika Steinkamp melamar Sikorski pada tanggal 8 Juli, dengan menggunakan cincin yang diukir oleh Marc Fishbone, yang menggunakan mutiara sebagai batunya.

Setelah pertunangan mereka, pasangan tersebut merayakannya dengan mengunjungi kembali restoran tersebut, di mana mereka berbagi cerita bahagia dengan tuan rumah, Myra Dioisio.

"Senang melihat mereka lagi dan mendengar cerita itu," kata Dionisio. "Ini adalah dongeng, ajaib, Anda mendengar tentang 'Oh, saya berharap menemukan sesuatu di sana' tetapi Anda tidak pernah melakukannya. Itu selalu berupa batu atau pasir."

Restoran berbagi foto mutiara dan cincin di media sosial. Serta memberikan selamat atas pertunangan yang melibatkan cincin kejutan dari alam tersebut. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.