Sukses

9 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi yang Aman dan Efektif, Ibu Wajib Tahu

Ada sejumlah cara mengatasi perut kembung pada bayi yang dapat dilakukan oleh ibu, salah satunya menggerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi perut kembung pada bayi penting untuk diketahui oleh ibu. Bayi rewel dan sering menangis tanpa alasan bisa jadi hal tersebut disebabkan karena perut kembung pada bayi. Sebenarnya, perut kembung pada bayi usia 3 bulan merupakan hal yang wajar.

Perut kembung tersebut dapat terjadi karena saluran pencernaan belum berfungsi dengan sempurna. Dengan seiring bertambahnya usia, bayi juga akan mengalami perut kembung karena mulai mencoba MPASI.

Ada sejumlah cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan aman dan efektif yang dapat dilakukan oleh ibu, sebab beberapa bayi tidak dapat dengan mudah mengeluarkan gas dari dalam perutnya secara sendiri. Salah satu caranya yakni dengan menggerakkan kaki bayi secara perlahan seperti sedang mengayuh sepeda.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi perut kembung pada bayi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (15/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menepuk Punggung Bayi Dengan Lembut

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama adalah menepuk punggung bayi dengan lembut. Cara ini bisa dilakukan setelah bayi menyusu, usahakan untuk menggendongnya dengan posisi tubuh bayi menghadap ke anda, tempelkan perutnya pada dada anda, lalu tepuk-tepuk kecil punggungnya sehingga si kecil terpancing untuk bersendawa sendiri.

Setelah bersendawa maka biasanya perut kembung bayi sembuh. Jika ia tak bersendawa juga, baringkan bayi dengan posisi tengkurap selama beberapa menit, agar perutnya tertekan dan gas bisa keluar dari perutnya.

2.  Menggosok Perut Bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang berikutnya adalah dengan menggosok perut bayi. Cara ini sangat baik untuk menghangatkan perut bayi dan membantu perut bayi bisa kembali seperti semula. Bahkan membantu bayi sering buang angin sehingga tidak kembung.

Cara melakukannya cukup mudah, yakni gosok perut bayi dari arah punggung ke pusar. Kemudian berikan tekanan yang sangat lembut ketika akan mendekati pusar. Perhatikan cara Anda menekannya, jangan terlalu menekan keras karena bisa membuat perut bayi sakit. 

3. Beri Pijatan Lembut

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan memberi pijatan lembut. Pijat lembut pada beberapa anggota tubuh bayi seperti perut, punggung dan dada. Anda juga dapat menggunakan minyak yang menghangatkan tubuh bayi untuk dibalurkan di area perut, punggung, dan dada sembari memijatnya dengan lembut. Lakukan pemijatan satu jam setelah bayi menyusu. Hentikan pemijatan bila bayi menangis atau menunjukkan tanda-tanda tak nyaman.

3 dari 4 halaman

4. Beri Air Hangat

Cara mengatasi perut kembung yang berikutnya adalah memberinya air hangat. Cara ini bisa dilakukan untuk bayi yang baru lahir maupun bayi yang sudah berumur beberapa bulan. Jika bayi Anda masih bayi maka cukup mandikan bayi dengan air hangat.

Bila si kecil berusia di atas 6 bulan dan sudah mulai makan, Anda bisa meminumkan air hangat padanya. Namun, jika si kecil belum mulai makan, anda bisa mengompres perut dan punggungnya dengan kain lap hangat.

Caranya sangat mudah yakni rendam kain beberapa saat di air hangat (hangat-hangat kuku), peras, lalu tempelkan pada perut dan punggung si kecil. Selain mengompresnya, anda bisa memandikannya dengan air hangat.

5. Perbaiki Posisi Menyusui

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan memperbaiki posisi menyusui. Ketika Anda sedang menyusuinya atau memberikan susu lewat botol dot, cobalah untuk memosisikan kepalanya lebih tinggi dari perutnya. Dengan begini, susu akan lebih mudah masuk ke dalam perut dan udara menuju ke atas sehingga bayi dapat bersendawa dengan sendirinya. Untuk memudahkan anda, bisa juga dengan menggunakan bantal agar posisi bayi nyaman untuk menyusu.

6. Biarkan Bayi Tengkurap Beberapa Menit

Jika bayi Anda sudah bisa tengkurap maka Anda bisa meredakan perut kembung bayi dengan membiarkan bayi tengkurap lebih lama atau beberapa menit saja. Anda bisa mengamati apakah bayi merasa sakit, nyaman atau wajah yang aneh.

Dengan posisi bayi yang tidur tengkurap ini akan lebih mudah membantu gas perut perut keluar karena perut terkena tekanan saat tengkurap. Selain itu cobalah untuk mengajak bayi berkomunikasi agar bayi mau membuka mulutnya.

4 dari 4 halaman

7. Gerakkan Kaki Bayi Seperti Bersepeda

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang berikutnya adalah dengan menggerak-gerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan secara lembut sambil ajak bayi untuk tertawa atau berkomunikasi. Gerakan kaki ini akan menekan bagian perut yang mendorong gas perut bergerak ke atas hingga kerongkongan bayi. Langkah ini juga bisa membantu mengatasi rasa lelah berlebihan pada bayi.

8. Biarkan Bayi Bergerak Aktif

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang lainnya adalah dengan membiarkan bayi bergerak aktif. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggendong bayi karena bayi bisa menjadi kurang aktif. Anda bisa mengajak bayi untuk bermain atau belajar sesuai dengan fisiknya. Berbagai gerakan ini akan membantu ia bersendawa dengan sendirinya. Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini penting dilakukan setelah bayi minum ASI atau minum susu formula. Dengan begitu, gas yang terperangkap di perut bayi akan keluar dengan sendirinya.

9. Angkat Kepala Bayi

Cara mengatasi perut kembung para bayi yang berikutnya adalah dengan mengangkat kepala bayi. Ibu bisa mengangkat kepala bayi hingga hampir duduk. Dengan mengangkat kepala bayi ini dapat meredakan perut kembung serta menahannya dalam posisi tegak untuk bisa bersendawa secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.