Sukses

Foto Mekkah dan Fakta-Faktanya yang Menjadi Kiblat Umat Islam

Simak beberapa foto Mekkah dan fakta-faktanya yang menjadi kota tersuci dan patokan patokan arah salat bagi umat Islam atau kiblat.

Liputan6.com, Jakarta Foto Mekkah di Arab Saudi merupakan salah foto yang banyak dicari dan diunduh oleh umat Muslim. Biasanya foto Mekkah tersebut digunakan untuk wallpaper di handphone, PC, maupun laptop.

Dengan melihat foto Mekkah sebagai wallpaper dapat memotivasi seseorang untuk datang ke rumah Allah tersebut. Mengunjungi Makkah untuk ibadah Haji merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu (pemenuhan rukun Islam). Mekkah merupakan kota tersuci dalam agama Islam dan patokan arah salat bagi umat Islam atau kiblat.

Sebagai informasi, Mekkah di Arab Saudi memiliki sejumlah hal menarik dan menakjubkan yang bahkan memenangkan rekor dunia. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kota temapt kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai foto Mekkah dan fakta-faktanya yang telah dirangkum dari berbagia sumber, Jumat (14/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Foto Mekkah dan Faktanya Sebagai Kota Tersuci

Foto Mekkah ini menjadi bukti bahwa kota Mekkah di Arab Saudi merupakan  salah satu kota suci Islam. Hal ini karena Kota Mekkah memiliki Masjidil Haram serta Ka'bah sebagai simbol agama Islam dan menjadi patokan arah salat bagi umat Islam atau kiblat.

Makkah merupakan tempat lahir dari Muhammad. Gua Hira yang terletak di atas Jabal an-Nur berada di kota Makkah dan gua tersebut merupakan lokasi yang umat Islam percaya bahwa al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Muhammad. Mengunjungi Makkah untuk ibadah Haji merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu (pemenuhan rukun Islam). 

2. Foto Mekkah dan Faktanya Sebagai Masjid Terbesar di Dunia

Foto Mekkah ini menjadi bukti bahwa kota Mekkah di Arab Saudi memiliki Masjidil Haram yang merupakan rumah bagi Ka’bah. Masjidil Haram telah dipugar berkali-kali demi menampung lebih banyak haji atau peziarah. Luas dari Masjidil Haram saat ini adalah 258 ribu meter persegi dengan daya tampung mencapai lebih dari 2 juta orang.

Umat ​​Muslim juga percaya bahwa masjid tersebut dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya Ismail sebagai tempat ibadah dan dengan demikian tempat suci tersebut sudah ada sebelum Islam. Masjid agung dibangun mengelilingi Ka'bah yang berada di tengah.

3 dari 4 halaman

3. Foto Mekkah dan Faktanya Sebagai Rumah bagi Jam Terbesar di Dunia

Foto Mekkah ini menjadi bukti bahwa kota Mekkah di Arab Saudi disebut sebagai rumah bagi jam terbesar di dunia. Hal ini karena Mekkah memiliki Makkah Royal Clock Tower yang menawarkan ham terbesar di dunia. Menara Jam Makkah Royal adalah bagian dari kompleks Abraj Al-Bait di Mekkah. Menara ini merupakan bangunan tertinggi ketiga di dunia berukuran 1.972 kaki dan selesai dibangun pada tahun 2012. Jam di atasnya dengan puncak menara delapan lantai yang berisi pusat ilmiah, dek observasi, dan pusat doa menampilkan dek observasi di bawah permukaan jam berdiameter 141 kaki.

4. Foto Mekkah dan Faktanya Sebagai Kota Pertemuan Umat Muslim di Seluruh Dunia

Foto Mekkah ini menjadi bukti bahwa kota Mekkah di Arab Saudi disebut sebagai kota pertemuan umat Muslim di seluruh dunia. Sebab di kota ini memiliki Masjidil Haram yang menjadi tempat suci umat Muslim karena keberadaan Ka'bah di dalamnya, yang sekaligus menjadi kiblat umat muslim dunia saat beribadah.

Bahkan, dalam agama Islam mensyaratkan bahwa setidaknya sekali dalam hidup mereka, semua Muslim yang taat dan mampu harus mencoba haji yaitu ziarah ke Ka'bah, yang berada di Mekkah Arab Saudi. Haji atau ziarah yang dilakukan ke kota Mekkah menghasilkan pertemuan manusia terbesar di dunia setiap tahunnya.

Ibadah haji dilakukan oleh semua Muslim yang mampu dan berbadan sehat dari semua negara di dunia. Sejauh ini, pertemuan terbesar yang terjadi pada tahun 2012 tercatat 3.161.573 jemaah ke Mekkah. 

4 dari 4 halaman

5. Foto Mekkah dan Faktanya Sebagai Kota Tertua

Foto Mekkah ini menjadi menjadi bukti bahwa kota Mekkah di Arab Saudi disebut sebagai Ummul Quro. Dalam bahasa Arab, kata Ummu berarti ibu atau induk, sedang qura adalah jamak dari qaryah yang berarti kampung, desa, kota, atau negeri. Penegasan Kota Makkah sebagai kota tertua di dunia diperkuat dengan keterangan Alquran yang menyebut kota ini sebagai induknya seluruh kota, yakni pada surat An-An’am ayat 92 dab surah Asy Syuura ayat 7.

Selain itu, kota Mekkah disebut Ummul Qura karena kota ini banyak menyimpan sejarah sejak zaman Nabi Ibrahim a.s. Allah SWT menjadikan manusia dalam sebaik-baik bentuk, serta memiliki sejarah panjang yang bermakna bagi umat Muslim.

6. Foto Mekkah dan Faktanya Sebagai Tanah Haram

Foto Mekkah ini menjadi menjadi bukti bahwa kota Mekkah di Arab Saudi disebut sebagai tanah haram karena kota Mekkah merupakan sebuah zona khusus yang hanya boleh diakses orang-orang beragama Islam. Bahkan Allah SWT telah mendeklarasikan sebagai kota suci yang tertuang dalam surat An Naml ayat 91.

Hukum ketat diberlakukan terhadap orang-orang yang tidak mengikuti keyakinan Islam di Mekkah yang merupakan kota Islam. Praktik umum agama apa pun selain Islam dilarang di Mekkah. Ada larangan menyeluruh bagi semua non-Muslim memasuki kota suci Mekkah oleh pemerintah Arab Saudi.

8. Foto Mekkah dan Faktanya Sebagai Rumah bagi Ruang Salat Tertinggi di Dunia

Foto Mekkah ini menjadi menjadi bukti bahwa kota Mekkah di Arab Saudi disebut sebagai rumah salat tertinggi di dunia. Hal ini karena di bagian atas hotel Royal Clock Tower Mekkah terdapat mushola kecil, yang disebut “musala”. Mushola tersebut terletak 600 meter di atas permukaan laut dan berada di jam terbesar di dunia. Musalla terletak di struktur bulan sabit hotel Royal Clock Tower. Selain itu, mushola tersebut juga termasuk ruang salat yang terdekat dengan Ka’bah yang hanya berjarak kurang lebih 500 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.