Sukses

Viral Video Simulasi Terjadinya 'Ledakan Dahsyat' Kapal Selam Titanic OceanGate

Rincian isi video tentang simulasi mengerikan yang mungkin terjadi saat ledakan dahsyat di dalam kapal selam Titanic OceanGate.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video simulasi mengerikan telah menjadi viral, mengungkapkan potensi yang terjadi selama ledakan dahsyat di dalam kapal selam Titanic OceanGate. Simulasi ini memperlihatkan dengan drastis apa yang mungkin terjadi saat kapal selam tersebut mengalami ledakan yang mengerikan.

OceanGate, perusahaan penyelamatan dan penjelajahan lautan, telah menimbulkan ketegangan dan rasa takut dengan rilis video ini. Simulasi ini memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana ledakan dahsyat pada kapal selam dan penumpang di dalamnya.

Dalam video yang menjadi viral, simulasi menunjukkan secara dramatis bagaimana struktur kapal selam hancur dan meledak dalam hitungan detik. Kecepatan ledakan yang mengerikan ini terungkap dalam simulasi yang mungkin saja lebih lambat dari kenyataan sesungguhnya. Para ahli menyatakan bahwa ledakan semacam ini bisa terjadi hanya dalam sepersekian milidetik, memunculkan kepanikan dan kehancuran di dalam kapal selam.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari unilad.com pada Sabtu (24/6/2023), rincian isi video tentang simulasi mengerikan yang mungkin terjadi saat ledakan dahsyat di dalam kapal selam Titanic OceanGate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bencana Ledakan Kapal Selam Titanic di Samudera Atlantik

Pada Kamis (22/6/2023), Penjaga Pantai AS mengumumkan sebuah bencana ledakan yang terjadi pada kapal selam Titanic di Samudera Atlantik. Puing-puing kapal ditemukan di dekat bangkai kapal Titanic di lepas pantai Newfoundland, Kanada. Kapal Titan kehilangan kontak dengan kapal induknya pada 18 Juni, yang memicu misi pencarian dan penyelamatan darurat yang melibatkan pesawat, kapal, dan pelampung sonar.

Penjaga Pantai kemudian mengkonfirmasi bahwa kerucut ekor Titan ditemukan sekitar 1.600 kaki dari haluan bangkai kapal Titanic, dan puing-puing lainnya yang ditemukan 'konsisten dengan bencana hilangnya ruang tekanan'. Para ahli memberikan deskripsi mengenai ledakan tersebut, menyatakan bahwa ledakan dahsyat itu terjadi sangat cepat, bahkan mungkin dalam sepersekian milidetik.

3 dari 4 halaman

Simulasi Ledakan Dahsyat Kapal Selam Titanic

Seorang pengguna TikTok dengan nama akun @sincerelybootz membagikan video yang menunjukkan simulasi dramatis tentang ledakan kapal selam Titanic. Video tersebut menggambarkan bagaimana kapal itu runtuh dan meledak dalam hitungan detik. 

Simulasi tersebut mencerminkan deskripsi para ahli yang menyatakan bahwa ledakan tersebut terjadi sangat cepat, bahkan bisa terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Ahli selam juga menggambarkan kecepatan ledakan sebagai 'anugerah keselamatan', mengingat kapal runtuh sebelum para penumpang menyadari adanya masalah. 

Para ahli mengakui bahwa tidak mungkin akan ada penemuan mayat setelah peristiwa tragis ini, mengingat lingkungan yang sangat tak kenal ampun di dasar laut dalam.

@sincerelybootz

For educational purposes: Submarine implosion depiction #titanic #titanicexpedition #ocean #submarine #implosion

♬ original sound - Bootz
4 dari 4 halaman

Upaya Pencarian Puing yang Tersisa

Penjaga Pantai AS menyatakan bahwa mereka akan melanjutkan upaya pencarian untuk mencoba memulihkan apa saja hal yang dapat dikumpulkan dari kapal selam Titanic. Namun, mereka juga mencatat bahwa dasar laut dalam adalah lingkungan yang sangat tak kenal ampun. 

Laksamana Muda John Mauger, yang memimpin operasi pencarian, menyatakan bahwa pikirannya tertuju pada keluarga dari lima orang yang berada di kapal dan bahwa tujuannya adalah memberikan pemahaman sebaik mungkin kepada keluarga tersebut tentang apa yang terjadi dan memberikan beberapa penutupan. 

Tim pencari akan terus menyelidiki lokasi puing-puing untuk mencoba menjawab pertanyaan tentang bagaimana, mengapa, dan kapan ledakan terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.