Sukses

Kunjungi Rumah Mertua, Pasangan Ini Temukan Lebih dari 1 Juta Koin Tembaga

Berawal dari satu koin, pasangan ini temukan lebih dari 1 juta sen tembaga dari rumah keluarga tua.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya terjadi di film ketika seseorang menemukan harta karun, di dunia nyata juga bisa terjadi hal demikian. Seperti yang terjadi pada pria yang bernama John Reyes (41) dan istrinya Elizabeth dari Los Angeles. Pasangan ini mengunjungi rumah ayahnya yang sudah lama tak berpenghuni dan berniat membersihkannya.

Namun siapa yang menyangka, kunjungan mereka ke rumah sang mertua berakhir bahagia, lantaran menemukan uang receh sejumlah ratusan juta. Awalnya mereka hanya menemukan beberapa uang logam yang dimasukkan ke dalam beberapa gulungan kertas. Namun setelah menggali terus-menerus, dirinya dan sang istri menemukan puluhan kresek berisi uang koin tembaga.

Tapi ini bukan sembarang uang biasa, karena mereka bahkan belum tersentuh selama beberapa dekade, apalagi dikatalogkan. Mengingat bahwa temuan ini adalah sen yang lebih tua, maka koleksi tersebut bernilai $ 25.000 atau setara Rp 375 juta. Sekitar 2,5x nilai nominalnya.

Berikut ini penemuan harta karun yang Liputan6.com rangkum dari Unilad, Jumat (23/6/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temuan Harta Karun

John Reyes (41) dan keluarganya telah menemukan penemuan yang menarik, dan sama sekali tidak terduga di rumah ayah mertuanya. Bagaimana tidak, tempat yang sudah lama tidak ditinggali tersebut ada kumpulan uang satu juta keping tembaga, yang disimpan di rumah itu. Bahkan setelah dihitung totalnya, mencapai kurang lebih $ 10.000.

Pria ini kemudian menginformasikan temuannya kepada NBC LA:

“Ini benar-benar tidak tersentuh selama beberapa dekade, dan saya pikir itu adalah bagian yang sangat unik tentangnya.

“Kami mulai melalui proses yang sulit, untuk melihat uang dan itu dengan cepat berubah menjadi, 'Kami tidak tahu apa yang kami lakukan.' Dan kemudian kami memutuskan untuk membuka beberapa gelas bir dan meminumnya sebagai gantinya."

 

3 dari 3 halaman

Nilai Nominal

Keluarga percaya bahwa ayah mertua Reyes mungkin mengumpulkan koleksi, untuk menjual logam tersebut karena kandungan tembaga koin yang tinggi. Satu-satunya masalah dengan koleksi ini adalah menemukan tempat untuk menyimpannya.

Koin sendiri miliki harga yang luar biasa di pelelangan. Pada tahun 2010, satu sen dari tahun 1943 dijual dan di lelang seharga $1,7 juta, atau 170 juta kali lipat dari nilai nominalnya.  Adapun koin termahal yang dijual di lelang menurut Guinness Book of World Records, adalah Double Eagle tahun 1933. Pada tahun 2021, koin dengan nilai nominal $20 dijual seharga $18.872.250 di Sotheby's di New York.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.