Sukses

Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula, Cepat dan Mudah

Cara membuat tabel di Excel bisa dilakukan dengan berbagai langkah yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat tabel di Excel mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Microsoft Excel memang sudah terkenal sebagai software atau aplikasi pengolah angka yang paling sering digunakan. Perangkat lunak ini merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office yang berjenis spreadsheet. 

Software Excel digunakan oleh hampir semua bidang pekerjaan dari akuntansi dan keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang yang lain. Microsoft Excel memiliki banyak sekali fitur yang dapat mempermudah pekerjaan dalam pengelolaan data, statistik dan berbagai fitur lainnya. Fitur-fitur tersebut di antaranya diagram, grafik, kalkulasi, hingga tabel.

Cara membuat tabel di Excel bisa dilakukan dengan berbagai langkah yang mudah. Membuat tabel di Excel bisa kamu pilih sesuai dengan fitur yang disediakan. Hal ini tentunya dapat lebih memudahkan pekerjaan kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/6/2023) tentang cara membuat tabel di Excel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tabel di Excel dengan Format as Table

Cara membuat tabel di Excel yang pertama yaitu menggunakan opsi Format as Table. Cara membuat tabel di Excel ini dapat membuat dan memformat tabel, untuk mengelompokkan dan menganalisis data secara visual. Jadi, cara membuat tabel di Excel satu ini akan membuat tabel yang kamu buat tampilannya lebih menarik. Melansir laman Microsoft, berikut cara membuat tabel di Excel:

  1. Pilih dan blok semua sel yang akan dibuat menjadi tabel dari data kamu.
  2. Pilih Beranda (Home)> Format sebagai Tabel (Format as Table).
  3. Pilih model yang diinginkan untuk tabel kamu.
  4. Dalam kotak dialog format sebagai tabel (Format as Table), atur rentang sel sesuai keinginan.
  5. Tandai atau centang jika tabel kamu memiliki header pada “My table has headers”
  6. Lalu, pilih OK.
3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tabel di Excel dengan Insert Table

Cara membuat tabel di Excel selanjutnya yaitu menggunakan Insert Table. Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, cara membuat tabel di Excel dengan Insert Table juga cukup mudah. Berikut cara membuat tabel di Excel menggunakan Insert table:

  1. Pilih dan blok semua sel yang akan dibuat menjadi tabel dari data kamu.
  2. Setelah itu, pilih menu “Insert”, kemudian klik “Table” pada grup Tables. Kamu juga bisa memunculkan fitur satu ini dengan menggunakan shortcut, yaitu dengan menekan tombol CTRL+L atau CTRL+T secara bersamaan.
  3. Kemudian, akan muncul kotak pilihan, lalu pilih create table.
  4. Pastikan kembali range data yang kamu pilih untuk dijadikan tabel sudah sesuai.
  5. Selanjutnya, klik “My tabel has headers”.
  6. Terakhir, klik tombol “OK” dan tunggu beberapa saat.

Setelah menunggu beberapa saat, kamu akan melihat sebuah tabel muncul pada lembar kerja di Microsoft Excel sesuai dengan aturan yang kamu inginkan.

4 dari 5 halaman

Mengenal Pivot Table

Selain tabel biasa, kamu juga perlu mengenali pivot table pada Excel. Pivot table adalah salah satu fitur yang ada pada Micorosoft Excel. Pivot Table yaitu sebuah  tabel interaktif yang bisa menampilkan ringkasan dari data dengan jumlah besar. Dengan kata lain, fitur ini bisa melakukan kalkulasi pada setiap item yang ditampilkan.

Selain itu, Pivot Table juga memudahkan kamu dalam membaca data yang terdiri dari ratusan hingga ribuan dalam waktu singkat. Fitur ini menawarkan berbagai kemudahan dan manfaat seperti, bisa melakukan kalkulasi berbentuk data, mengubah data dari Pivot Table menjadi Pivot Chart, memindahkan field ke lokasi yang berbeda, dan lain-lain.

Fungsi pivot table adalah agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data. Dengan menggunakan pivot table diharapkan dapat mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu kesimpulan atau keputusan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Pivot Table

Sebelum menerapkan cara membuat pivot table, setidaknya ada beberapa syarat yang harus kamu perhatikan. Misalnya, terdapat judul kolom atau header untuk satu jenis data, tidak terdapat cell yang dimerge dalam satu tabel, dan tidak terdapat kolom baris kosong. Selain itu, pastikan kembali apakah struktur tabel dari sumber data dari pivot table sudah benar. Setelah itu, baru kamu bisa menerapkan cara membuat pivot table ini.

Sebelum itu, kamu tentunya juga perlu mengenal istilah-istilah pada pembuatan pivot table ini. Ada beberapa istilah seperti Field, yaitu nama-nama kolom pada data yang kita miliki. Kemudian ada Rows yang berguna untuk menampilkan data secara vertical.

Selain itu, ada juga Columns untuk menampilkan data secara horizontal, Value atau nilai dari data, dan Filter yang digunakan untuk melakukan filtering terhadap data sesui kebutuhan. Adapun cara membuat Pivot Table dengan mudah adalah sebagai berikut:

  1. Cara membuat pivot table yang pertama adalah, memilih range data yang akan dibuat di Pivot Table.
  2. Setelah itu, buka menu Insert, lalu pilih Pivot Table. Pada menu file ini, terdapat dua pilihan, yaitu Pivot Table dan Pivot Chart. Pilih Pivot Table, kemudian akan muncul window box Pivot Table.
  3. Lalu pilih tempat yang digunakan untuk menempatkan laporan Pivot Table. Pilih kertas kerja yang baru dan klik new worksheet, lalu klik OK untuk melanjutkan.
  4. Untuk menganalisis mencari jumlah, kamu bisa melakukan centang pada Pivot Table Fields.
  5. Sehingga, untuk mencari jumlah pesanan tiap produk bisa dengan mencentang (produk)#1 kemudian (jumlah)#2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.