Sukses

13 Doa Mohon Kesehatan agar Tetap Bugar, Termasuk Minta Mental yang Sehat

Ketika kita dalam keadaan sehat, bacaan doa mohon kesehatan agar tetap bugar berbeda dengan doa mohon kesehatan agar disembuhkan dari penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan adalah salah satu hal yang terpenting bagi setiap manusia. Dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar, kita bisa melakukan aktivitas apa pun yang kita sukai. Tidak hanya itu, tubuh yang sehat juga membuat kita lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah daripada ketika tidak sehat.

Oleh karena itu, penting bagi kita agar terus memohon kepada Allah SWT dengan membaca doa mohon kesehatan agar badan tetap bugar dan bisa menjalankan kewajiban beribadah dengan baik. Namun penting untuk ditekankan, bacaan doa memohon kesehatan berbeda-beda, tergantung bagaimana kondisi kita.

Ketika kita dalam keadaan sehat, bacaan doa mohon kesehatan agar tetap bugar berbeda dengan doa mohon kesehatan agar disembuhkan dari penyakit. Selain itu, ada pula bacaan doa mohon kesehatan, namun bukan kesehatan fisik, melainkan mental.

Jadi sebelum membaca doa mohon kesehatan berikut ini, penting untuk memastikan, kesehatan yang seperti apa yang kita inginkan, apakah itu kesehatan dalam bentuk kondisi tubuh yang bugar, kesehatan dalam bentuk kesembuhan, atau kesehatan mental.

Berikut adalah bacaan doa mohon kesehatan, kesembuhan, dan doa untuk menjaga kesehatan mental, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Mohon Kesehatan agar Tetap Bugar

Meski kita tidak sedang dalam kondisi sakit, bukan berarti kita tidak boleh mengamalkan doa mohon kesehatan. Meminta kesehatan kepada Allah SWT tidak hanya ketika sedang sakit saja. Kita bisa membaca doa mohon kesehatan agar kita bisa merasa segar dan bugar, sehingga kita dapat menjalankan kewajiban ibadah dengan penuh semangat.

Adapun bacaan doa mohon kesehatan agar tetap bugar adalah sebagai berikut,

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa 'aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil 'ilmi, wabarokatan fir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal 'afwa indal hisaab.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab."

Selain doa tersebut, kita juga dapat membaca doa mohon kesehatan lain, meski kita sedang tidak sakit. Bacaannya sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma inni as alukal 'afwa wal 'afiyata fid dunya wal akhirah. Allahumma inni as alukal 'afwa wal 'afiyata fi dini wa dunyaya wa ahli wa mali. Allahummastur 'aurati wa amin raw'ati. Allahummahfadzni min baini yadayya wa min kholfi wa min yamini wa 'an syimali wa min fauqi wa a'udzubika bi 'adhomatika an ughtala min tahti. Allahumma 'afini fi badani, Allahumma 'afini fi sam'i, Allahumma 'afinii fi bashari la ilaha illa anta.

Artinya: " Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan kesehatan yang prima di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan kesehatan yang prima dalam urusan agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan kejelekan) dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku. Ya Allah, sehatkanlah badanku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah, sehatkanlah penglihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau."

Jika kedua doa mohon kesehatan tersebut dirasa terlalu pancang sehingga sulit untuk dihafalkan, ada doa mohon kesehatan lain yang relatif pendek. Bacaannya sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma inni auudzubika min zawaali ni'matik wa tahawwuliáafiyatik wa fuhaaáti niqmatik wa jamiií sakhotik.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu." (HR. Muslim no. 2739)

Selain kesehatan, kita juga bisa memohon kepada Allah untuk diberikan umur yang panjang. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut,

أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allaahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a'maalanaa, wa wassi' arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa 'anisy-syarri ab'idnaa, waqdhikhawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka 'alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: " Ya Allah, berilah umur yang panjang kepada kami, berilah sehat pada tubuh kami, terangilah hati kami, mantapkanlah iman kami, baguskanlah amalan kami, lapangkanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam persoalan agama, dunia, serta akhirat. Sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

3 dari 4 halaman

Doa Mohon Kesehatan ketika Sakit

Sebagian besar dari kita lebih sering menyadari pentingnya kesehatan justru ketika sakit. Ketika dalam kondisi sehat, kita sama sekali tidak menyadari pentingnya kesehatan, bahkan cenderung abai, dengan menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, dengan sering begadang, tidak menjaga pola makan, dan tidak pernah berolahraga.

baru setelah kita sakit, kita menyadari bahwa kesehatan itu penting. Oleh karena itu ketika sedang sakit, penting bagi kita untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diangkat penyakitnya dan dikembalikan dalam kondisi sehat. Ada beberapa bacaan doa mohon kesehatan yang bisa kita baca ketika sedang sakit, antara lain sebagai berikut,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban-nasi adzhibil-ba’sa isyfi antas-syafii laa syifaa-a illa syifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqama.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah penyakit, sembuhkanlah, Engkau lah yang menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.”

Selain berdoa untuk diri sendiri, kita juga bisa membaca doa mohon kesehatan untuk orang lain yang sakit. Tergantung untuk siapa doa mohon kesehatan ini dibaca, lafalnya bisa beda-beda. Berikut bacaan doa mohon kesehatan untuk orang lain yang sedang sakit:

1. Doa Mohon Kesehatan untuk Perempuan

اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَتَكَ يَا شَافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءٌ لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Latin: Allahumma syafi ‘abdatika ya syafi la syifa-a illa syifa-uka syifa-an la yughadiru saqaman.

Artinya: “Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu ini (untuk perempuan), wahai Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, sembuhkanlah ia sehingga tidak ada penyakit yang tersisa.”

2. Doa Mohon Kesehatan untuk Laki-Laki

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As-alu Allah al-‘azhima rabb al-‘arshi al-‘azhimi an yashfiyak.

Artinya: “Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan Pemilik ‘Arsy yang Agung, agar menyembuhkanmu (untuk laki-laki).”

3. Doa Mohon Kesehatan untuk Orang Tua

Doa ini diambil dari hadits shahih yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA. Berikut ini merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk mendoakan orang tua yang sedang sakit:

اللَّهُمَّ اشْفِ أَبَا وَأُمَّتِي مِنَ الدَّاءِ وَقِهِمَا مَكْرُوهَ الْأَلَمِ وَرَفِقْ بِهِمَا فِي الْعَافِيَةِ

Allahumma ashfi aba wa ummati minad daai wa qihima makruhal alami wa rafiq bihimaa fil ‘aafiyati

Artinya: “Ya Allah, sembuhkanlah ayah dan ibu kami dari penyakit, hindarkanlah mereka dari kesakitan yang tidak disukai, dan berilah kelembutan pada mereka dalam keadaan sehat.”

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Rabbi irhamhuma kama rabbayani shaghiraa.

Artinya: “Ya Tuhanku, kasihanilah mereka (kedua orang tua) sebagaimana mereka (telah) mendidikku di waktu kecil.”

4 dari 4 halaman

Doa Mohon Kesehatan Mental yang Baik

Selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan juga merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Aspek kesehatan jiwa atau mental juga menjadi perhatian dalam Islam. Bahkan Islam mengajarkan doa agar memperoleh kesehatan mental atau jiwa yang berupa ketenangan hati dan pikiran.

Berikut adalah sejumlah bacaan doa mohon kesehatan mental atau jiwa yang berasal dari Alquran dan hadis:

1. Surat Thaha Ayat 25-28

Doa penenang hati dan pikiran yang pertama adalah surat Thaha di ayat 25-28. Ini merupakan bacaan doa Nabi Musa AS saat menghadapi Fir'aun.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya: "Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku."

2. Surat Al Baqarah Ayat 250

Doa penenang hati dan pikiran yang kedua adalah surat Al Baqarah ayat 250. Doa mohon kesehatan mental ini dipanjatkan oleh tentara Talut saat hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat.

وَلَمَّا بَرَزُوْا لِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ قَالُوْا رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

3. Surat Al Insyirah Ayat 6

Doa penenang hati dan pikiran yang ketiga yaitu surat Al Insyirah ayat 6. Doa ini merupakan salah satu ayat populer yang mengingatkan kita bahwa dalam setiap kesulitan yang kita alami, akan selalu diiringi dengan kemudahan.

اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ

Inna ma'al-'usri yusrā

Artinya: "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."

4. Surat Al Fath Ayat 4

Doa penenang hati dan pikiran yang keempat berasal dari surat Al Fath ayat 4. Dalam ayat ini menjelaskan bahwa ketenangan hati adalah bagian dari orang beriman.

Karena rasa tenang tersebut diberikan oleh Allah SWT kepada orang-orang beriman sebagai salah satu karunia-Nya.

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ لِيَزْدَادُوْٓا اِيْمَانًا مَّعَ اِيْمَانِهِمْ ۗ وَلِلّٰهِ جُنُوْدُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًاۙ

huwallażī anzalas-sakīnata fī qulụbil-mu'minīna liyazdādū īmānam ma'a īmānihim, wa lillāhi junụdus-samāwāti wal-arḍ, wa kānallāhu 'alīman ḥakīmā.

Artinya: "Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

5. Doa Mohon Kesehatan Mental yang Baik dari Hadis Bukhari dan Muslim

Doa mohon kesehatan mental yang baik ini diambil dari hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Doa ini disunnahkan untuk dibaca ketika mendapati ujian berat.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mengalami kesulitan, beliau mengucapkan:

Laa ilaaha illalloh al-‘azhiim al-haliim, laa ilaaha illalloh robbul ‘arsyil ‘azhiim. laa ilaaha illalloh, robbus samaawaati wa robbul ardhi wa robbul ‘arsyil kariim.

Artinya: "Tiada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Santun. Tiada ilah(sesembahan) yang berhak disembah selain Allah, Rabb yang menguasai ‘arsy, yang Maha Agung. Tiada ilah(sesembahan) yang berhak disembah selain Allah – (Dia) Rabb yang menguasai langit, (Dia) Rabb yang menguasai bumi, dan (Dia) Rabb yang menguasai ‘arsy, lagi Mahamulia."

6. Doa Mohon Kesehatan Mental yang Baik dari Hadis Imam Thabrani

Doa mohon kesehatan mental ini merupakan doa yang berasal dari hadis yang diriwayatkan Imam Thabrani. Hadis Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Imam Thabrani dari Abu Umamah menyebutkan,

"Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah,

'Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.'"

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.