Sukses

Fakta! Kucing Nggak Bisa Rasakan Makanan Manis

Kucing berevolusi dan buktinya, satu dari dua gen yang diperlukan untuk membuat reseptor rasa manis 'dimatikan' permanen sejak jutaan tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Selain cakar yang tajam, bulu halus, dan buntut yang suka meliuk-liuk, salah satu yang menarik dari kucing adalah lidahnya. 

Ya, lidah kucing memiliki permukaan yang kasar dan mirip duri kecil melengkung ke belakang. Nah duri kecil yang melengkung ke belakang inilah yang disebut papilla. 

Fungsi papilla untuk menahan air ketika minum, menyikat kulit, menyisir bulu, dan mencengkram makanan. Ngomong-ngomong tentang makanan, ternyata lidah kucing nggak bisa merasakan makanan manis. 

Dikutip laman NPR.org, beberapa ilmuwan berhasil membuktikan bahwa kucing adalah salah satu hewan karnivora yang tak memiliki indera perasa manis. 

Richard Knox dari NPR yang juga penulis jurnal Public Library of Science Genetics menjelaskan bahwa kucing berevolusi. Buktinya, satu dari dua gen yang diperlukan untuk membuat reseptor rasa manis 'dimatikan' permanen sejak jutaan tahun lalu. 

Hal tersebut disepakati oleh Direktur Monell Chemical Senses Center, Gary Beauchamp. Ya, Gary menjelaskan bahwa rasa manis dianggap telah berevolusi sebagai cara untuk mendeteksi tanaman yang tinggi kalori dan vitamin. 

Oleh karena itu sebenarnya sebagian besar spesies di bumi ini menyukai manis sebagai penanda atau sinyal apakah rasa tersebut berguna untuk tubuh. Dengan adanya fakta ini, lanjut Knox, dapat menjadi pengetahuan baru bagi para pemilik kucing terkait makanan yang dapat dikonsumsi hewan peliharaan berbulu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nutrisi Seimbang untuk Kucing Sehat

Ketika memelihara kucing, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah kesehatannya. Oleh karena itu, kucing juga wajib diberikan asupan nutrisi lengkap dan seimbang lho!

Nah makanan terbaik yang bisa kamu berikan untuk kucing kesayangan adalah Muezza. Ini merupakan brand makanan kering (dry food). Sebagai makanan dry food Muezza sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi serta memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap dan seimbang. 

 

Untuk diketahui, Muezza tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget pastinya dikonsumsi untuk si kucing kesayangan. 

Sebagai pilihan, Muezza hadir dengan lima varian lezat berbeda seperti, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia. 

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.