Sukses

8 Jenis Koperasi yang Wajib Diketahui, Beserta Pengertian dan Tujuannya

Koperasi dapat diartikan sebagai badan usaha yang dimiliki serta dikelola para anggotanya.

Liputan6.com, Jakarta Jenis koperasi di Indonesia perlu anda ketahui. Koperasi adalah badan usaha atau organisasi yang dimiliki dan dioperasikan oleh para anggotanya untuk memenuhi kepentingan bersama di bidang ekonomi. Koperasi menjadi penopang ekonomi rakyat Indonesia.

Kata koperasi diambil dari Bahasa Inggris, yakni cooperation. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, artinya kerja sama. Menurut UU Nomor 25 Tahun 1992, koperasi dapat diartikan sebagai sebuah badan usaha yang beranggotakan sekumpulan orang yang kegiatannya berlandaskan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berasas kekeluargaan.

Di Indonesia, koperasi banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Koperasi sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran yang tidak hanya mengejar keuntungan koperasi. Secara luas, jenis koperasi di Indonesia sangat beragam dan banyak dijumpai.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian koperasi, jenis koperasi, tujuan, dan fungsinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (31/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Koperasi

Secara umum, koperasi dapat diartikan sebagai badan usaha yang dimiliki serta dikelola para anggotanya. Namun, menurut bapak proklamator kita, Mohammad Hatta dan sekaligus menjadi bapak koperasi, koperasi adalah suatu jenis badan usaha bersama yang menggunakan asas kekeluargaan dan gotong royong. Sementara itu, Arifinal Chaniago mengartikan koperasi sebagai suatu perkumpulan yang bekerja sama dalam menjalankan sebuah usaha secara kekeluargaan guna meningkatkan kesejahteraan anggotanya. 

3 dari 6 halaman

Tujuan Berdirinya Koperasi

Ada beberapa tujuan berdirinya koperasi, diantaranya:

1. Meningkatkan kehidupan ekonomi anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya.

2. Meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya.

3. Membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat yang adil dan makmur.

4. Menjadi sokoguru dalam perekonomian nasional.

5. Membantu produsen dengan memberikan penawaran harga yang relatif lebih tinggi.

6. Membantu konsumen dengan memberikan penawaran harga yang relatif lebih terjangkau.

7. Memberikan bantuan peminjaman modal kepada unit-unit usaha skala mikro dan kecil.

4 dari 6 halaman

Fungsi Koperasi

Didirikannya koperasi tentu memiliki fungsi. Di bawah ini akan kita bahas apa saja fungsi didirikannya koperasi, yaitu:

1. Membangun dan Mengembangkan Potensi

Fungsi pertama dari koperasi, yaitu membangun sekaligus mengembangkan potensi dan kemampuan anggotanya secara khususnya dan masyarakat secara umum. Demikian juga, untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan ekonomi rakyat.

2. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)  

Fungsi koperasi yang selanjutnya yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan masyarakat secara aktif. Kualitas SDM yang semakin meningkat akan memberikan manfaat bagi perekonomian.

3. Memperkuat Ketahanan Ekonomi Kerakyatan 

Fungsi koperasi yang berikutnya yaitu memperkuat ketahanan ekonomi kerakyatan. Fungsi ini bisa dikatakan sebagai pondasi kekuatan dan  ketahanan perekonomian nasional dengan menjadikan koperasi sebagai sokogurunya.

4. Mewujudkan dan Mengembangkan Perekonomian Nasional 

Fungsi koperasi yang lainnya yaitu mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional dengan menggunakan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Koperasi Berdasarkan Jenis Usaha

Setelah mengetahui tujuan dan fungsi koperasi yang telah dijelaskan di atas, berikut ini terdapat beberapa jenis koperasi berdasarkan jenis usaha, yaitu:

1. Koperasi Serbausaha

Koperasi serbausaha ialah jenis koperasi yang menyediakan berbagai macam jasa simpan pinjam dan menjual berbagai kebutuhan konsumen. Anggota dapat membeli berbagai macam kebutuhan di layanan jenis koperasi serbausaha ini.

2. Koperasi Simpan Pinjam

Jenis koperasi yang lainnya yaitu lebih spesifik mengurus usaha tertentu. Sesuai namanya, koperasi simpan pinjam merupakan jenis koperasi yang bergerak di bidang simpan dan pinjam uang. Jenis koperasi ini juga sering disebut sebagai koperasi kredit, di mana para anggota dapat meminjam dana dalam jangka pendek dengan bunga yang rendah. Adapun cara pembayaran pinjaman tergantung dari aturan masing-masing koperasi, biasanya tuntas atau mengangsur.

3. Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi merupakan koperasi yang bergerak di bidang usaha kebutuhan pokok makanan. Namun, pada beberapa kasus, koperasi konsumsi tidak hanya memasarkan hasil kebutuhan pangan, melainkan juga pakaian, kerajinan, dan produksi lainnya. Secara umum, jenis koperasi ini biasanya menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, jenis koperasi ini menyediakan berbagai kebutuhan yang memiliki harga yang lebih murah sehingga dapat membantu meringankan konsumen.

4. Koperasi Produksi

Jenis koperasi ini hampir sama dengan koperasi konsumsi, bedanya koperasi produksi lebih dalam mengolah bahan mentah. Misalnya produksi pakaian, maka dalam jenis koperasi ini diolah mulai kain, penjahitan, sampai penyablonan jika diperlukan. Jadi, jenis koperasi produksi menyediakan berbagai macam barang yang dihasilkan oleh para anggota. Selain itu, jenis koperasi produksi menyediakan berbagai layanan jasa dari para anggotanya.

5. Koperasi Jasa

Jenis koperasi ini berfokus pada pelayanan jasa kepada anggota dan masyarakat. Umumnya koperasi jasa menyediakan beberapa pelayanan, seperti jasa asuransi dan jasa angkutan.

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Koperasi Berdasarkan Keanggotaan

Berikut ini juga terdapat beberapa jenis koperasi berdasarkan keanggotaan, yaitu:

1. Koperasi Sekolah

Sesuai namanya, jenis koperasi ini biasanya berada area sekolahan. Bahkan, sebagian besar dari kita sudah pernah berkunjung dan menjadi bagian dari koperasi sekolah. Koperasi sekolah beranggotakan semua warga sekolah dan menyediakan kebutuhan seperti alat tulis menulis.

2. Koperasi Pasar

Satu di antara jenis koperasi lainnya yakni yang beroperasi di pasar. Koperasi tini tentunya kebanyakan beranggota pedagang di pasar. Koperasi pasar berkepentingan memberikan penyuluhan, bimbingan, serta bantuan kepada anggotanya.

3. Koperasi Unit Desa

Mungkin kebanyakan orang sudah mengetahui jenis koperasi yang satu ini. Koperasi Unit Desa atau sering disingkat KUD banyak tersebar di desa-desa. Adapun keanggotaan dari KUD adalah orang-orang dari desa tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.