Sukses

23 Tempat Wisata di Ubud Bali, Kaya Budaya dan Panorama Alam

Ubud termasuk kawasan wisata populer di Bali.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Ubud bisa jadi destinasi menarik saat berada di pulau Dewata Bali. Ubud termasuk kawasan wisata populer yang dikenal wisatawan lokal dan mancanegara. Ubud merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Gianyar.

Lokasi tempat wisata Ubud banyak yang terletak di antara sawah dan jurang yang curam di kaki bukit. Tempat wisata di Ubud juga dikenal dengan seni dan budayanya yang kental. Di tempat wisata Ubud terdapat banyak galeri seni dan arena pertunjukan.

Tempat wisata di Ubud juga menyuguhkan panorama alam yang luar biasa indah. Kawasan Ubud terkenal dengan desa wisata dengan sawah terasering yang eksotis. Sejumlah pura juga menjadi destinasi tempat wisata di Ubud yang pastinya akan memberi pengalaman wisata tak terlupakan.

Berikut tempat wisata di Ubud Bali, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(1/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Tempat wisata di Ubud

Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati atau dikenal dengan Istana Air Ubud merupakan sebuah pura Hindu di Ubud yang didedikasikan untuk dewi Saraswati. Tempat wisata di Ubud terkenal dengan kolam teratainya yang menawan. Pura ini berada di Jl. Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Pura Tirta Empul Tampaksiring

Pura Tirta Empul Tampaksiring berada di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Pura ini termasuk tempat wisata di Ubud yang sering dikunjungi wisatawan. Pura Tirta Empul Tampaksiring terkenal dengan air sucinya di mana orang Hindu Bali mencari penyucian.

Candi Tebing Gunung Kawi

Candi Tebing Gunung Kawi merupakan situs purbakala yang dilindungi di Bali. Tempat wisata di Ubud ini berada di Sungai Pakerisan, Dusun Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Candi Tebing Gunung Kawi merupakan bangunan candi yang dibangun dari pahatan dinding tebing batu di tepi sungai.

3 dari 9 halaman

Tempat wisata di Ubud

Istana Kerajaan Ubud

Istana Kerajaan Ubud atau juga dikenal dengan Puri Agung Ubud dahulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Ubud. Tempat ini juga dijadikan pusat kegiatan seni budaya dan adat, yang diadakan di tepat di depan puri. Puri Ubud masih memiliki tata ruang dan bangunan yang dipertahankan seperti aslinya. Tempat wisata di Ubud ini bisa ditempuh dengan 3 menit jalan kaki dari Pasar Seni Ubud.

Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud atau Wanara Wana merupakan kawasan hutan sakral yang berada di desa adat Padangtegal, Ubud. Hutan ini terkenal dengan ratusan kera yang menghuni kawasan ini selama ratusan tahun. Di dalam tempat wisata di Ubud ini juga terdapat Pura Dalem Padangtegal, yang didirikan pada awal abad ke-20. Ada juga mata air suci di bawah Patung Komodo yang tersembunyi, yg mana bila diminum, dipecaya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit.

Goa Gajah

Goa Gajah merupakan gua buatan yang berfungsi sebagai tempat ibadah. Gua ini berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Sebutan Gua Gajah mungkin berasal dari pahatan wajah raksasa di atas mulut gua, yang dianggap menyerupai muka gajah.

4 dari 9 halaman

Tempat wisata di Ubud

Air Terjun Tegenungan Kemenuh

Air terjun Tegenungan berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Air terjun memiliki ketinggian 15 meter. Debit airnya yang deras serta air yang bersih dan bening menjadi daya tarik wisata alam bagi para wisatawan.

Air Terjun Kanto Lampo

Tempat wisata di Ubud selanjutnya adalah air terjun Kanto Lampo. Air terjun Kanto Lampo memiliki undakan-undakan kecil yang membuat air jatuh dengan eksotis. Dulunya air di air terjun ini merupakan sumber irigasi warga. Air ini kemudian tersumbat dan meluap. Luapan tersebut akhirnya menjadi sebuah air terjun. Air Terjun Kanto Lampo berada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Bali.

Air Terjun Manuaba

Air Terjun Manuaba berada di Kendran, Tegalalang, Gianyar. Tempat wisata di Ubud ini masih tergolong jarang dikunjungi wisatawan. Air terjun terpencil ini menawarkan suasana tenang yang cocok bagi mereka yang ingin bersantai setelah melewati hari yang melelahkan.

5 dari 9 halaman

Tempat wisata di Ubud

Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati merupakan tempat barang-barang seni khas Bali. Banyak wisatawan mencari oleh-oleh di pasar ini. Di pasar seni ini ada ratusan pedagang seni berkumpul menjajakan barang kerajinan, mulai dari patung kayu, lukisan, kaos, celana pendek, tas, sandal, dan banyak lagi.

Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud menjadi tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi. Di sini terdapat beraneka ragam barang-barang kesenian atau kerajinan khas Bali yang jarang ditemui di tempat lain. Produk segar seperti buah-buahan, sayuran, unggas dan makanan ringan lokal juga dapat ditemukan di pasar ini.

Sawah Terasering Tegalalang

Tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi adalah Sawah Terasering Tegalalang. Terasering di Tegalalang tidak kalah unik, karena lerengnya yang sangat miring. Sawah di kawasan ini berundak-undak dengan warna hijau yang sangat asri.

6 dari 9 halaman

Tempat wisata di Ubud

Pementasan Tari Kecak

Di Ubud, wisatawan juga bisa menyaksikan pementasan tari kecak. Tari khas Bali ini biasanya dipentasikan di Pura Taman Saraswati dan banyak area pemenetasan lainnya dengan jadwal yang berbeda.

Menonton Tari Barong

Tempat wisata di Ubud yang tak kalah menarik adalah pementasan tari Barong. Selain Tari Kecak, di Ubud wisatawan juga bisa menikmati tari Barong. Pementasan tari Barong biasanya dilaksanakan pada malam hari.

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan atau yang biasa dikenal dengan Campuhan Ridge Walk menyuguhkan panorama alam yang sangat indah. Hamparan rumput hijau dan pepohonan bisa kamu nikmati dengan menyusuri jalan setapak yang panjangnya mencapai 2 kilometer. Biasanya wisatawan suka berjalan kaki, bersepeda, atau jogging untuk menikmati indahnya bukit Campuhan.

7 dari 9 halaman

Tempat wisata di Ubud

Bali Swing Ubud

Bali Swing Ubud menjadi aktivitas populer saat berada di tempat wisata di Ubud. Di sini wisatawan bisa berayun tinggi di atas keindahan pemandangan Ubud yang indah.

Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan merupakan sebuah museum yang menyajikan perkembangan seni rupa di Ubud, baik seni lukis maupun seni pahat. Museum ini merupakan museum seni tertua di Bali yang menyimpan koleksi sejak tahun 1930 hingga saat ini. Tempat wisata di Ubud ini berada di Jl. Raya Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Museum Rudana dan Rudana Fine Art Gallery

Museum Rudana dan Rudana Fine Art Gallery berada di Jl. Cok Rai Pudak, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Museum ini menyimpan lebih dari 400 buah lukisan dan patung hasil karya para seniman, baik dari Bali, seniman Indonesia di luar Bali maupun karya para seniman asing yang menjadikan Bali sebagai tempatnya berkarya. Berada dalam satu kompleks, berdiri Rudana Fine Art Gallery yang didirikan pada tahun 1978 dan merupakan cikal bakal berdirinya Museum Rudana.

8 dari 9 halaman

Tempat wisata di Ubud

Museum Arma Ubud

Museum Arma Ubud atau Agung Rai Museum of Art merupakan salah satu museum seni rupa di Bali yang menyimpan berbagai koleksi lukisan yang berasal dari pelukis-pelukis ternama baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Selain sebagai museum seni lukis, Museum Seni Agung Rai juga menampilkan pertunjukan tari dan teater serta pameran dari seniman karya masyarakat Bali, Indonesia, dan seniman asing.

Museum Neka Ubud

Museum Neka Ubud berada di Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Tempat wisata di Ubud ini dibuka sejak 1976 dan diresmikan pada 7 juli 1982. Bangunan museum bukan berupa satu gedung besar melainkan sebuah kompleks yang terdiri dari tujuh bagian didesain berdasarkan pola tradisional Bali.

Museum Blanco Renaissance

Museum Blanco Renaissance berada di Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Museum ini berdiri dari keinginan seorang pelukis, Antonio Blanco. Museum Blanco adalah sebuah kompleks yang menyediakan fasilitas untuk perjalanan seni. Pengunjung dapat menemukan studio, galeri, toko suvenir, perpustakaan, kafe, amfiteater, dan kuil keluarga Blanco.

9 dari 9 halaman

Tempat wisata di Ubud

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park berada di di sebelah tenggara Ubud, Bali. Tempat wisata di Ubud ini memiliki lebih dari 100 spesies satwa liar, seperti komodo, orangutan, dan burung jalak Bali. Selain itu, Bali Safari juga menawarkan berbagai paket wisata yang dapat dipilih.

Arung Jeram Sungai Ayung

Ubud memiliki sungai Ayung yang sering digunakan untuk aktivitas arung jeram dan kayak. Banyak jasa wisata air atau agen perjalanan yang menawarkan pengalaman arung jeram di sungai yang mengalir sepanjang 68,5 km ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.