Sukses

10 Tempat Wisata di Singapore yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Instagramable

Beberapa tempat wisata di Singapore yang bisa menjadi referensi Anda saat berlibur.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Singapore merupakan salah satu objek wisata yang paling ramai dikunjungi. Harga tiket pesawat yang murah dan fasilitas bebas visa membuat wisatawan sangat dimudahkan untuk berkunjung ke negeri Jiran tersebut.

Meskipun ukuran negaranya kecil, namun negara singapore memiliki cukup banyak tempat wisata yang menarik. Singapore merupakan salah satu kota besar di dunia dengan campuran budaya dari Asia dan Eropa, yang didirikan saat masa perdagangan kolonial inggris pada tahun 1819. 

Semenjak kemerdekaan menjadi salah satu kota paling makmur di dunia dan mempunyai pelabuhan terpadat di dunia. Di negara ini juga masih banyak bangunan kolonial berdampingan dengan pasar dan gedung modern bertingkat. Itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari negari jiran tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Singapore yang wajib untuk dikunjungi yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (18/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Singapore yang Sering Dikunjungi Wisatawan

Berikut beberapa lokasi tempat wisata di Singapore yang bisa jadi referensi Anda untuk dikunjungi ketika menyambangi Singapore.

1. Universal Studio

Tempat wisata di Singapore yang pertama adalah universal studio. Theme Park terbesar di Singapore yaitu Universal Studio Sentosa Singapore memang menawarkan hiburan bersama keluarga. Dengan design dan wahana yang tentu menarik bagi anak-anak hingga dewasa, tak heran tempat ini selalu menjadi favorit saat kita wisata ke Singapore. Wahana di Universal Studio Singapore dibagi beberapa zona, yaitu zona far away, zona Sci-fi. dan lain-lain. Selain wahana di Universal Studio Singapore juga menampilkan street entertainment dan meet & great. Untuk jam buka tempat wisata di Singapore ini yaitu setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Harga tiket Universal Studios pada akhir pekan, tanggal merah, dan musim liburan jika dirupiahkan berada pada kisaran sekitar Rp 750.000 untuk dewasa dan sekitar Rp 500.000 untuk anak-anak.

2. Merlion Park

Tempat wisata di Singapore yang selanjutnya adalah merlion park. Merlion Park merupakan daftar tempat wisata di Singapore yang sudah sangat populer, sehingga menjadi tempat wisata favorit para pelancong. Patung kepala singa ini menjadi maskot negara tersebut dan tempat wisata di Singapore yang murah. Ketika berkunjung ke Singapore, tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen di lokasi ini. Patung yang ada di kawasan Marina Bay ini memiliki tinggi sekitar 8-9 meter. Selain itu, ada juga patung Merlion di Pulau Sentosa. Kamu bisa datang ke Merlion Park kapan saja, karena tempat wisata ini buka selama 24 jam.

3. Marina Bay Sands

Temapt wisata di Singapore yang berikutnya adalah Marina Bay Sands. Bangunan yang menjadi ikon Singapore. Ini merupakan kompleks pusat perbelanjaan, hotel, dan casino yang sangat megah. Tempat ini merupakan destinasi wajib wisatawan ketika berkunjung ke Singapore. Buat Anda yang ingin menikmati langit malam di Singapore, enggak ada salahnya untuk sekedar duduk-duduk di area ini. Anda akan dimanjakan dengan Spectra Light & Water Show yang digelar setiap malam jam 20.00.

4. Orchard Road

Tempat wisata di Singapore berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Orchard Road. Jalan Orchard atau Orchard Road memiliki arti jalan kebun buah merupakan sebuah jalan di Singapore yang menjadi pusat retail dan hiburan. Jalan ini merupakan tempat yang sangat menarik dikunjungi. Di sini Anda dapat menemukan sederet pusat perbelanjaan atau pertokoan di kedua sisi jalan. Selain berbelanja, Anda juga bisa menikmati lalu lalang masyarakat sekitar sambil duduk di kursi yang ada di trotoar menjadi aktivitas liburan gratis yang menyenangkan.

5. Gardens by the Bay

Tempat wisata di Singapore selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Gardens by the Bay. Tempat wisata ini merupakan rumah bagi 2.000 spesies dan 700 ribu tanaman sungguhan. Memiliki luas sekitar 101 hektar, Gardens by the Bay terbagi ke dalam beberapa area yang dapat dikunjungi. Walaupun tidak semua bisa Anda datangi secara gratis, namun spot tersebut tidak kalah memesona dari yang berbayar. Salah satu wisata gratis di Singapore di sini adalah Garden Rhapsody Music & Light Show. Pertunjukan musik dan cahaya di Supertree Grove ini digelar setiap malam mulai pukul 19.45.

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Singapore yang Sayang untuk Dilewatkan

6. Clarke Quay

Tempat wisata di Singapore yang berikutnya adalah clarke quay. kawasan Clarke Quay ini dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua Chinese Shophouse yang dicat warna-warni. Anda bisa berjalan-jalan di sini sembari menikmati Singapore River yang sangat bersih. Tempat wisata di Singapora yang satu ini terkenal dengan banyaknya bar dan kafe, tapi kalau Anda tidak ingin nongkrong, Anda juga bisa ke Clarke Quay untuk sekadar hunting foto.

7. Chinatown Singapore

Di setiap wilayah, pasti memiliki kawasan Chinatown, begitu juga di Singapore. Walaupun kawasan ini tidak berbeda dengan bagian kota tua lainnya yang ada di Singapore, namun dengan kehadiran berbagai gerai dan atribut oriental di sini, membuat kawasan ini tampil berbeda. Di sini Anda akan banyak menemukan masyakarat keturunan China. Selain itu, di sini Anda pula dapat menemukan berbagai cinderamata yang beraneka ragam. Jadi, Chinatown bisa dijadikan alternatif membeli oleh-oleh selain di Bugis Street.

8. Sentosa Island

Satu ‘taman bermain’ terbesar di Singapore adalah Sentosa Island. Pulau buatan yang memiliki pantai, berbagai fasilitas untuk olahraga, dan tentunya taman hiburan paling populer di Asia Tenggara, Universal Studios Singapore. Berbagai tempat di Sentosa Island bisa Anda nikmati secara gratis. Jika Anda tak ingin masuk ke Universal Studios, Anda bisa berjalan-jalan di Sentosa Island untuk hunting foto keren.

9. Haji Lane

Tempat wisata di Singapore berikutnya adalah Haji Lane. Destinasi ini semakin populer dan sangat digandrungi wisatawan karena tempatnya yang unik dan terpenting adalah gratis. Lokasinya berada di kawasan Kampong Glam. Haji Lane sebenarnya sebuah gang kecil. Selain sebagai tempat singgah bagi masyarakat usai menunaikan ibadah haji di Mekah, dulunya lokasi ini merupakan hunian warga Melayu yang kurang mampu. Kemudian, pemerintah Singapore menata lokasi ini lebih indah tanpa mengubah wujud klasik aslinya. Haji Lane seringkali menjadi spot foto para fotografer lokal maupun dunia. Di sini Anda dapat menikmati dinding penuh lukisan grafity untuk berswafoto tanpa dikenakan biaya.

10. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens adalah taman seluas 60 hektar yang menjadi tempat liburan favorit untuk menghabiskan waktu bersantai. Lahan yang membentang luas tersebut juga menjadi pusat penelitian botani dan hortikultura terkemuka. Ada beberapa spot murah dan gratis yang bisa Anda nikmati di sini. The National Orchid Garden Anda akan melihat anggrek terbesar di dunia, dengan lebih dari 60.000 tanaman anggrek di dalamnya. Ada juga SBG Heritage Museum yang menyuguhkan fitur interaktif, pameran multimedia, dan panel yang menggamabrkan kekayaan peninggalan taman ini. Sementara CDL Green Gallery menampilkan pameran botani. Namun, untuk melihat ini Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5 dolar Singapore. Di Singapore Botanic Garden terdapat sejumlah restoran dan kafe, sehingga Anda tidak perlu takut jika sedang haus atau lapar.

Itu tadi beberapa tempat wisata di Singapore yang bisa Anda datangi jika sedang berkunjung ke negeri Singa tersebut. Ketika berlibur selalu menaati protokol kesehatan yang berlaku dan persiapkanlah kebutuhan Anda saat di perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.