Sukses

7 Manfaat Konsumsi Makanan yang Dikukus bagi Kesehatan

Mengukus makanan merupakan metode memasak terbaik dibandingkan menggoreng, memanggang, dan merebus.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai macam metode mengolah makanan sebelum disantap. Mulai digoreng, dibakar, direbus, dikukus, hingga dipanggang.

Berdasarkan teknik pengolahannya, menurut para ahli kesehatan mengukus makanan adalah salah satu metode yang sangat dianjurkan. Pasalnya, ada deretan manfaat konsumsi makanan yang dikukus untuk kesehatan kamu.

Makanan yang digoreng memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Makanan yang dibakar rentan terhadap penyakit kanker, sedangkan makanan yang dipanggang dan direbus dapat mengurangi kadar nutrisinya.

Teknik mengukus makanan juga sudah terkenal sejak ribuan tahun untuk mematangkan makanan. Apabila kamu belum terbiasa mengolah makanan dengan dikukus, mungkin kamu perlu mengetahui terlebih dahulu manfaat konsumsi makanan yang dikukus bagi kesehatan.

Berikut deretan manfaat konsumsi makanan kukus bagi kesehatan tubuh yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Rendah Kolesterol

Ketika memasak daging, mengukus merupakan salah satu cara mengolah yang dapat memudahkan menghilangkan lemak jahat. Dibandingkan dengan menggoreng dan memanggang justru akan sulit menyingkirkan lemak pada daging.

Membuang lemak pada daging menjadikannya lebih rendah kalori dan lebih rendah kolesterol. Mengukus juga mengurangi kebiasaan menggunakan minyak goreng sebagai penghasil lemak jahat lainnya.

3 dari 8 halaman

Menjaga Nutrisi Tetap Utuh

Pada sayuran, banyak ditemui segudang vitamin dan mineral. Metode memasak yang salah dapat menghilangkan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Untuk itu, kamu perlu menggunakan metode mengukus sayuran agar vitamin dan mineral dalam sayur-sayuran tidak berkurang bahkan hilang. Memgukus sayuran juga dapat meningkatkan kandungan antioksidan.

Ketika mengukus makanan, kamu akan tetap menjaga serat, warna, tekstur, dan rasa sayuran. Metode ini juga dapat membantu menjaga vitamin B dan C yang larut dalam air, potasium, fosfor dan seng.

Sehingga kamu dapat memperoleh nutrisi penting dari sayuran yang dikukus. Mengukus sayuran akan menopang 90 persen antioksidan yang ada di dalam sayuran.

4 dari 8 halaman

Rendah Kalori

Mengukus bahan makanan memungkinkan kamu untuk mengurangi konsumsi lemak dan kalori. Cara ini akan berpotensi mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung.

Dibandingkan menggoreng makanan dengan minyak, justru akan menambah kalori dan lemak. Begitu juga menambahkan mentega ke dalam makanan yang dipanggang juga dapat menambah kalori dan lemak jenuh.

5 dari 8 halaman

Mengurangi Penggunaan Pengawet Makanan

Mengukus makanan dianggap sebagai metode mamasak yang paling sehat, karena tidak menghilangkan vitamin dan mineral pada makanan. Mengukus makanan tidak menjadikannya kering dan tidak membutuhkan perasa buatan saat memasaknya.

Ketika mengukus makanan, kamu tidak perlu menambahkan minyak, garam, atau gula agar lebih sehat. 

6 dari 8 halaman

Bisa Mengukus Semua Jenis Makanan

Hampir semua makanan bisa dikukus. Kamu bisa mengukus daging, ikan, sayuran, hingga membuat aneka dessert.

Tidak ada batasan bahan makanan yang diperbolehkan untuk dikukus. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah melakukan dan merasakan manfaat mengonsumsi makanan yang dikukus.

7 dari 8 halaman

Menurunkan Risiko Kanker

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis memiliki komponen anti-kanker yang disebut glukosinolat. Senyawa ini dapat rusak atau hancur ketika dimasak dengan metode yang salah satu berlebihan.

Untuk mempertahankan komponen anti-kanker tersebut, kamu bisa mencoba mengukus sayuran tersebut dengan suhu rendah dan sedikit air.

8 dari 8 halaman

Mencegah Terjangkit Penyakit

Mengonsumsi makanan yang dikukus secara tidak langsung dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan minimnya penggunaan bahan-bahan pengawet dan lainnya yang justru dapat memicu penyakit.

Makanan yang dikukus juga sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang sakit, dalam pemulihan setelah sakit, dan cocok untuk diet sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.