Sukses

Ini Arti Warna Cangkang Telur Ayam, Ketahui Nutrisi yang Dikandungnya

Warna cangkan telur ayam konon menandakan kandungan nutrisinya

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda bertanya-tanya mengapa telur ayam memiliki warna yang berbeda? Beberapa orang percaya telur dengan cangkang coklat lebih sehat atau lebih alami, sementara yang lain merasa bahwa telur bercangkang putih lebih bersih atau hanya terasa lebih enak. 

Lalu, bagaimana penjelasan yang benar? Telur ayam bisa hadir dalam berbagai warna. Warna telur yang umum ditemui di pasaran adalah putih hingga kecokelatan.

Namun, banyak orang tidak tahu apa yang menyebabkan telur memiliki warna berbeda. Jawabannya cukup sederhana, bahwa warna telur tergantung pada jenis ayam.

Misalnya, ayam White Leghorn bertelur putih, sedangkan Plymouth Rocks dan Rhode Island Reds bertelur coklat. Warna cangkang telur ini bergantung pada pigmen yang membentuknya.

Tetapi apakah perbedaan antara telur cokelat dan putih lebih dari sekadar cangkang? Banyak yang percaya bahwa nutrisi dalam sebutir telur dapat dilihat dari warna cangkang yang dimiliki. Simak ulasan Liputan6.com dari berbagai sumber mengenai arti warna cangkang telur dan nutrisi yang dikandungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pembentukan warna cangkang telur

Cangkang telur terbuat dari kalsium karbonat, yang sebagian besar berasal dari tulang ayam. Kalsium karbonat menghasilkan sembilan hingga 12 persen dari total berat telur.

Cangkang telur memiliki 7 hingga 17.000 pori-pori kecil yang memungkinkan udara dan kelembaban bergerak. Lapisan terluar, yang disebut bloom atau kutikula, membantu mencegah kotoran dan bakteri.

Warna kulit telur yang berbeda berasal dari pigmen yang dihasilkan ayam. Pigmen utama dalam kulit telur coklat disebut protoporphyrin IX. Pigmen ini terbuat dari heme, senyawa yang memberi darah warna merah.

Pigmen utama yang ditemukan dalam kulit telur biru disebut biliverdin, yang juga berasal dari heme. Ini adalah pigmen yang sama yang terkadang memberi memar warna biru-hijau pada kulit.

Tetapi sementara genetika adalah faktor utama yang menentukan warna telur, faktor-faktor lain juga dapat mempengaruhi. Misalnya, saat ayam yang bertelur coklat menua, mereka cenderung bertelur lebih besar dan berwarna lebih terang. Lingkungan, makanan, dan tingkat stres ayam betina juga dapat memengaruhi warna cangkang, sampai batas tertentu.

3 dari 5 halaman

Arti warna cangkang telur

Telur putih

Seluruh cangkang telur terbuat dari kalsium karbonat berwarna putih tidak mengandung pigmen.

Telur coklat

Disebabkan oleh protoporphyrin IX, dari hemoglobin induk ayam, dan dilapisi pada bagian luar telur saat bergerak melalui saluran telur.

Telur biru

Memiliki pigmen oocyanin, yang merembes ke dalam cangkang, sehingga pewarnaan biru akan terus berlanjut.

Telur hijau

Jika lapisan coklat dan lapisan biru disilangkan, akan mendapatkan telur hijau ketika lapisan protoporphyrin IX disimpan di atas cangkang oocyanin biru.

Telur merah muda

Berasal dari mekar atau kutikula, lapisan alami yang menyegel pori-pori kulit telur. Mekar sering disapu sebelum telur dijual secara komersial

Telur berbintik

Dapat dilhasilkan oleh ayam betina mana saja dengan cangkang berpigmen dan berasal dari telur yang berputar lebih lambat dari biasanya selama tahap pigmen.

4 dari 5 halaman

Apakah Telur Coklat Lebih Sehat Dari Telur Putih?

Seringkali orang lebih suka telur cokelat karena mereka percaya telur cokelat lebih alami dan sehat daripada telur putih. Namun, kenyataannya adalah bahwa semua telur bernutrisi terlepas dari ukuran, kadar, atau warna.

Telur cokelat dan putih adalah makanan sehat. Telur yang khas mengandung banyak vitamin, mineral, dan protein berkualitas tinggi, semuanya terbungkus menjadi kurang dari 80 kalori.

Namun, para ilmuwan telah membandingkan telur dengan cangkang coklat dengan cangkang putih untuk melihat apakah ada perbedaan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa warna cangkang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas dan komposisi telur.

Ini berarti bahwa warna cangkang telur tidak ada hubungannya dengan seberapa sehat nutrisinya. Satu-satunya perbedaan nyata adalah pigmen dalam cangkang. Namun, ada faktor lain yang dapat memengaruhi kandungan nutrisi telur.

Lingkungan ayam dapat memiliki dampak besar. Sebagai contoh, telur dari ayam yang dibiarkan berkeliaran di bawah sinar matahari mengandung 3-4 kali jumlah vitamin D dibandingkan telur dari ayam betina konvensional.

Jenis pakan yang dimakan ayam juga dapat memengaruhi kandungan nutrisi telurnya. Ayam yang diberi makanan kaya asam lemak omega-3 menghasilkan telur yang mengandung kadar asam lemak omega-3 yang jauh lebih tinggi dari biasanya. Efek yang sama telah ditemukan dengan vitamin D ketika ayam makan pakan yang diperkaya vitamin D.

5 dari 5 halaman

Apakah warna memengaruhi rasa telur?

Beberapa orang percaya bahwa telur bercangkang cokelat rasanya lebih enak, sementara yang lain lebih suka rasa telur putih. Tetapi seperti halnya dengan kandungan nutrisinya, tidak ada perbedaan nyata antara rasa telur yang berkulit coklat dan putih.

Namun, itu tidak berarti bahwa semua telur memiliki rasa yang sama. Meskipun warna cangkang tidak membuat perbedaan, faktor-faktor lain seperti jenis pakan, kesegaran dan bagaimana telur dimasak dapat mempengaruhi cara rasanya.

Misalnya, ayam yang diberi makanan kaya lemak menghasilkan telur lebih beraroma daripada ayam yang diberi pakan rendah lemak. Dan ayam yang diberi pakan yang mengandung terlalu banyak minyak ikan, jenis lemak tertentu atau bahkan vitamin A atau D dapat menghasilkan telur yang amis.

Makanan ayam betina yang dibesarkan di rumah tidak sama dengan ayam betina yang dibesarkan secara konvensional, yang juga dapat mempengaruhi rasa telur. Selain itu, semakin lama telur disimpan, semakin besar kemungkinan untuk mengembangkan rasa hambarnya. Menyimpan telur pada suhu rendah dan stabil, seperti di dalam lemari es, dapat membantu menjaga rasa lezatnya bertahan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini