Sukses

6 Cara Merawat Ripped Jeans yang Benar Agar Tetap Awet

Rawat ripped jeans kesayangan dengan tidak mencucinya di mesin cuci.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki selera fashionnya masing-masing. Pilihan fashion item kesukaan setiap orang ini secara tidak langsung dapat menggambarkan kepribadiannya. Salah satu fashion item yang banyak disukai adalah ripped jeans. Ripped jeans masih dalam kesatuan fashion item dengan jeans. Hanya saja ripped jeans memiliki aksen robek-robek pada berbagai sisinya.

Model celan jeans ini akan memberikan penampilan tersendiri agar lebih menarik. Layaknya jeans pada umumnya, merawat ripped jeans pun tidak boleh sembarangan. Ada beberapa cara merawat ripped jeans yang benar agar serat-serat robekannya tetap sempurna alias awet.

Pasalnya, celana robek-robek ini sangat rentan rusak jika tidak dirawat dengan cara yang benar. Salah-salah dalam merawatnya, akan membuat kondisi robekannya rusak, melebar, hingga kondisinya menjadi tidak bagus lagi.

Berikut cara merawat ripped jeans yang benar agar tetap awet yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jangan Terlalu Sering Dicuci

Mencuci berbagai jenis pakaian dirasa perlu untuk selalu menjaga kebersihannya. Layaknya jenis jeans lainnya yang tidak boleh sering dicuci, begitu juga perlakuan terhadap ripped jeans.

Ripped jeans tidak disarankan sering dicuci karena dapat merusak robekan-robekan pada celananya. Untuk menjaganya agar tetap sempurna, kamu bisa mencucinya setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Cara merawat ripped jeans ini akan menjaganya agar selalu tampak bersih dan awet agar tidak merusak bahannya.

3 dari 7 halaman

Hindari Mencuci dengan Mesin

Mencuci di mesin cuci memang lebih praktis. Namun, jangan lakukan hal tersebut ketika kamu ingin mencuci ripped jeans kesayangan kamu.

Ketika kamu ingin mencuci ripped jeans kamu, pastikan tidak mencucinya di mesin cuci. Cara merawat ripped jeans ini perlu diperhatikan guna menjaga kualitas celana kesayangan.

Mencuci ripped jeans dengan mesin cuci akan berisiko membuat area sobekan semakin membesar. Cucilah ripped jeans kamu secara manual menggunakan air dingin.

4 dari 7 halaman

Balik saat Dicuci

Cara merawat ripped jeans selanjutnya agar tahan lama dengan membalik celana saat dicuci. Hal ini berguna untuk membersihkan atau mengangkat noda yang ada pada celana.

Untuk membersihkannya, pastikan tidak terlalu sering menggosoknya. Selain itu, pastikan tidak menggosoknya terlalu keras karea ripped jeans mudah rapuh.

Oleh karena itu, kamu tetap bisa menghilangkan noda di ripped jeasn secara aman tanpa merusaknya dengan membalik celana saat mencuci. Ketika menjemur ripped jeans, jemur seperti biasanya hingga kering.

5 dari 7 halaman

Membersihkan Noda dengan Cuka dan Garam

Cara merawat ripped jeans selanjutnya dengan menggunakan cuka dan garam. Bahan alami ini dipercaya memiliki segudang manfaat, terlebih untuk menghilangkan noda khususnya pada pakaian seperti ripped jeans.

Cara menggunakan cuka dan garam untuk membersihkan ripped jeans dengan merendamnya. Rendam ripped jeans dengan air dingin yang sudah dicampur dengan garam atau cuka kurang lebih selama satu malam.

Kedua bahan ini dipercaya ampuh atau terbukti sangat efektif mengangkat kotoran atau noda pada ripped jeans kamu.

6 dari 7 halaman

Memasukkan ke Dalam Freezer

Cara merawat ripped jeans agar tetap awet selanjutnya dengan memasukkannya ke dalam freezer. Cara ini bisa kamu lakukan untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada ripped jeans kamu, yang belum waktunya untuk dicuci.

Cukup masukkan ripped jeans kamu ke dalam freezer yang bersih dan diamkan beberapa saat. Setelah itu ambil ripped jeans dan sudah bisa digunakan kembali.

7 dari 7 halaman

Simpan dengan Dilipat

Setelah mengetahui cara mencuci ripped jeans, selanjutnya adalah cara penyimpanan. Cara menyimpan ripped jeans yang dianjurkan dengan melipatnya. Lipat ripped jeans kamu dengan rapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini