Sukses

Cara Membuat Tteokbokki Lengkap dengan Bumbu Gochujang, Mudah dan Nikmat

Cara membuat tteokbokki cukup mudah dan simpel.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat tteokbokki cukup mudah dan simpel. Tteokbokki merupakan makanan khas Korea yang cukup populer. Kemunculannya di Drama Korea membuat makanan satu ini makin terkenal di Indonesia. Tteokbokki terdiri dari tteok yang terbuat dari tepung beras dan saus gochujang super pedas.

Biasanya tteokbokki dijual cukup mahal di restoran Korea. Bagi kamu yang ingin merasakan nikmatnya camilan ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat tteokbokki cukup sederhana dengan bahan yang mudah didapat.

Cara membuat tteokbokki adalah dengan membuat tteok atau kue berasnya terlebih dahulu. Setelah itu, tteok baru dimasak bersama saus gochujang yang super pedas. Tak perlu khawatir tak bisa mendapat bahan-bahan khusus dalam cara membuat tteokbokki. Kamu bisa menyiasatinya dengan bahan lain yang lebih mudah dijangkau.

Dengan cara membuat tteokbokki kamu bisa menikmati tteokbokki ala drama Korea. Berikut cara membuat tteokbokki, lengkap dengan saus pedasnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (24/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal tteokbokki

Tteokbokki adalah makanan Korea, terdiri dari tteok atau kue beras yang dimasak dengan bumbu gochujang bercita rasa pedas dan manis. Tteok atau kue beras terbuat dari tepung beras yang dibentuk silinder panjang dan putih. Sementara bumbunya terbuat dari gochujang yang merupakan saus cabai khas Korea yang sangat pedas.

Tteokbokki biasanya dibeli dan dimakan di bunsikjip (snack bar) serta pojangmacha (warung pinggir jalan). Ada juga restoran khusus untuk tteokbokki, yang disebut sebagai jeukseok tteokbokki (tteokbokki dadakan). Tteokbokki juga merupakan makanan rumahan populer yang dapat dibuat sendiri di rumah.

 

3 dari 6 halaman

Cara membuat tteokbokki

Cara membuat tteokbokki yang pertama adalah membuat tteok terlebih dahulu. Bahan utama tteok adalah tepung beras. Ada tips khusus membuat tteok yang kenyal dan tidak bau tepung. Berikut caranya:

Bahan tteok:

6 sdm tepung beras

5 sdm tepung tapioka

1 sdt minyak wijen

1/2 sdt garam

120 ml air panas

Cara membuat tteok:

1. Sangrai dahulu tepung beras selama 2-3 menit. Jangan menghilangkan proses menyangrai tepung beras karena itulah cara agar tepung tidak menimbulkan bau dan rasa tepung setelah tteok matang.

2. Campurkan semua bahan tepung dan garam. Tuang air panas dan aduk rata. Uleni dengan tangan jika sudah tidak telalu panas hingga tidak lengket dan mudah dipulung.

3. Bagi-bagi adonan dan pilin memanjang.

4. Rebus tteok hingga mengapung. Rebus tteok agak lama jika mmebuat agak tebal, rebus selama 2 menit lagi setelah mengapung. Aduk-aduk sesekali agar tteok tidak menempel di dasar panci saat direbus.

5. Angkat dan tiriskan. Tambahkan sedikit minyak setelah ditiriskan agar tidak saling menempel setelah dingin.

4 dari 6 halaman

Cara membuat bumbu tteokbokki

Cara membuat tteokbokki selanjutnya adalah membuat bumbunya yang terbuat dari saus gochujang. Gochujang sudah bisa dibeli di beberapa toko bahan makanan impor dan harganya cukup terjangkau. Berikut cara membuat bumbu tteokbokki:

Saus:

5 siung bawang putih

2 sendok makan gochujang

2 butir bawang merah

2 buah cabai rawit

2 sendok makan gula pasir

merica bubuk secukupnya

garam secukupnya

minyak goreng secukupnya

Pelengkap:

1 batang daun daun bawang, diiris halus

1 butir telur rebus setengah matang

1 sendok teh minyak wijen

wijen sangrai secukupnya

odeng secukupnya (bisa diganti bakso ikan)

Cara membuat tteokbokki dengan bumbunya:

1. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit, kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Masukkan pasta gochujang, tambahkan sedikit air, gula, garam, dan merica, lalu aduk hingga rata.

2. Masukkan tteok dan odeng/bakso ikan, kemudian aduk hingga rata sambil dituangi minyak wijen.

3. Sajikan tteokbokki di atas piring. Taburi dengan wijen sangrai dan daun bawang. Belah telur rebus menjadi dua bagian, kemudian letakkan di sampingnya.

5 dari 6 halaman

Cara membuat tteokbokki tanpa saus gochujang

Jika kamu tidak bisa mendapatkan saus gochujang, kamu bisa mensiasatinya dengan bahan lain. Berikut cara membuat tteokbokki tanpa sausu gochujang:

Bahan:

1 buah bawang bombay, iris

6 sdm saus sambal

1 sachet bubuk cabai level 30

1 sdt merica

7 cabai rawit, uleg

1,5 gelas belimbing air

1,5 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

1 batang daun bawang, iris

garam dan gula secukupnya

Cara membuat tteokbokki:

1. Tumis bawang bombay sampai harum, masukkan semua bahan saus kecuali larutan maizena dan daun bawang.

2. Masak sampai mendidih dan masukkan irisan kue beras.

3. Masukkan larutan maizena jika sudah mendidih.

4. Tambahkan daun bawang dan aduk rata.

5. Masak sebentar dan tteokbokki siap disajikan.

 

6 dari 6 halaman

Cara membuat saus gochujang

Gochujang atau pasta cabai merah adalah bumbu fermentasi yang gurih, manis, dan pedas, populer dalam masakan Korea. Saus ini dibuat dari cabai bubuk , beras ketan , Meju (kedelai fermentasi) bubuk, yeotgireum (barley malt powder), dan garam.

Kurang lengkap rasanya jika tidak memakai gochujang jika ingin menciptakan rasa original beberapa makanan khas Korea. Jika kamu tidak bisa menemukan saus ini di toko, kamu bisa membuatnya sendiri.

Berikut cara membuat saus gochujangd ilansir dari pengguna Cookpad bernama Irene:

Bahan:

3,5 liter air

500 gr tempe

750 gr bubuk cabai, sangrai

750 ml madu

150 gr tepung ketan

200 gr garam kasar, sangrai

Cara membuat:

1. Iris tipis tempe, sangrai hingga kering, bisa juga dipanggang di dalam oven hingga kering. Blender halus, jika ada yang masih bergerindil atau kasar, haluskan lagi.

2. Campur air dengan tepung ketan, masak hingga mengental dan tidak ada yang menggumpal.

3. Aduk-aduk terus adonan hingga menjadi kental hingga seperti slime.

4. Tuang adonan ketan ke dalam baskom, tuang madu ke dalamnya. Aduk rata. Tuang bubuk cabai dan tempe bubuk. Aduk rata. Terakhir masukkan garam kasar dan aduk rata. Teksturnya akan sangat kental dan pekat.

5. Simpan di dalam wadah kaca yang bisa ditutup rapat. Jemur di bawah sinar matahari selama 3 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini