Sukses

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Tepat untuk Pemula

Cara mengetik 10 jari bisa membuat kamu lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengetik 10 jari bisa membuat kamu lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Mengetik 10 jari membuat kamu bisa menggunakan keyboard komputer secara efisien. Orang yang terampil mengetik 10 jari akan bisa mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard.

Cara mengetik 10 jari tentunya tidak bisa didapatkan secara instan. Kamu perlu melakukan latihan sesering mungkin agar terbiasa. Selain itu, posisi jari yang benar juga sangat menentukan jika kamu ingin mengetik dengan cepat.

Cara mengetik 10 jari bisa kamu praktikkan setiap harinya hingga terbiasa. Posisi tangan atau jumlah huruf yang digunakan di jari yang sama sangat menentukan dalam penerapannya. Menerapkan cara mengetik 10 jari akan membuat pekerjaanmu terlihat lebih profesional.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/3/2021) tentang cara mengetik 10 jari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dasar Mengetik 10 Jari

Konsep dasar pengetikan cepat adalah meletakkan kesepuluh jari di beberapa kunci keyboard. Jari kiri ditempatkan pada kunci A, S, D dan F. Jari kanan berada pada kunci J, K, L dan titik koma. Sementara kedua jempol ada di bilah spasi.

Kamu bahkan dapat menemukan posisi kunci tanpa melihat keyboard. Tombol F dan J, tempat jari telunjuk ditempatkan, memiliki tonjolan kecil. Ini membantumu bisa merasakan di mana harus meletakkan jari telunjuk, sisa jarimu kemudian bisa disesuaikan.

Ketika sepuluh jari ini ditempatkan di bilah kunci. Tiap jari punya tugas masing-masing untuk menekan bilah-bilah lain yang sudah ditentukan.

3 dari 5 halaman

Letak Jari Tangan Kiri pada Keyboard

Cara mengetik 10 jari sangat dipengaruhi oleh letak jari tangan kamu. Letak jari kanan dan kiri kamu sudah dipetakan dengan baik pada keyboard agar kamu mudah dalam cara mengetik 10 jari.

Jadi, kamu harus memahami bahwa jari-jari tanganmu memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Berikut letak jari tangan kiri pada keyboard sebagai cara mengetik 10 jari:

1. Telunjuk: Jari telunjuk sebelah kiri berfungsi untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5.

2. Jari Tengah: Jari tengah sebelah kiri digunakan untuk huruf D, E, C, dan angka 3.

3.  Jari Manis: Jari manis digunakan untuk huruf S, W, X, dan 2.

4.  Kelingking: Jari kelingking sebelah kiri diletakkan pada huruf A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.

5.  Jempol: Adapun jempok diletakan dan digunakan untuk menekan spasi.

4 dari 5 halaman

Letak Jari Tangan Kanan pada Keyboard

Selain memperhatikan letak jari tangan kiri, kamu tentunya juga perlu memperhatikan letak jari tangan kanan sebagai cara mengetik 10 jari dengan cepat. Tidak jauh berbeda dengan cara mengetik 10 jari pada tangan kiri, letak jari tangan kanan juga dibagi-bagi berdasarkan huruf dan simbol pada keyboar.

Berikut letak jari tangan kanan pada keyboard sebagai cara mengetik 10 jari:

1.  Telunjuk: Jari telunjuk harus di letakkan pada tombol huruf J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6

2.  Jari Tengah: Jari tengah bertugas menekan huruf K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)

3. Jari Manis:  Jari manis diletakkan pada huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt

4. Kelingking:  Jari kelingking diletakkan pada tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku { } / [ } , garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.

5. Jempol: Jari jempol fokus pada spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

5 dari 5 halaman

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat

Berikut adalah beberapa tip berguna untuk meningkatkan keterampilan cara mengetik 10 jari:

Fokus pada penempatan jari

Teknik yang kamu gunakan untuk mengetik selalu berperan besar dalam peningkatan kecepatan dan akurasi. Posisi tangan dan penempatan jari harus tepat jika kamu ingin mulai meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari.

Cobalah untuk tidak melihat keyboard

Kamu perlu mencoba mengetik menggunakan 10 jari tanpa melihat keyboard. Ini memang dapat membuat lebih banyak kesalahan pada awalnya. Namun, seiring waktu, ini akan menjadi trik luar biasa untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi, meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari.

Perhatikan posisi duduk dan badan

Tidak hanya letak jari, posisi badan dan duduk juga berperan penting dalam cara mengetik 10 jari. Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu punggung santai tapi tidak membungkuk. Posisi kepala jangan membungkuk atau terlalu condong ke depan. Posisi paha juga harus diperhatikan posisi yang baik adalah horizontal, sejajar dengan lantai.

Telapak kaki menapak ke tanah, jangan sampai kaki menggantung entah karena disengaja atau lantaran bangku yang terlalu tinggi. Serta ubahlah posisi duduk secara berkala selama bekerja, karena duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan ketidaknyamanan, sesekali bangun mencari udara segar kemudian duduk kembali.

Hilangkan kebiasaan buruk

Selain praktek setiap hari kamu juga harus mencoba untuk menghilangkan kebiasaan buruk mengetik dengan dua jari saja. Hal tersebut sangat tidak efektif karena mata kita biasanya harus terus melihat keyboard agar kita tidak salah menekan tombol.

Meskipun kamu bisa mengetik dengan cepat menggunakan 2 jari karena sudah terbiasa, kamu tetap harus menyingkirkan kebiasaan tersebut dan mulailah beralih ke cara yang benar.

Terus berlatih

Latihan membuat segalanya sempurna, termasuk terutama dalam hal mengetik. Ini karena mengetik sebagian besar bergantung pada memori otot dan otot-otot tersebut memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan teknik baru.

Semakin banyak kamu berlatih, semakin cepat kamu jago dalam mengetik 10 jari. Kamu bisa berlatih di berbagai situs web seperti typing.com, typeonline.co.uk, typingtutor-online.com, serta masih banyak lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini