Sukses

6 Cara Mencegah Migrain Kambuh, Jalankan Pola Hidup Sehat

Cara mencegah migrain kambuh bisa dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah migrain kambuh tentunya sangat diinginkan oleh orang yang sering mengalaminya. Bagi penderitanya migrain akan mengakibatkan nyeri kepala hebat, berdenyut, dan hanya dirasakan pada satu sisi kepala. Keluhan ini dapat bertahan hingga beberapa jam.

Kondisi yang sangat mengganggu ini tentu sangat tidak diinginkan oleh mereka yang biasa mengalami migrain. Bagi kamu yang sudah terdiagnosa dengan migrain, mungkin dokter juga sudah memberikan resep obat-obatan untuk dikonsumsi.

Selain pengobatan tersebut, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk mencegah kekambuhan migrain. Cara mencegah migrain kambuh bisa dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat.

Apalagi sejumlah faktor penyebab migrain seperti stres, kecemasan, kelelahan bekerja, dan terlalu banyak mengonsumsi obat disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Bahkan kondisi lingkungan sekitar seperti cahaya terang, suara berisik, atau bau menyengat juga bisa menjadi penyebab penyakit ini.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara mencegah migrain kambuh dari berbagai sumber, Rabu (8/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tidur Cukup

Cara mencegah migrain kambuh pertama adalah tidur yang cukup. Hampir 50 persen serangan migrain terjadi pada pagi hari, sejak pukul empat hingga sembilan pagi. Tentunya hal ini sangat mungkin mengganggu tidur kamu. Di sisi lain, tidur kurang atau jadwal tidur yang tidak teratur bisa membuat kamu lebih rentan terkena serangan migrain.

Oleh sebab itu, mulailah menerapkan hal-hal berikut ini agar tidur lebih berkualitas dan terhindar dari insomnia.

- Usahakan memiliki jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari, walaupun pada akhir pekan atau sedang liburan. Sebaiknya, kamu menargetkan tidur 7-8 jam setiap harinya.

- Pakailah kamar tidur hanya untuk tidur dan beristirahat. Sebaiknya minimalkan gangguan, misalnya hindari meletakkan TV di dalam kamar tidur. Selain itu, hindari juga penggunaan ponsel di dalam kamar.

- Pada sore dan malam hari menjelang waktu tidur, usahakan melakukan aktivitas yang santai dan menenangkan. Misalnya saja mendengarkan musik yang menenangkan, mandi air hangat, atau membaca buku.

3 dari 7 halaman

Mengontrol Asupan Makanan dan Minuman

Beberapa jenis makanan dan minuman diketahui dapat memicu migrain. Misalnya saja coklat, beberapa jenis keju, daging yang diawetkan, makanan yang mengandung ragi, ikan asap, makanan yang mengandung pengawet, alkohol (terutama anggur dan bir). Jadi, cara mencegah migrain kambuh selanjutnya adalah dengan menghindari makanan tersebut.

Penderita migrain sebaiknya setiap hari mengonsumsi makanan dari bahan-bahan segar untuk menghindari pengawet. Makanlah makanan bergizi yang mengandung sayur dan buah, sumber protein tanpa lemak, dan biji-bijian (whole grain).

Penurunan kadar gula dalam darah juga dapat menjadi pemicu migrain. Jadi, pastikan kamu makan teratur setiap harinya. Usahakan selalu makan dalam jam yang sama. Pastikan juga cukup minum setiap hari, mengingat 1/3 penderita migrain menyatakan dehidrasi juga dapat memicu migrain.

Perhatikan juga konsumsi kafein. Di satu sisi, kafein adalah salah satu zat yang digunakan dalam obat untuk mengatasi migrain. Di sisi lain, terlalu banyak kafein dapat menjadi pemicu migrain. American Migrain Foundation menyarankan pembatasan konsumsi kafein sebesar 200mg per hari.

4 dari 7 halaman

Hindari Stres

Seperti disebutkan sebelumnya, stres adalah salah satu pemicu migrain. Bahkan, stres merupakan pemicu pada hampir 70 persen penderita migrain. Oleh karena itu, cara mencegah migrain kambuh berikutnya adalah menghindari stres. Kamu dapat melakukan hal-hal berikut ini:

- Lakukan hal yang kamu sukai dan bersifat menenangkan setiap hari. Misalnya mendengarkan musik, bermeditasi, jalan santai, yoga, dan lain sebagainya.

- Bagi tugas dan pekerjaan dengan efektif. Buatlah daftar pekerjaan yang perlu dilakukan untuk membantu produktivitas. Jika memungkinkan, delegasikan tugas kamu.

- Berusaha untuk selalu berpikir positif.

- Apabila kamu merasa kewalahan, jangan ragu untuk beristirahat sejenak.

5 dari 7 halaman

Hindari Suara Bising dan Lampu Terang, dan Wangi-wangian

Suara bising, cahaya alami, lampu fluorescent, cahaya berkedip, serta beberapa jenis wewangian dapat menjadi penyebab migrain kambuh yang paling umum.

Oleh karena itu, cara mencegah migrain kambuh adalah dengan:

- Menjauhi tempat yang ramai penuh kegaduhan suara dan sorotan lampu.

- Beristirahatlah dari segala layar elektronik, ini sangat penting untuk mengistirahatkan ketegangan mata.

- Sesuaikan juga tingkat kecerahan layar pada alat digital.

- Kurangi pencahayaan yang tidak perlu di dalam ruangan. Bersantailah di kamar yang redup dan suara yang tenang.

- Gunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan.

- Saat berada dalam ruangan, usahakan untuk duduk dekat jendela serta hindari cahaya artifisial, terutama yang berkedip-kedip.

- Hindari penggunaan parfum.

- Hindari paparan dengan makanan beraroma menyengat, bensin, atau bahan kimia lainnya dengan bau yang kuat.

6 dari 7 halaman

Perhatikan Perubahan Hormon

Hormon berperan penting memengaruhi terjadinya migrain khususnya bagi para wanita. Banyak wanita cenderung mengalami migrain selama, atau tepat sebelum periode menstruasi terjadi.

Jika memang migrain sering kali muncul saat mulai menstruasi, kamu bisa mengandalkan obat pereda nyeri supaya tidak merasakan sakit kepala tersebut. Gunakan obat seperti ibuprofen atau naproxen untuk mencegah migrain timbul di hari-hari yang berisiko tinggi itu.

7 dari 7 halaman

Berolahraga Secara Rutin

Penelitian menunjukkan olahraga aerobik secara rutin dapat membantu serangan migrain lebih jarang muncul, berdurasi lebih singkat, serta nyeri yang terasa menjadi lebih ringan. Kamu dapat mencoba berjalan, berenang, atau bersepeda, misalnya.

Saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan zat kimia yang dapat memblokir sinyal nyeri menuju otak. Selain itu, olahraga membantu mencegah stres, kecemasan dan depresi, yang dapat menjadi pemicu migrain. Mereka dengan obesitas, yang dapat diatasi dengan olahraga rutin, juga lebih berisiko terkena sakit kepala kronis.

 

 

Perubahan gaya hidup ini dapat membantu mencegah migrain kambuh. Selain berbagai tips tersebut, beberapa jenis obat-obatan juga dapat dikonsumsi secara rutin untuk mencegah timbulnya migrain. Diskusikan pengobatan ini dengan dokter apabila dirasa perlu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini