Sukses

7 Manfaat Olive Oil untuk Wajah dan Cara Aman Memilihnya

Ada banyak manfaat olive oil untuk wajah yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Olive oil dianggap sebagai minyak yang cocok dengan struktur kimia minyak alami kulit. Ini membuat banyak orang menggunakan manfaat olive oil untuk wajah.

Manfaat olive oil untuk wajah dipercaya dapat melembapkan dan membuat wajah lebih bersinar. Meski begitu, manfaat olive oil untuk wajah tak bisa sembarang digunakan.

Cara memilih dan menggunakannya dengan benar sangat penting dipahami agar manfaat olive oil untuk wajah bisa didapat dengan sempurna.

Berikut manfaat olive oil untuk wajah dan cara memilihnya dengan benar, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Melembapkan kulit

Manfaat olive oil untuk wajah dikenal untuk melempabkan dan menghaluskan kulit. Olive oil adalah pelembab alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Olive oil mampu mempertahankan elastisitas kulit dan cenderung membuatnya halus, kenyal, dan bercahaya.

Minyak ini mengandung jumlah vitamin E yang baik, antioksidan yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti sinar matahari atau udara dingin. Teksturnya yang ringan menjadikan olive oil sebagai pelembap sempurna yang tidak lengket dan tahan lama serta cocok untuk semua jenis kulit.

3 dari 9 halaman

Cegah dan atasi jerawat

Olive oil telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Jika kamu rentan terhadap jerawat, menggunakan sabun yang mengandung dengan minyak zaitun dapat membantu.

Jerawat terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak (sebum) dan sel kulit mati. Menggunakan olive oil untuk mengatasi jerawat dapat membersihkan wajah dari sumbatan pori-pori ini tanpa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan oleh wajah.

4 dari 9 halaman

Kaya antioksidan dan vitamin

Olive oil juga merupakan antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah atau membalikkan kerusakan akibat radiasi ultraviolet penyebab kanker. Olive oil mengandung squalene yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis lemak dan minyak lainnya. Squalene inilah yang memberi olive oil dorongan antioksidan tambahan.

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K. yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini bermanfaat bagi kulit. Misalnya vitamin E dapar mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.

5 dari 9 halaman

Cegah penuaan dini

Ketika diterapkan pada kulit, antioksidan pada olive oil dapat mencegah penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, kulit mulai mengendur dan mengembangkan kerutan. Tanda-tanda penuaan ini bisa diperlambat dengan olive oil.

Olive oil dapat memperbaiki sel-sel kulit secara alami. Karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan. Minyak dapat dioleskan di sekitar area mata pada malam hari atau setelah paparan sinar matahari.

6 dari 9 halaman

Bantu hilangkan komedo

Olive oil adalah obat alami untuk komedo. Menggunakan olive oil di wajah akan membuka sumbat pori-pori dengan menyerap kotoran yang terkumpul sehingga komedo dapat terangkat.

Komedo terbentuk ketika sumbatan terbentuk pada pembukaan folikel rambut di kulit. Sel-sel kulit mati dan minyak yang berkumpul di pembukaan folikel kulit akan menghasilkan komedo.

7 dari 9 halaman

Bantu hapus makeup

Olive oil bisa menjadi alternatif untuk menghapus makeup. Virgin olive oil adalah alternatif yang mudah dan relatif murah untuk merek pasar. Menggunakan olive oil sebagai pembersih wajah bisa menjadi solusi alami untuk kulit sensitif yang kerap bermasalah ketika bersentuhan dengan bahan kimia.

Olive oil memecah zat-zat yang kedap air dalam riasan mata, memungkinkannya dibersihkan dengan lebih mudah. Cara menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah adalah dengan mengoleskan dan memijatnya lembut.

8 dari 9 halaman

Mengencangkan wajah

Antioksidan dalam olive oil mampu mengencangkan wajah dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Hidrasi yang cukup membuat kulit tetap kencang bercahaya.

Kamu bisa menggunakan olive oil sebagai pengencer sebagai masker. Lakukan pijatan sebentar, lalu cuci muka dengan air hangat.

9 dari 9 halaman

Cara memilih olive oil untuk wajah

Ada beragam jenis olive oil yang dijual di supermarket. Extra virgin olive oil (EVOO) adalah olahan zaitun yang aman untuk wajah. Minyak ini Minyak tidak mengalami proses pemurnian lebih lanjut selain mencuci buah, penyaringan atau sentrifugasi minyak, dan dekantasi. Minyak zaitun terbaik untuk kulit harus berusia kurang dari dua tahun. Amati tanggal kadaluarasa kemasan olive oil.

Olive oil pada kulit umumnya aman. Tetapi, seperti kebanyakan produk, ada risiko kecil mengalami reaksi alergi terhadap minyak. Bicaralah dengan dokter kulit sebelum mencoba minyak zaitun pada kulit, karena ada potensi iritasi.

Anda juga harus melakukan tes tempel pada sebagian kecil kulit sebelum mengoleskan olive oil ke wajah. Oleskan minyak ke bagian belakang telinga atau lengan bagian dalam. Jika tidak ada iritasi dalam waktu 24 jam, olive oil aman digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.