Sukses

Apa itu Motivasi? Pengertian, Jenis, Sumber, dan Cara Mendapatkannya

Tiap orang pasti butuh motivasi.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu motivasi sering dibutuhkan untuk melakukan sesuatu. Orang sering membutuhkan motivasi untuk melakukan tugas yang tidak ingin mereka lakukan. Baik itu untuk bekerja, belajar, saat kehilangan sesuatu, apa itu motivasi selalu dibutuhkan.

Apa itu motivasi melibatkan kekuatan biologis, emosional, sosial, dan kognitif untuk mengaktifkan suatu perilaku. Motivasi adalah kekuatan pendorong di balik tindakan manusia. Apa itu motivasi sering digunakan untuk menggambarkan mengapa seseorang melakukan sesuatu.

Dalam kehidupan sehari-hari, apa itu motivasi menjadi pemupuk semangat. Apa itu motivasi sangat terkait akan keinginan seseorang. Motivasi adalah elemen penting dalam menetapkan dan mencapai tujuan. Berikut penjelasan tentang apa itu motivasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(1/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu motivasi?

Apa itu motivasi sebenarnya berakar dari kata motif. Ia didefinisikan sebagai alasan untuk tindakan tertentu. Sinonim lain untuk motivasi termasuk inspirasi dan antusiasme. Apa itu motivasi adalah kekuatan pendorong di balik tindakan manusia.

Melansir Verywellmind, motivasi adalah proses yang memulai, membimbing, dan mempertahankan perilaku yang berorientasi pada tujuan. Apa itu motivasi membuat seseorang mau bertindak. Motivasi melibatkan kekuatan biologis, emosional, sosial, dan kognitif yang mengaktifkan perilaku.

Inti dari motivasi adalah perilaku yang diarahkan pada tujuan yang berenergi dan gigih. Melansir Positivepsychology, motivasi adalah suatu kondisi dalam diri yang menginginkan perubahan, baik dalam diri sendiri maupun lingkungan. Ketika memanfaatkan sumber energi ini, motivasi memberi orang tersebut dorongan dan arahan yang dibutuhkan untuk terlibat dengan lingkungan dalam cara yang adaptif, terbuka, dan pemecahan masalah.

3 dari 6 halaman

Sumber motivasi

Melansir Psychologytoday, orang ering memiliki banyak motif untuk terlibat dalam satu perilaku. Motivasi mungkin ekstrinsik, di mana seseorang terinspirasi oleh kekuatan luar—orang lain atau imbalan. Motivasi juga bisa bersifat intrinsik, di mana inspirasi datang dari dalam—keinginan untuk meningkatkan diri pada aktivitas tertentu.

Ketika termotivasi, seeorang akan bergerak dan mengambil tindakan. Menurut Positivepsychology, motivasi dipengaruhi oleh kepuasan kebutuhan yang diperlukan untuk mempertahankan hidup atau penting untuk kesejahteraan dan pertumbuhan.

Melansir Verywellmind, motivasi tidak hanya mengacu pada faktor-faktor yang mengaktifkan perilaku. Ia juga melibatkan faktor-faktor yang mengarahkan dan mempertahankan tindakan yang diarahkan pada tujuan ini.

4 dari 6 halaman

Jenis motivasi

Melansir Verywellmind, ada dua jenis motivasi utama. Jenis ini meliputi:

Motivasi intrinsik

Motivasi intrinsik dalah motivasi yang muncul dari dalam diri individu. Menurut Psychologytoday, motivasi intrinsik muncul bukan karena imbalan yang diantisipasi, tenggat waktu, atau tekanan dari luar. Misalnya, orang yang memutuskan untuk menjadi vegetarian. Ia melakukannya karena dirinya menyukai perasaan menjadi vegetarian itu sendiri, dan itu adalah bagian penting dari identitasnya. Motivasi intrinsik sangat kuat karena terintegrasi ke dalam identitas dan berfungsi sebagai sumber motivasi yang berkelanjutan.

Motivasi ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang muncul dari luar individu dan seringkali melibatkan penghargaan. Motivasi ekstrinsik adalah alasan seseorang melakukan pekerjaan selain kesenangan melakukan pekerjaan itu sendiri. Contohnya seperti penghargaan, uang, pengakuan sosial, atau pujian. Motivasi ekstrinsik dapat meningkatkan motivasi dalam jangka pendek, tetapi seiring waktu dapat melemahkan atau bahkan menjadi bumerang.

5 dari 6 halaman

Unsur utama motivasi

Untuk bisa termotivasi dan berhasil mencapai tujuan, ada unsur yang harus dimiliki dan dilakukan. Melansir Verywellmind, memiliki keinginan saja tidak cukup untuk mencapai sesuatu. Dibutuhkan kemampuan untuk bertahan melalui rintangan dan daya tahan untuk terus berjalan meskipun ada kesulitan. Ada tiga unsur utama motivasi: aktivasi, ketekunan, dan intensitas.

Aktivasi

Aktivasi melibatkan keputusan untuk memulai suatu perilaku. Contohnya mulai untuk mendaftar beasiswa.

Kegigihan

Kegigihan adalah upaya terus menerus menuju tujuan meskipun rintangan mungkin ada. Contoh ketekunan adalah terus belajar untuk mendapatkan gelar meskipun membutuhkan investasi waktu, energi, dan sumber daya yang signifikan.

Intensitas

Intensitas dapat dilihat dari konsentrasi dan semangat yang digunakan untuk mengejar suatu tujuan. Sebagai contoh, satu siswa mungkin sukses tanpa banyak usaha, sementara siswa lain akan belajar secara teratur, berpartisipasi dalam diskusi, dan mengambil keuntungan dari kesempatan penelitian di luar kelas. Siswa pertama kurang intensitas, sedangkan yang kedua mengejar tujuan pendidikan mereka dengan intensitas yang lebih besar.

6 dari 6 halaman

Cara mendapatkan motivasi

Menemukan cara untuk meningkatkan motivasi sangat penting karena memungkinkanmu untuk mengubah perilaku, mengembangkan kompetensi, menjadi kreatif, menetapkan tujuan, menumbuhkan minat, membuat rencana, mengembangkan bakat, dan meningkatkan keterlibatan. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menumbuhkan motivasi. Berikut cara mendapatkan motivasi, dirangkum dari Verywellmind:

- Sesuaikan tujuan untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting

- Jika menangani sesuatu yang terlalu besar atau terlalu berlebihan, bagilah menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan cobalah mengarahkan pandangan untuk mencapai langkah pertama menuju kemajuan.

- Tingkatkan kepercayaan diri

- Ingatkan diri tentang apa yang dicapai di masa lalu dan di mana letak kekuatanmu

- Jika ada hal-hal yang membuatmu merasa tidak percaya diri, cobalah untuk melakukan perbaikan di area tersebut sehingga kamu merasa lebih terampil dan mampu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.