Sukses

7 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga adalah yang dapat mengembalikan elektrolit tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga adalah yang dapat mengembalikan elektrolit tubuh. Hal ini karena tubuh kamu telah menggunakan banyak gula serta kehilangan elektrolit selama berolahraga.

Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsi minuman yang dapat mengembalikan elektrolit yang hilang serta kadar gula darah ke jumlah yang normal. Proses ini disebut juga dengan recovery atau pemulihan. Proses pemulihan sangat penting agar tubuh tetap bugar dan dapat kembali beraktivitas serta berolahraga dengan optimal tanpa cedera.

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga haruslah minuman yang bermanfaat untuk kesehatan. Apalagi, tubuh tentunya memerlukan cairan yang cukup besar selama atau setelah berolahraga. Mencukupi asupan cairan merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan saat beorlahraga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/9/2020) tentang minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Kelapa dan Susu Cokelat

Air Kelapa

Air kelapa merupakan minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Hal ini bekaitan dengan kandungan air kelapa yang sangat kaya akan elektrolit dan antioksidan.

Berdasarkan sebuah penelitian, air kelapa memiliki kandungan potasium (elektrolit penting yang hilang dalam keringat yang membantu penyimpanan karbohidrat untuk energi) lima kali lebih banyak dibandingkan dengan minuman olahraga pada umumnya. Hal ini menjadikan air kelapa sebagai minuman pemulihan alami yang sangat baik.

Susu Cokelat

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga selanjutnya adalah susu cokelat. Susu cokelat sangat digemari oleh penggiat olahraga angkat beban ataupun para atlet lainnya. Rasanya yang enak dan creamy juga sebanding dengan manfaat yang diberikan.

Susu cokelat memberikan tubuh protein, kalsium, serta karbohidrat yang diperlukan untuk proses pemulihan otot dan perkembangan otot, terutama setelah olahraga yang sangat intens.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya dengan lebih optimal setelah berolahraga, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan blender dan dicampur pisang. Tambahan pisang membuat susu akan diperkaya dengan elektrolit yang diperlukan tubuh.

3 dari 4 halaman

Jus Jeruk dan Jus Ceri

Jus Jeruk

Jus merupakan minuman yang sangat baik untuk menggantikan vitamin dan mineral-mineral yang hilang saat olahraga intens. Misalnya saja jus jeruk. Gula alami yang ada di dalam jus jeruk (jeruk asli, bukan sirop atau konsentrat) cukup untuk menggantikan sebagian gula yang digunakan tubuh.

Bahkan, minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga ini juga mengandung karbohidrat dan potasium. tetapi yang membedakan dengan minuman lainnya adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang kamu ketahui, vitamin C merupakan antioksidan yang kuat.

Jus Ceri

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga berikutnya adalah jus ceri. Buah ceri kaya akan antioksidan yang berfungsi mengurangi inflamasi dan bermanfaat bagi pemulihan dan fungsi otot.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi jus ceri sebelum dan sesudah olahraga berkontribusi dalam mempercepat pemulihan otot. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan antioksidan dan berkurangnya proses peroksidasi lipid.

4 dari 4 halaman

Yoghurt, Teh Hijau, dan Air Putih

Yoghurt

Jika tidak terlalu menyukai susu coklat, kamu bisa mengganti minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga ini dengan yoghurt. Yoghurt juga dapat memberikan sejumlah protein yang penting untuk proses pemulihan tubuh.

Kamu dapat menambahkan buah-buahan ke dalam yoghurt agar lebih segar, seperti stroberi, pisang, atau blueberry. Selain kaya protein dan karbohidrat, kamu juga dapat memperoleh elektrolit dan antioksidan dari mengonsumsinya.

Teh Hijau dan Hitam

Teh hitam dan hijau bisa membantu proses oksidasi lemak. Oksidasi lemak merupakan proses memecah lemak menjadi molekul kecil menjadi energi. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang membantu membangun kekuatan otot dengan menghilangkan kelelahan secara cepat.

Selain itu, kadar antioksidan yang tinggi pada teh telah terbukti mampu mengurangi nyeri pada otot dan mengembalikan kekuatan otot lebih cepat.

Air Putih

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga yang juga aman dan sehat tentunya adalah air putih. Air putih baik untuk mengganti cairan tubuh, karena kamu akan makan dan karenanya membutuhkan air untuk membawa zat makanan. Air juga akan membantu kamu menjaga energi, stamina, dan massa otot.

Jangan lupa untuk tetap minum air putih selama dan setelah kamu berolahraga. Karena tetap saja, tubuh memerlukan cairan dalam jumlah yang cukup besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.