Sukses

Beda Masker dan Respirator untuk Cegah COVID-19, Simak Panduan CDC

Masker dan respirator adalah alat perlindungan yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Masker adalah alat kesehatan masyarakat yang penting untuk mencegah penyebaran COVID-19. Jenis pelindung serupa lainnya adalah respirator. Respirator sering salah disebut sebagai masker. Padahal keduanya adalah alat perlindungan yang berbeda.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), respirator dianggap lebih protektif dibanding masker kain dan masker sekali pakai. Ini karena pada awalnya, COVID-19 dianggap menyebar melalui tetesan dalam batuk dan bersin yang mendarat di mulut, hidung, atau mata. Kini, para ahli menemukan bahwa COVID-19 juga menyebar di udara. Partikel yang mengandung virus bisa menumpuk di udara.

Ini sebabnya peningkatan proteksi terhadap COVID-19 sangat diperlukan. Lantas, apa beda masker dan respirator? Berikut penjelasan tentang perbedaan masker dan respirator, dirangkum Liputan6.com dari CDC, Rabu (19/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu masker?

Masker dibuat untuk menahan tetesan dan partikel yang dihirup, batuk, atau bersin agar tidak terhirup. Jika pas dengan wajah, mereka juga dapat memberi perlindungan dari partikel yang disebarkan oleh orang lain, termasuk virus penyebab COVID-19.

Masker berbeda dengan respirator. Jika dilihat dari tingkat kerapatannya, respirator jauh lebih rapat dibanding masker. Sementara semua masker dan respirator memberikan beberapa tingkat perlindungan, respirator yang dipasang dengan benar memberikan tingkat perlindungan tertinggi.

3 dari 7 halaman

Apa itu respirator?

Respirator dibuat untuk melindungi dengan menyaring udara dan menempel erat di wajah untuk menyaring partikel, termasuk virus penyebab COVID-19. Mereka juga dapat menahan tetesan dan partikel yang dihirup, batuk, atau bersin sehingga tidak menyebarkannya ke orang lain.

"Respirator memiliki filtrasi yang lebih baik, dan jika dipakai dengan benar selama digunakan, dapat memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi daripada masker kain atau prosedural." ungkap CDC dalam panduannya yang diterbitkan pada Jumat(14/1/2022).

4 dari 7 halaman

Perbedaan masker dan respirator

Fungsi

Masker berfungsi menahan cairan dan memberikan perlindungan pemakainya terhadap tetesan besar, percikan, atau semprotan cairan tubuh atau cairan berbahaya lainnya. Sementara respirator berfungsi mengurangi paparan pemakai terhadap partikel termasuk aerosol partikel kecil dan tetesan besar (hanya aerosol non-minyak).

Tingkat segel

Masker memiliki tingkat segel wajah cenderung longgar. Respirator memiliki tingkat segel wajah yang ketat.

Flitrasi

Masker tidak memberi pemakainya tingkat perlindungan yang andal dari menghirup partikel udara yang lebih kecil dan tidak dianggap sebagai perlindungan pernapasan. Sementara respirator menyaring setidaknya 95% partikel di udara termasuk partikel besar dan kecil.

5 dari 7 halaman

Perbedaan masker dan respirator

Kebocoran

Kebocoran pada masker bisa terjadi di sekitar tepi masker saat pengguna bernapas. Sementara pada respirator, ketika dipasang dan dikenakan dengan benar, kebocoran kecil kemungkinannya terjadi di sekitar tepi respirator saat pengguna bernapas.

Batasan penggunaan

Masker bedah digunakan dalam sekali pakai. Ia harus dibuang setelah digunakan sekali. Respirator idealnya harus dibuang setelah setiap pertemuan dengan pasien dan setelah prosedur yang menghasilkan aerosol. Ia juga harus dibuang ketika menjadi rusak atau berubah bentuk; tidak lagi membentuk segel yang efektif pada wajah; menjadi basah atau tampak kotor; bernapas menjadi sulit; atau jika terkontaminasi dengan darah, sekret pernapasan atau hidung, atau cairan tubuh lainnya dari pasien. Menurut CDC, respirator N95 tidak boleh digunakan lebih dari 5 kali.

6 dari 7 halaman

Anjuran CDD dalam penggunaan respirator

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperbarui panduan penggunaan masker pada Jumat(14/1/2022). Panduan terbaru ini dibuat untuk menghadapi meningkatnya kasus Omicron. CDC memaparkan bahwa respirator N95 dan KN95 dapat menawarkan perlindungan terbaik terhadap Covid-19.

CDC merekomendasikan bahwa respirator N95 “bedah” berlabel khusus harus disediakan untuk digunakan oleh petugas kesehatan. Ketika dipakai secara konsisten dan benar, mereka memberikan tingkat perlindungan tertinggi dari partikel, termasuk virus yang menyebabkan COVID-19.

CDC merekomendasikan orang mempertimbangkan untuk mengenakan N95 saat merawat seseorang dengan COVID-19, jika berisiko sakit serius atau dalam pekerjaan berisiko tinggi, saat mengendarai transportasi umum untuk waktu yang lama, di ruang dalam ruangan yang ramai atau di luar ruangan jika tidak sampai tanggal vaksinasi.

National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) menyetujui banyak jenis respirator pelindung wajah yang menyaring. Yang paling banyak tersedia adalah respirator N95 , tetapi jenis lain (N99, N100, P95, P99, P100, R95, R99, dan R100).

"Respirator menyaring setidaknya 95% partikel di udara ketika disetujui oleh NIOSH." ungkap CDC.

7 dari 7 halaman

Kapan harus menggunakan respirator?

Sebuah respirator dapat dipertimbangkan dalam situasi tertentu dan oleh orang-orang tertentu ketika perlindungan yang lebih besar diperlukan atau diinginkan. Ini meliputi:

- Saat merawat seseorang yang sakit COVID-19.

- Jika berada pada peningkatan risiko penyakit parah, misalnya, orang-orang yang kekebalannya terganggu, orang dewasa yang lebih tua, dan orang-orang dengan kondisi medis tertentu yang mendasarinya .

- Saat bekerja di pekerjaan di mana seseorang berinteraksi dengan banyak orang, terutama saat tidak semua orang secara konsisten memakai masker. Misalnya, sopir bus dan pekerja toko kelontong.

- Saat naik pesawat, bus, kereta api, atau bentuk transportasi umum lainnya, terutama jika untuk waktu yang lama di atas transportasi yang padat.

- Ketika jarak fisik tidak memungkinkan atau ketika berada di tempat umum yang ramai di dalam atau di luar ruangan.

- Jika tidak mengetahui informasi terbaru tentang vaksinasi COVID-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.