Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan, Pahami Sebelum Lakukan Pemasangan

Kelebihan dan kekurangan topologi jaringan berkaitan dengan performa, biaya, skala, tujuan, dan pemanfaatan.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui kelebihan dan kekurangan topologi jaringan membuat kamu lebih memahami persiapan sebelum melakukan pemasangan perangkat komputer. Terutama bagi yang ingin memasang lebih dari satu perangkat komputer.

Menurut para ahli, topologi jaringan penting bagi sistem pertukaran informasi ketika ada lebih dari satu komputer yang perlu dihubungkan. Maka dari itu kelebihan dan kekurangan topologi jaringan harus diperhatikan, karena performanya akan berbeda-beda.

Tak hanya performa, kelebihan dan kekurangan topologi jaringan ini berkaitan pula dengan biaya, skala, tujuan, dan pemanfaatan. Ada empat topologi jaringan yang biasa digunakan yakni, bus, ring, star, dan mesh.

Berikut Liputan6.com ulas kelebihan dan kekurangan topologi jaringan dari berbagai sumber, Senin (16/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Topologi Jaringan Menurut Ahli

Umi Proboyekti

Topologi jaringan komputer menurut Umi Proboyekti adalah suatu sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melakukan tugasnya.

Contoh, dua buah komputer dapat dikatakan terhubung jika keduanya bisa saling bertukar informasi. Bentuk koneksi tersebut bisa melalui: kawat tembaga, fiber optik, gelombang mikro, satelit komunikasi.

Abdul Kadil

Topologi jaringan komputer menurut Abdul Kadil adalah suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya yaitu untuk melakukan pertukaran data.

Izaas El Said

Topologi jaringan komputer menurut Izaas El Said adalah sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, agar bisa saling berbagi informasi dan juga sumber daya yang dimilikinya.

Zymon Machajewski

Topologi jaringan komputer menurut Zymon Machajewski adalah seperangkat komputer yang saling terhubung secara bersamaan satu dengan lainnya dengan tujuan utama, yakni untuk saling berbagi sumberdaya. Internet adalah salah satu sumberdaya yang saat ini banyak digunakan di dalam suatu jaringan komputer.

Jafar Noor Yudianto

Topologi jaringan komputer menurut Jafar Noor Yudianto adalah suatu sistem yang terdiri atas sebuah beberapa komputer yang didesain untuk bisa saling berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan bisa mengakses informasi (peramban web).

Budhi Irawan

Topologi jaringan komputer menurut menurut Budhi Irawan adalah suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Kristanto

Topologi jaringan komputer menurut Kristanto adalah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain, dengan memakai satu protokol komunikasi.

Sehingga semua komputer yang saling terhubung tersebut bisa berbagi informasi, program, sumber daya dan juga bisa saling menggunakan perangkat keras lainnya secara bersamaan, misalnya printer, harddisk, lain-lain.

3 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Bus

Bus merupakan topologi jaringan pertama. Susunan jaringannya lebih sederhana dibanding topologi pengembangnya. Penginstallan jaringa harus menggunakan jaringan berbasis kabel coaxial sepanjang node client dan juga konektor. Berikut kelebihan dan kekurangan topologi jaringan bus:

Kelebihan

- Mengembangkan jaringan atau menambah workstation baru mudah

- Tidak perlu mengganggu workstation yang sudah ada ketika menambah jaringan

- Hemat kabel

- Hanya terhubung pada kabel utama

Kekurangan

- Kabel utama bermasalah, semua jaringan yang terhubung bermasalah

- Aliran data padat karena arusnya bolak-balik

- Masalah sulit dideteksi pada jaringan bus

- Sinyal menurun saat terlalu banyak perangkat

4 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Ring

Ring merupakan topologi jaringan yang berbentuk rangkaian titik yang saling berhubungan. Topologi ini membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada jenis topologi jaringan cincin, masing-masing perangkatnya berfungsi menerima dan memberikan sinyal. Berikut kelebihan dan kekurangan topologi jaringan ring:

Kelebihan

- Mudah dan cepat dibuat

- Performa jaringan stabil dan baik

- Biaya pemasangannya termasuk murah meriah

- Tidak membutuhkan banyak sumber daya kabel

Kekurangan

- Tidak cocok untuk lalu lintas jaringan padat

- Masalah pada topologi ring sangat sulit diperbaiki

- Koneksinya stabil tetapi lambat dibanding topologi lain

5 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Star

Star merupakan topologi jaringan yang biaya penanganannya tergolong menengah. Topologi bintang menggunakan hub atau switch untuk koneksi antara client satu dan lainnya.

Letak dari hub atau switch ini pun berada di tengah ataupun central. Jika ingin mengirimkan data dari satu komputer ke komputer lain, data harus mengalir terlebih dahulu pada hub atau switch. Berikut kelebihan dan kekurangan topologi jaringan star:

Kelebihan

- Memiliki tingkat keamanan cukup tinggi

- Untuk menambah perangkat komputer cukup mudah

- Menyambungkan perangkat baru mudah

- Gangguan bisa dideteksi dengan mudah

- Lebih fleksibel dari jaringan yang lain

Kekurangan

- Hub dan switch yang rusak akan berdampak pada seluruh perangkat komputer yang terhubung

- Penggunaan kabel sangat boros

- Performanya sangat bergantung pada spesifikasi hub dan switch

6 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Mesh

Mesh adalah topologi jaringan yang dikenal memiliki kecepatan eksta. Terutama kecepatan dalam pengiriman data. Topologi ini disebut sebagai jaringan jala. Semua perangkat komputer saling terhubung pada file server karenanya. Berikut kelebihan dan kekurangan topologi jaringan mesh:

Kelebihan

- Arus lalu lintas data lebih cepat dibanding jaringan lain

- Jika salah satu koneksi mengalami gangguan, tidak akan berpengaruh pada koneksi lainnya

- Kemanan terjamin

- Privasi bisa terjaga dengan baik

- Dilakukan antar komputer sekaligus

- Masalah bisa teridentifikasi dengan mudah

Kekurangan

- Biaya pemasangan mahal

- Masing-masing komputer memiliki dua jaringan yang berbeda

-  Kabel menjadi lebih boros

- Ruang penyimpanannya membutuhkan tempat lebih besar

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.