Sukses

6 Manfaat Mandi Air Hangat pada Malam Hari, Mengatasi Masalah Gatal

Manfaat mandi air hangat pada malam hari bisa memengaruhi kesehatan dan juga kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat mandi air hangat pada malam hari dapat membuat kamu tidur lebih nyenyak. Namun, kamu harus memperhatikan waktunya, jangan terlalu mepet dengan waktu tidur. Kamu disarankan untuk mandi malam beberapa jam sebelum tidur.

Ini karena suhu tubuh punya peran penting dalam mengatur ritme sirkadian, yang menjadi sinyal bagi tubuh kapan waktunya untuk tidur. Kamu sedapat mungkin harus mengatur waktu untuk mandi agar selesai sekitar satu setengah jam sebelum tidur. Dengan begitu, pada saat berbaring di tempat tidur, tubuh mempunyai waktu untuk menjadi dingin, kering, dan siap untuk tidur. 

Manfaat mandi air hangat pada malam hari bisa memengaruhi kesehatan dan juga kecantikan. Mandi air hangat memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk menenangkan tubuh, baik secara fisik, maupun secera pikiran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/10/2020) tentang manfaat mandi air hangat pada malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat pada Malam Hari

Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat mandi air hangat pada malam hari yang pertama tentunya adalah bisa membuat tidur lebih nyenyak. Beristirahat pada malam hari setelah menjalani aktivitas yang padat tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi setiap orang. Saat merebahkan diri di kasur, suhu tubuh akan turun untuk memproduksi melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak.

Oleh karena itu, mandi air hangat sebelum tidur adalah kegiatan yang sangat baik dilakukan. Mandi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh sementara untuk kemudian perlahan turun saat beradaptasi dengan hawa dingin.

Selain itu, manfaat mandi air hangat pada malam hari juga dapat menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas. Air hangat dapat membantu melemaskan otot dan membuat kamu merasa lebih santai.

Mengurangi Stres

Selain itu, manfaat mandi air hangat pada malam hari juga dapat mengurangi stres. Kamu dapat menghilangkan lelah dan stres dengan berendam menggunakan air hangat yang telah diberi sentuhan aromaterapi.

Bahkan, mandi malam hari dengan air hangat dapat menurunkan tingkat kecemasan. Sehingga nantinya memunculkan ide-ide kreatif dalam memecahkan masalah yang kamu alami.

Tidak hanya itu, menurut Jurnal Alternative and Complementary Therapies, menambahkan minyak esensial tertentu ke dalam air mandi juga dapat mempertajam ingatan dan meredakan stres.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat pada Malam Hari

Mengatasi Masalah Gatal

Mandi air hangat yang dicampur beberapa sendok minyak zaitun atau minyak kelapa dapat meredakan gatal dan kulit kering akibat psoriasis. Minyak bertindak sebagai pelembap, membantu menghilangkan sisik di kulit dan mencegahnya terkena infeksi.

Namun, sebaiknya jangan berendam lebih dari 10 menit agar kulit tak menjadi kering. Gunakan waslap untuk membasuh kulit. Aplikasikan pelembap yang disarankan oleh dokter setelah berendam.

Mengatasi Kulit Kering

Manfaat mandi air hangat pada malam hari juga dapat mengatasi kulit kering. Para peneliti menemukan kandungan avenanthramides dalam gandum yang berkhasiat mengatasi inflamasi dan gatal di kulit.

Cara menerapkannya mudah saja, tinggal meletakkan gandum murni dalam kaos kaki bersih dan kering. Ikat bagian ujungnya dengan karet, masukkan kaos kaki dalam air hangat. Berendamlah dalam air tersebut selama 15 hingga 20 menit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat pada Malam Hari

Mencegah Flu

Tidak sedikit orang yang takut dengan air saat ia sakit atau flu. Tapi tahukah kamu, mandi air hangat di malam hari bisa mencegah pilek atau flu. Mandi air hangat juga dipercaya bisa menyembuhkan flu.

Manfaat mandi air hangat pada malam hari bisa melagakan hidung yang tersumbat dan meradakan nyeri tubuh. Selain itu sensasi rileks yang ditimbulkan setelah mandi air hangat memicu pembentukan endorfin di otak.

Membantu Perawatan Kulit Wajah

Tak hanya itu, manfaat mandi air hangat pada malam hari juga menjadi momen untuk kamu melakukan perawatan wajah dengan membersihkannya secara lebih dari mandi biasa.

Menurut National Sleep Foundation, membersihkan wajah sebelum tidur bisa membantu membersihkan kulit dan mengurangi jerawat, melindungi dari kerutan, serta dapat membantu krim malam dan pelembab yang kamu gunakan bekerja lebih aktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini