Sukses

9 Penyebab Batuk Kering Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya di Rumah

Penyebab batuk kering berkepanjangan harus mulai diwaspadai dan ketahui cara mengatasi yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Batuk adalah bentuk reaksi saluran pernapasan terhadap benda asing. Biasanya disebabkan karena debu, polusi, infeksi, hingga alergi. Batuk ini bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat meski beberapa kasus tidak bisa. Bahkan, kondisinya bisa berlangsung sangat lama dan menjadi batuk kering berkepanjangan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui penyebab batuk kering berkepanjangan ini. 

Batuk kering berkepanjangan termasuk kondisi yang membahayakan. Bahkan, batuk kering ini bisa berlangsung selama dua bulan lebih. Hal ini bisa menjadi sebuah pertanda adanya kondisi kesehatan tertentu yang harus diwaspadai. Nah, penyebab batuk kering berkepanjangan ini berkaitan erat dengan sistem pernapasan dan sistem pencernaan yang bermasalah.

Ada banyak sekali faktor penyebab batuk kering berkepanjangan. Penyebab ini berkaitan pula dengan makanan yang dikonsumsi dan kualitas udara yang dihirup setiap hari. Meski begitu, batuk kering berkepanjangan bisa diringankan saat di rumah. Namun, jika kondisinya sudah tidak memungkinkan dirawat di rumah, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab batuk kering berkepanjangan dari berbagai sumber, Rabu (17/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lingkungan, Obat, dan Bronkitis

Faktor Lingkungan

Lingkungan yang tidak sehat bisa menjadi penyebab batuk kering berkepanjangan. Penderita akan mengalami iritasi pada saluran pernapasan hingga batuk kering. Faktor lingkungan ini bisa berupa asap rokok, debu, polusi, jamur, bahan-bahan kimia, dan serbuk sari. Beberapa orang juga akan lebih sensitif terhadap udara kering atau dingin.

Obat Antihipertensi

Obat antihipertensi termasuk penyebab batuk kering berkepanjangan. Hal ini disebabkan oleh kandungan penghambat reseptor ACE di dalamnya. Lebih tepatnya efek samping penggunaan obat inilah yang menyebabkan batuk kering. Beberapa contoh obatnya adalah lisinopril, enalapril, dan sebagainya.

Bronkitis Kronis

Bronkitis kronis termasuk penyebab batuk kering berkepanjangan. Peradangan pada saluran pernapasan bagian bawahlah penyebabnya. Bronkitis kronis ini biasa akan menyerang para perokok aktif.

Sebab, perokok ini sangat sering terpapar asap rokok. Bronkitis kronis juga merupakan bagian dari penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penyakit ini termasuk penyakit yang umum diderita perokok berat.

3 dari 5 halaman

GERD, Infeksi, dan Fibrosis

Refluks Asam Lambung (GERD)

GERD merupakan gangguan pada sistem pencernaan. Naiknya asam lambung ke kerongkongan hingga mengiritasinya dapat menjadi penyebab batuk kering berkepanjangan. Gejala dari batuk ini akan disertai mual dan muntah. Penderita juga akan mengalami sakit tenggorokan, sensasi panas di dada hingga bau mulut yang tidak sedap. Beberapa kasus juga akan menyebabkan penderita sulit menelan.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi saluran pernapasan atas bisa menjadi penyebab batuk kering berkepanjangan. Infeksi ini akan disertai pilek dan flu. Hingga membuat lendir atau ingus dari hidung akibat pilek turun ke tenggorokan (post nasal drip). Awalnya mungkin penderita akan mengalami batuk berdahak akut. Kemudian batuk ini akan menjadi batuk kering berkepanjangan.

Fibrosis Paru Idiopatik

Jaringan parut yang dalam paru-paru atau fibrosis paru idiopatik adalah penyebab batuk kering berkepanjangan. Jaringan parut yang bertambah tebal ini akan membuat penderita kesulitan bernapas. Penderita juga akan mengalami kelelahan. Kuku tangan dan kaki juga akan menebal. Nafsu makan penderita hilang dan mengakibatkan penurunan berat badan berlebihan.

4 dari 5 halaman

Asma, Pneumotoraks, dan Kanker

Asma

Asma termasuk penyebab batuk kering berkepanjangan. Batuk ini akan terjadi pada malam dan pagi harinya. Kondisi ini biasanya disebabkan karena pembengkakan dan penyempitan saluran udara. Penderita akan mengalami sesak napas, rasa sakit atau tertekan di dada, dan bunyi mengi saat mengeluarkan napas.

Pneumotoraks

Pneumotoraks termasuk penyebab batuk kering berkepanjangan. Kondisi ketika paru-paru mengempis secara tiba-tiba. Hal ini biasanya disebabkan cedera dada atau penyakit paru-paru. Penderita akan merasakan rasa sakit di dada yang mendadak dan sesak.

Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru bisa menjadi penyebab batuk kering berkepanjangan, meski terbilang sangat jarang. Batuk kering yang diderita akan berubah-ubah karakteristiknya. Bisa mengeluarkan suara yang berbeda sampai kondisinya menjadi lebih menyakitkan. Penderita akan memiliki suara serak, penurunan berat badan. Parahnya akan berakibat pada batuk berdarah, sesak napas, dan rasa sakit di dada.

5 dari 5 halaman

Meredakan Batuk Kering Berkepanjangan di Rumah

Batuk kering berkepanjangan ini bisa diredakan di rumah. Meski begitu, jika kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dirawat di rumah, segera periksakan ke dokter. Agar batuk kering berkepanjangan ini tidak menjadi semakin parah dan menyebabkan komplikasi berbahaya.

Berikut cara meredakan batuk kering berkepanjangan di rumah:

1. Mengonsumsi lebih banyak cairan. Bisa dengan mulai mengonsumsi minuman hangat seperti air putih atau teh. Hal ini ditujukan untuk melegakan tenggorokan yang gatal. Sup hangat dan sayuran hangat yang lain juga bisa dijadikan pilihan.

2. Mengonsumsi permen pereda batuk kering. Hal ini bisa membantu meredakan iritasi tenggorokan yang dialami.

3. Sebaiknya mulai hindari makanan dan minuman pemicu asam lambung. Terutama bagi penderita GERD. Hindari makanan pedas, asam, mint, cokelat, dan berkafein.

4. Berhenti merokok dan hindari lingkungan perokok. Hal ini untuk menghindari asap rokok agar tidak mengendap di paru-paru.

5. Mulai jaga kelembapan udara. Hal ini ditujukan untuk membantu melancarkan saluran pernapasan. Bisa dengan mandilah air hangat dan menghirup uap air panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini