Sukses

14 Faktor Penyebab Perubahan Sosial, Lengkap dengan Pengertiannya

Perubahan sosial bisa memengaruhi kehidupan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Faktor penyebab perubahan sosial bisa memengaruhi kehidupan masyarakat. Dalam sosiologi, perubahan sosial termasuk subjek yang penting dipelajari. Faktor penyebab perubahan sosial memiliki dampak mendalam bagi masyarakat.

Faktor penyebab perubahan sosial adalah bagian dari cara interaksi dan hubungan manusia mengubah institusi budaya dan sosial dari waktu ke waktu. Sebagian besar perubahan tidak terjadi secara instan. Dalam masyarakat, faktor penyebab perubahan sosial seringkali timbul sangat lambat.

Tidak ada masyarakat yang tetap sama selamanya. Ini sebabnyak faktor penyebab perubahan sosial akan selalu ditemukan. Faktor penyebab perubahan sosial bisa memengaruhi kelompok maupun individu. Berikut faktor penyebab perubahan sosial, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (16/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian perubahan sosial

Sosiolog mendefinisikan perubahan sosial sebagai perubahan dalam interaksi dan hubungan manusia yang mengubah institusi budaya dan sosial. Perubahan ini terjadi seiring waktu dan seringkali memiliki konsekuensi yang mendalam dan berjangka panjang bagi masyarakat.

Pengertian perubahan sosial menurut Selo Soemarjan

perubahan sosial adalah segala perubahanperubahanpada lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalam nilai-nilai sikap dan pola prilaku antar kelompok-kelompok di dalam masyarakat.

Pengertian perubahan sosial menurut Kingsley Davis

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Menurutnya, timbulnya pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis telah menyebabkan perubahan dalam hubungan-hubungan antara buruh dengan majikan, dan seterusnya menyebabkan perubahan-perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik.

Pengertian perubahan sosial menurut: Robert M MacIver

Perubahan-perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.

 

3 dari 8 halaman

Faktor penyebab perubahan sosial dari dalam

Perubahan jumlah penduduk

Perubahan jumlah penduduk juga merupakan menyebaban terjadinya perubahan sosial, seperti berkuranagnya dan bertambahnya jumlah penduduk pada suatu daerah tertentu. Bertambahnya suatu penduduk pada suatu daerah dapat mengakbatkan perubahan padastruktur masyarakat, terutama mengenai lembaga-lembaga kemasyarakatan. Kehidupan masyarakat pun akan berubah karena pencampuran antara berbagai macam pola prilaku sosial dan kebudayaan begitu juga ekonomi, politik dan keamanan.

Penemuan baru

Penemuan baru juga dapat memengaruhi perubahan sosial. Penemuan yang benar-benar baru disebut discovery. Penemuan baru ini berupa alat, gagasan, atau rangkaian ciptaan. Penemuan baru apabila telah diterima dan diakui masyarakat disebut invention. Proses yang terjadi dalam discovery menjadi invention memerlukan waktu lama.

Pertentangan

Pertentangan masyarakat mungkin pada dasarnya sebab terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan. Pertentangan-pertentangan mungkin terjadi antara individu dengan kelompok, dan antar kelompok dengan kelompok.

4 dari 8 halaman

Faktor penyebab perubahan sosial dari luar

Alam

Faktor penyebab perubahan sosial dari luar bisa terjadi karena perubahan alam. Hal ini dikarenakan alam juga memiliki peranan yang snagat penting bagi kehidupan manusia. Adanya bencana alam juga merupakan faktor penyebab perubahan sosial. Hal ini bisa terjadi karena dengan adanya bencana dalam suatu masyarakat akan mengubah segala bentuk struktur dan juga sistem hidup yang direncanakan.

Perang

Peperangan dapat pula menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan karena biasanya kelompok yang menang akan memaksakan kebudayaan pada kelompok yang kalah. Perubahan sosial karena peperangan ini bisa terjadi karena melibatkan seluruh komponen masyarakat dan akan membawa perubahan dalam masyarakat tersebut, baik besar maupun kecil.

Pengaruh kebudayaan masyarakat lain

Hubungan yang dilakukan secara fisik antara dua masyarakat mempunyai kecenderungan untuk menimbulkan pengaruh timbal balik, artinya masing-masing masyarakat mempengaruhi masyarakat lainnya, tetapi juga menerima pengaruh dari masyarakat lain itu.

5 dari 8 halaman

Faktor penyebab perubahan sosial

Sosiolog Soerjono Soekanto merumuskan beberapa faktor penyebab perubahan sosial yang bisa terjadi pada masyarakat. Faktor penyebab perubahan sosial ini di antaranya adalah:

Kontak dengan kebudayaan lain

Kontak dengan kebudayaan lain atau difusi adalah penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari individu ke individu. Dengan proses ini manusia mampu menghimpun penemuan-penemuan baru yang telah dihasilkan. Dengan terjadinya difusi suatu penemuan baru yang telah diterima oleh masyarakat dapat diteruskan dan disebarkan pada masyarakat luas, sampai umat manusia di dunia dapat menikmati penggunaannya.

Sistem pendidikan formal yang maju

Pendidikan memberikan nilai-nilai tertentu bagi manusia terutama dalam membuka pikirannya serta menerima hal-hal baru dan juga bagaimana cara berpikir secara ilmiah. Pendidikan mengajarkan manusia untuk dapat berpikir secara objektif, hal tersebut akan memberikan kemampuan untuk menilai apakah kebudayaan masyarakat yang akan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan zaman atau tidak.

6 dari 8 halaman

Faktor penyebab perubahan sosial

Sikap menghargai karya orang dan keinginan untuk maju

Apabila sikap tersebut melembaga dalam masyarakat, maka masyarakat akan menjadi pendorong bagi usaha-usaha penemuan baru. Hadiah Nobel misalnya, menciptakan dorongan untuk menciptakan hasil-hasil karya yang baru.

Toleransi terhadap perbuatan menyimpang

Adanya toleransi terhadap hal ini akan berakibat perbuatan menyimpang tersebut akan melembaga, dan dapat menjadi kebiasaan terus menerus yang dilakukan masyarakat.

7 dari 8 halaman

Faktor penyebab perubahan sosial

Sistem terbuka pada lapisan masyarakat

Sistem terbuka memungkinkan adanya gerak sosial secara luas atau berarti memberi kesempatan kepada individu untuk maju atas dasar kemampuan sendiri. Dalam keadaan demikian, seseorang mungkin akan mengadakan identifikasi dengan warga-warga yang mempunyai status lebih tinggi.

Adanya penduduk yang heterogen

Masyarakat yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial yang mempunyai latar belakang kebudayaan yang berbeda, ras yang berbeda, ideologi yang berbeda, dan seterusnya mempermudah terjadinya pertentangan pertentangan yang mengundang kegoncangan-kegoncangan. Keadaan demikian menjadi pendorong bagi terjadinya perubahan-perubahan dalam masyarakat.

8 dari 8 halaman

Faktor penyebab perubahan sosial

Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang kehidupan tertentu

Ketidakpuasan yang berlangsung selama dalam sebuah masyarakat berkemungkinan besar akan mendatangkan revolusi.

Adanya orientasi ke masa depan

Adanya pemikiran-pemikiran yang mengutamakan masa-masa yang akan datang dapat merakibat munculnya perubahan dalam sistem sosial yang ada. Ini karena apa yang dilakukan harus diorientasikan pada perubahan di masa yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini