Sukses

10 Jenis-jenis Kucing yang Banyak Dipelihara di Rumah, Jinak dan Lucu

Rekomendasi jenis kucing untuk peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta Memelihara kucing bisa menjadi salah satu pereda stres dari tekanan sekolah maupun pekerjaan. Kucing juga dapat menjadi teman yang menyenangkan selama berada di rumah. Untuk mengetahui peliharaan yang tepat untuk Anda, maka lebih baik untuk mengetahui jenis-jenis kucing terlebih dahulu. 

Jenis-jenis kucing yang banyak dipelihara kurang lebih ada sepuluh. Jenis-jenis kucing ini juga dijamin jinak dan memiliki tingkah yang menggemaskan. Selain itu, disamping menyiapkan biaya adopsi, tentu saja Anda harus memperhatikan pula biaya perawatan terutama bagi kucing ras yang kadang kala bisa menguras kocek cukup dalam.

Sama halnya dengan jenis-jenis kucing yang beragam, semuanya pun memiliki keunikannya masing-masing. Hal yang paling menjadi sorotan pada umumnya adalah bulu yang dimiliki oleh si kucing. Ada yang memiliki bulu super lebat seperti persia dan anggora, ada pula yang memiliki corak unik seperti kucing bengal dan siam.

Untuk menemukan peliharaan yang pas untuk Anda, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis kucing yang biasa dipelihara. Berikut merupakan artikel selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (3/10/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jenis-jenis kucing untuk dipelihara di rumah

1. Kucing Maine Coon

Selanjutnya, ada jenis-jenis kucing Maine Coon. Kucing jenis ini merupakan salah satu ras kucing terbesar yang dapat dipelihara di rumah. Kucing Maine Coon dewasa bisa tumbuh hingga sepanjang 1,2 meter dan memiliki tinggi 40 cm.

Kucing ini banyak diminati karena perwujudannya yang nampak gagah dan sangar. Namun, kucing ini juga terlihat anggun karena memiliki surai yang panjang. Harga kucing ini terbilang cukup mahal, untuk usia 3-4 bulan bisa dibanderol mulai dari Rp8.000.000.

2. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll merupakan salah satu jenis asal Amerika Serikat. Nama dari kucing ini diambil dari sifatnya yang cenderung jinak bak boneka. Kucing Ragdoll memiliki ciri yang hampir mirip dengan Siam dan Persia. Kucing ini memiliki bentuk wajah serta pipi bulat dan sifatnya yang sangat tenang.

Kucing ini dibanderol mulai dari Rp3.500.000 hingga Rp10.000.000.

 

 

3 dari 6 halaman

Jenis-jenis kucing untuk dipelihara di rumah

3. Kucing Persia

Kucing persia merupakan salah satu dari jenis-jenis kucing yang paling umum dipelihara. Hal ini dikarenakan kucing ini memiliki rambut panjang lebat, berwajah bulat, dan bentuk hidung yang pesek yang menggemaskan. Selain itu, kucing ini juga sangat jinak dan memiliki tingkah yang menggemaskan.

Namun, untuk memelihara kucing ini, Anda harus menyiapkan anggaran yang cukup dalam. Hal ini lantaran biaya perawatannya sering kali menguras dompet. Kemudian, Anda juga harus ekstra perhatian dengan bulu-bulu lebat dari kucing persia, karena mereka memiliki keterbatasan dalam merawat dirinya sendiri. Sehingga harus sering-sering digrooming atau dimandikan.

Kucing persia asli dibanderol dengan harga yang sangat tinggi mulai dari Rp13.000.0000. Sedangkan untuk jenis campuran, mulai dari Rp500.000 saja.

4. Kucing Anggora

Selain kucing persia, ada pula kucing Anggora. Sebenarnya, kucing anggora merupakan ras kucing domestik tertua yang berasal dari Turki. Jenis-jenis kucing ini banyak diminati karena memiliki ciri khas yang sangat menonjol, yakni bulu lebat seputih salju dan bentuk telinga yang cukup lebar.

Kucing anggora asli dibanderol cukup mahal, sekitar Rp1.500.000. Sedangkan kucing anggora campuran dibanderol lebih murah, mulai dari Rp150.000.

 

 

4 dari 6 halaman

Jenis-jenis kucing untuk dipelihara di rumah

5. Kucing Domestik

Kucing domestik atau yang dikenal juga sebagai kucing kampung merupakan jenis kucing yang paling mudah ditemui di jalanan. Ketika tidak dipelihara, kucing ini biasanya akan berkeliaran disekitar pemukiman warga atau di pasar tradisional.

Berbeda dengan kucing ras yang punya karakteristik khas dan memerlukan perawatan khusus, kucing domestik tidak memiliki karakteristik dan perawatan khusus tersendiri. 

6. Kucing Munchkin

Berbeda dengan kucing-kucing di atas yang cenderung memiliki badan besar setelah dewasa, kucing Munchkin akan tetap mungil meskipun pertumbuhannya sudah maksimal. Karakteristiknya sangat kentara dengan bentuk kaki yang pendek dan mungil.

Harga kucing Munchkin asli berkisar mulai dari Rp5.000.000. Sedangkan untuk jenis campuran mulai dari Rp900.000.

 

 

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis kucing untuk dipelihara di rumah

7. Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue merupakan salah satu jenis kucing yang termahal di Indonesia. Hal ini lantaran kucing ini memiliki habitat asli di daerah pelabuhan Arkhangelsk, Rusia.

Kucing ini memiliki karakteristik berupa bulunya yang berwarna perak biru dengan mata berwarna hijau cerah. Selain itu, berbeda dengan kucing persia, kucing jenis ini memiliki bulu yang cenderung pendek.

Kucing Russian Blue asli memiliki harga yang sangat fantastis, sekitar Rp39.000.000. Sedangkan harga campuran dibanderol mulai dari Rp900.000.

8. Kucing Bengal

Jika Anda menggemari macan tutul, maka Anda dapat memilih kucing bengal sebagai peliharaan. Kucing bengal masih satu keluarga dengan macan tutul, namun tak perlu khawatir karena kucing ini cenderung jinak dan sangat ramah ketika dipelihara.

Ciri khas utama dari kucing ini adalah bulunya yang memiliki corak seperti macan tutul. Harga kucing Bengal asli berkisar mulai dari Rp10.000.000, sedangkan untuk jenis campuran berkisar mulai dari Rp2.500.000.

 

 

6 dari 6 halaman

Jenis-jenis kucing untuk dipelihara di rumah

9. Kucing Siam

Kucing siam merupakan kucing ras oriental yang biasa ditemukan di Thailand. Kucing ini memiliki corak yang unik yakni dengan mata biru, titik gelap dibagian wajah, tubuh ramping, ekor panjang, dan bulunya pendek.

Kucing ini dibagi lagi ke dalam 3 jenis, yaitu kucing siam tradisional, kucing siam klasik, dan kucing siam modern. Harganya sendiri bisa berkisar mulai ratusan hingga jutaan rupiah. 

10. Kucing Himalaya

Kucing himalaya merupakan hasil persilangan antara kucing siam dengan kucing persia. Kucing ini memiliki ciri khas berupa tubuh gemuk besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia. Seperti kucing siam, kucing Himalaya juga memiliki bulu berwarna putih, mata berwarna biru, dan juga titik gelap di bagian wajah dan kaki.

Kucing himalaya adalah kucing yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan. Kucing ini adalah kucing yang cerdas, tenang, lembut, komunikatif, dan manis seperti kucing persia.

Untuk memastikan kucing selalu sehat, hal penting yang perlu diperhatikan asupan makanannya. Terlebih jika kucing termasuk masih kecil dan dalam masa pertumbuhan. Salah satu makanan yang bisa kamu berikan untuk kucing kesayangan adalah Muezza. Ada beberapa alasan kenapa harus memberikan Muezza untuk kucing kamu. Mulai dari kandungan nutrisi seimbang, dibuat dari bahan alami, dan punya 4 varian rasa favorit kucing.

Selain itu, Muezza merupakan makanan kucing halal sehingga bisa membuat pemilik merasa lebih tenang dan nyaman. Makanan kucing Muezza bukan hanya memperkuat tulang dan gigi saja, tapi juga mencukupi kebutuhan nutrisi lengkap dan seimbang.

Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi Instagram @muezza.feed atau langsung melakukan pemesanan Muezza Cat Food di Shopee dan Muezza Feed di Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini