Sukses

6 Cara Membersihkan Kulit Mati di Wajah yang Mudah dan Aman

Ikuti beberapa cara membersihkan kulit mati di wajah yang menggunakan bahan alami ini. Mudah dan aman dipraktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan kulit mati wajah ternyata tidak cukup jika hanya dengan membasuh wajah setiap hari. Sebab, kulit wajah sendiri terdiri dari dua lapisan yang berbeda. Lapisan pertama atau lapisan terluar disebut epidermis, lalu pada bagian lapisan selanjutnya adalah dermis. Kulit bagian dalam atau dermis, lambat laun akan mulai muncul ke permukaan menuju lapisan kulit terluar. 

Lalu, sel kulit bagian dalam tersebut akan menghabiskan siklus hidupnya di stratum corneum. Sel kulit biasanya membutuhkan waktu regenerasi setiap 25-30 hari. Ketika sudah pada tahap tersebut, maka harus dilakukan pembersihan sel kulit mati. Sebab, sel kulit mati yang menumpuk, akan menimbulkan masalah pada wajah seperti pori-pori tersumbat, wajah kusam, munculnya komedo, serta munculnya jerawat.

Ada berbagai cara membersihkan kulit mati yang mungkin ditawarkan berbagai produk kecantikan. Namun, beberapa cara membersihkan kulit mati dengan produk kecantikan yang dibuat dari bahan kimia buatan biasanya perlu resep khusus, sebab sangat berbahaya apabila terlalu berlebihan atau salah dalam proses penggunaannya.

Namun tenang saja, karena ada cara membersihkan kulit mati dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih aman bagi kulit wajah. Selain lebih aman, untuk mendapatkan bahan-bahan bakunya juga cukup mudah serta sudah pasti lebih murah. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai cara membersihkan kulit mati di wajah yang aman dan mudah dipraktikkan, Sabtu (27/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Yoghurt

Cara membersihkan kulit mati yang pertama yaitu dengan menggunakan bantuan yoghurt. Jenis minuman fermentasi ini ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan sel kulit mati. Manfaat tersebut berasal dari kandungan asam laktat yang terkandung di dalam yoghurt. Asam laktat akan membantu dalam proses pengangkatan sel kulit mati secara optimal.

Selain membantu mengangkat sel kulit mati, asam laktat juga berguna untuk mencerahkan warna kulit. Cara membersihkan kulit mati dengan bantuan yoghurt cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan yoghurt serta air mawar dengan perbandingan yang sama. Lalu, agar lebih optimal Anda bisa menambahkan 1 sendok teh vegetable glycerin.

Setelah semua bahan tercampur rata, maka Anda bisa mengoleskan masker ke seluruh wajah Anda. Tunggu hingga mengering lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

3 dari 7 halaman

2. Teh Hijau

Cara membersihkan kulit mati selanjutnya juga dapat menggunakan bahan yang biasa Anda temukan sehari-hari, yaitu teh hijau. Apabila Anda mengonsumsi teh hijau, maka jangan terlebih dahulu teh hijau tersebut. Sebab, teh hijau tersebut meski sudah diseduh akan berguna untuk dijadikan scrub kulit.

Tekstur yang sedikit kasar pada teh hijau juga akan membantu dalam proses pengelupasan sel kulit mati pada wajah. Bahkan tidak sampai di pengelupasan sel kulit mati saja, teh hijau tersebut akan membantu kulit Anda agar lebih elastisitas serta membuat kulit tetap sehat karena memiliki kandungan antioksidan, yang tentunya akan berfungsi sebagai antiinflamasi dan antikarsinogenik.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup masukkan sekitar 2 sendok makan teh hijau bekas ke dalam mangkuk, lalu tambahkan 2 hingga 3 sendok teh madu. Setelah itu, aduk hingga memiliki tekstur seperti pasta yang kental. Oleskan pasta teh hijau tersebut ke seluruh wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan pijat lembut wajah dengan jari yang sudah dibasahi.

4 dari 7 halaman

3. Minyak Zaitun

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan campuran minyak zaitun yang diberi tambahan gula pasir. Sebab, campuran kedua bahan tersebut ternyata sangat baik untuk membersihkan sel kulit mati pada wajah. Minyak zaitun sendiri sebenarnya sangat bagus untuk melembapkan kulit, sedangkan partikel yang terkandung dalam gula akan membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Agar hasilnya lebih optimal lagi, Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan air lemon. Lalu, usapkan masker ke seluruh wajah hingga merata, dan pijat dengan lembut. diamkan sebentar selama 10 menit, lalu bilas dan keringkan dengan menggunakan kain atau handuk yang lembut.

5 dari 7 halaman

4. Kulit Jeruk

Taukah Anda, ternyata kulit jeruk bisa juga digunakan untuk membantu dalam mengelupas sel kulit mati pada wajah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari, setelah itu giling kulit jeruk yang kering hingga menjadi bubuk.

Agar lebih optimal, Anda bisa mencampurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan yoghurt tawar. Setelah dicampur rata, Anda bisa mengoleskan ke wajah dan gosok berlahan kulit wajah. Lalu diamkan selama 20 menit, setelah itu cuci hingga bersih.

Dengan sifat bubuk kulit jeruk yang cukup abrasif, maka akan berguna untuk mengelupas sel kulit mati secara alami. Selain itu, akan berguna juga untuk membantu menghilangkan kotoran pada kulit wajah. Kulit jeruk juga memilliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang melimpah dan akan berguna untuk meremajakan kulit.

6 dari 7 halaman

5. Kopi Bubuk

Dengan tekstur yang sedikit kasar, bubuk kopi akan sangat baik dalam membantu untuk membersihkan kulit mati pada wajah. Kopi bubuk, selain membantu menghilangkan kulit mati juga dapat merangsang produksi sel kulit baru. Selain itu, kopi sendiri juga memiliki kandungan flavonol yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, memperbaiki kulit rusak serta menjaga kulit tetap bercahaya.

Untuk mengangkat sel kulit mati sengan bubuk kopi cukup mudah. Caranya dengan mencampur 3 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, serta 1 sendok makan gula halus. Lalu, aduk hingga rata dan leskan masker tersebut ke wajah. Setelah dipijat lembut, diamkan selama 10 menit sebelum dibilas hingga bersih.

7 dari 7 halaman

6. Almond

Cara membersihkan kulit mati yang terakhir, Anda bisa memanfaatkan kacang almond. Kacang almond sangat kaya vitamin A dan vitamin E. Serta, memiliki kandungan lemak sehat yang berguna untuk menjaga kulit agar terlihat sehat serta awet muda.

Untuk menjadikan almond sebagai bahan membersihkan sel kulit mati, yaitu dengan merendam beberapa biji almond dalam air atau susu murni semalaman. Lalu, setelah direndam kupas kulit almond dan giling hingga menjadi pasta. Agar lebih optimal Anda bisa menmbahkan 2 sendok teh madu. Setelah itu, oleskan pasta almond ini ke wajah dan gosok perlahan hingga mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.

Cukup mudah bukan cara membersihkan kulit mati di atas? Agar mendapatkan hasil yang lebih optimal Anda bisa melakukannya 1-2 kali dalam satu minggu. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.