Sukses

Potret Pecandu Narkoba 'Zombie' Makin Parah di Philadelphia, Video Viralnya Ngeri

Rekaman mengerikan menunjukkan pecandu narkoba di Philadelphia yang efeknya jadi seperti zombie di film-film.

Liputan6.com, Jakarta Video TikTok memperlihatkan pecandu narkoba di Philadelphia dilaporkan terkait dengan zat baru yang dikenal sebagai 'tranq' semakin meluas. Video viral itu telah mengejutkan jagat maya dan banyak warganet yang mengungkapkan kesedihannya pada mereka yang terlibat.

Dilansir Liputan6.com dari New York Post, Senin (29/5/2023), video itu diambil di daerah Kensington di Philadelphia yang terkenal dengan perdagangan narkoba. New York Post melaporkan bahwa daerah tersebut telah terlihat peningkatan obat Xylazine, juga dikenal sebagai 'tranq'.

'Tranq' merupakan obat penenang mematikan yang digunakan untuk meningkatkan efek heroin, kokain, dan fentanil. Munculnya obat yang sangat membuat ketagihan itu membuat Gedung Putih menyatakannya sebagai 'ancaman yang muncul'.

Dalam video yang dibagikan oleh laman TikTok @urbanvisuals2.0, yang telah ditonton hingga 9,7 juta kali, puluhan orang terlihat tidak berdaya. Mereka tampak berjongkok dan menundukkan kepalanya dalam keadaan hampir kesurupan. Mengingatkan adegan di serial yang mengangkat tentang zombie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Epidemi overdosis obat

Melansir New York Post, Dr Rahul Gupta, Direktur Kantor Kebijakan Pengawasan Narkoba Nasional, sudah mengeluarkan peringatan bulan lalu. Pejabat kesehatan Philadelphia mengatakan kota itu sangat terpengaruh oleh epidemi.

"Xylazine telah memukul Philadelphia dengan sangat keras, menyebabkan peningkatan kematian akibat overdosis serta luka parah yang dapat menyebabkan sepsis dan amputasi," kata Departemen Kesehatan dan Dewan Kesehatan Philadelphia dalam pernyataan bersama bulan lalu.

Akibatnya, Departemen Kesehatan Masyarakat Philadelphia telah bekerja sama dengan mitra di seluruh kota untuk mengatasi aspek baru dari epidemi overdosis obat tersebut. Sementara itu, pekerja bantuan komunitas mengatakan bahwa mereka telah melihat efek mendalam dari obat tersebut secara langsung.

3 dari 4 halaman

Dampak buruk penggunaan xylazine

Berbicara kepada NPR awal tahun ini, Sarah Laurel, dari organisasi nirlaba pengurangan dampak buruk Savage Sisters, mengatakan bahwa penggunaan xylazine telah meroket dalam empat tahun terakhir.

Mereka ditinggalkan dengan individu yang memiliki borok menganga terbuka, infeksi, beberapa jaringan nekrotik, dan itu mengarah pada amputasi. Namun, dia bersikukuh bahwa obat itu tidak boleh disebut sebagai 'obat zombie'.

"Teman-teman saya bukan zombie. Mereka adalah orang-orang yang menggunakan zat-zat dan yang menjadi korban pasar narkoba kriminal dan pemalsuan pasokan. Dan saya meminta agar kita melihat beberapa tindakan di sekitar tanggapan sehingga teman-teman kita bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan."

4 dari 4 halaman

Video dan komentar warganet

@urbanvisuals2.0

#kensingtonphilly #philadelphia #philadelphia #kensington #kensingtonphiladelphia

♬ original sound - Urban Visuals 2.0

Warganet yang terkejut mengungkapkan keprihatinan mereka atas apa yang telah mereka lihat.

Satu orang menulis: "Begitu banyak pertanyaan… tapi saya tidak punya kata-kata. bagaimana ini legal atau bahkan boleh? Apa yang kamu lakukan?? Astaga. Doa untuk semua orang di video ini. Y Apakah saya menangis????"

Orang lain menambahkan: "Sangat sedih melihat kenyataan ini di dunia saat ini. Saya berdoa untuk semua orang."

Yang ketiga berkata: "Memilukan. Tidak ada yang tahu apa yang telah dilalui setiap orang yang membawa mereka ke titik ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.