Sukses

8 Cara Print Screen di Laptop dengan Keyboard, Cepat dan Praktis

Cara print screen di laptop bisa dilakukan dengan tombol keyboard saja ataupun menggunakan aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta Cara print screen di laptop tidak sulit dilakukan. Kamu tinggal menggunakan tombol yang ada di keyboard untuk mendapatkan screenshot yang ingin disimpan. Namun, mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengetahuinya.

Salah satu cara print screen di laptop yang paling mudah tentunya dengan menekan tombol print screen di keyboard. Selain itu, kamu juga bisa memencet kombinasi tombol keyboard yang lain untuk mendapatkan screenshot.

Cara print screen di laptop bisa dilakukan dengan tombol keyboard saja ataupun menggunakan aplikasi. Setiap cara yang diterapkan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan paling tepat untuk kebutuhanmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/8/2021) tentang cara print screen di laptop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Print Screen di Laptop

Menggunakan Tombol Print Screen

Cara print screen di laptop yang pertama tentunya dengan menggunakan tombol Print Screen. Berikut langkah-langkahnya:

- Langkah Pertama: Buka halaman pada laptop atau PC yang akan kamu ambil gambarnya.

- Langkah Kedua: Tekan tombol Print Screen yang terdapat di sisi kanan atas keyboard laptop atau PC. Maka hasil screenshot akan tersimpan pada clipboard dan kamu tinggal mem-paste-nya.

- Langkah Ketiga: Buka aplikasi Paint dan tempelkan screenshot (Ctrl +V), kamu akan mendapatkan hasil screenshot dari seluruh layar. Untuk menyimpan, tinggal klik File > Save As

 

Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Cara print screen di laptop yang kedua bisa menggunakan tombol Alt + Print Screen. Tombol ini bisa membuat kamu mengambil gambar pada jendela yang sedang aktif saja, tidak seluruh layar. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Tampilkan layar yang akan diambil gambarnya. Kamu bisa membuka Microsoft Word dan minimize ukurannya.

Langkah 2: Tekan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk menyimpan gambar pada clipboard.

Langkah 3: Buka aplikasi Paint dan paste (Ctrl + V) hasil screenshot. Maka hanya jendela Micorosoft Word yang akan diambil gambarnya, tidak termasuk background layar.

3 dari 5 halaman

Cara Print Screen di Laptop

Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Cara print screen di laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol windows + print screen. Cara ini lebih praktis lagi, karena kamu tidak perlu repot-repot mengeditnya di panit lagi. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka jendela atau halaman web yang akan kamu screenshot.

Langkah 2: Tekan kombinasi tombol Windows + Print Screen dan perhatikan layar yang berkedip saat kamu mengambil screenshot.

Langkah 3: Untuk melihat hasil screenshot di komputer yang sudah disimpan, kamu tinggal pergi ke direktori C:\Users[nama user]\Pictures\Screenshots.

 

Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Kamu juga bisa menerapkan cara print screen di laptop dengan menggunakan tombol Windows + Shift + S. Hal ini dinamakan Snip & Sketch yang merupakan aplikasi bawaan Windows. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka halaman yang akan kamu screenshot.

Langkah 2: Tekan kombinasi tombol Windows + Shift + S untuk membuka aplikasi Snip & Skecth.

Langkah 3: Layar bakal berubah menjadi warna keabuan dan kursor kini juga berubah menjadi ikon "+". Sekarang kamu tinggal pilih area mana yang akan kamu screenshot.

Langkah 4: Otomatis Snip & Skecth akan merekam gambar layar dan akan muncul notifikasi yang harus kamu pilih

Langkah 5: Setelah itu, di jendela Snip & Skecth, kamu bisa menyunting dengan menambah coretan, highlighter, dan sebagainya. Jika sudah selesai, klik ikon Save di bagian atas untuk menyimpan.

4 dari 5 halaman

Cara Print Screen di Laptop

Menggunakan Snipping Tool

Ada juga cara print screen di laptop dan PC dengan menggunakan Snipping Tool. Caranya hampir sama dengan menggunakan Snip & Sketch. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka jendela yang akan di-screenshot, lalu tekan tombol Windows. Ketikkan Snipping Tool dan pilih tool tersebut.

Langkah 2: Setelah jendela Snipping Tool ditampilkan. Pilih New untuk mengambil screenshot layar laptop atau PC baru.

Langkah 3: Pilih area yang akan diambil yang ditandai dengan border tipis berwarna merah.

Langkah 4: Preview screenshot akan ditampilkan dan kamu bisa mengedit selanjutnya. Untuk menyimpan, kamu tinggal tekan File > Save As dan pilih direktori yang kamu inginkan.

 

Menggunakan PhotoScape

Cara print screen di laptop juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi PhotoScape. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Nyalakan laptop Windows 10 dan buka halaman yang akan di-screenshot. Lalu, buka aplikasi PhotoScape dan klik icon Screen Capture atau Menangkap Layar.

Langkah 2: Kemudian muncul kotak dialog yang menampilkan beberapa pilihan, seperti Menangkap Utuh Satu Layar, Menangkap Jendela, Mengkap Area dan Mengulang Tangkapan Terakhir.

Langkah 3: Setelah menentukan pilihan, semisal Menangkap Utuh Satu Layar. 5. Hasil gambar yang ditangkap akan ditampilkan, lalu bisa diedit sesuka hati dan disimpan. Selesai.

5 dari 5 halaman

Cara Print Screen di Laptop

Snip Editor

Selain snipping tool, kamu juga bisa menggunakan aplikasi khusus bernama snip editor sebagai cara print screen di laptop. Snip Editor ini memiliki kemampuan mengambil screenshot seluruh layar, area tertentu, hingga jendela aktif secara cepat.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kemampuan edit hasil screenshot secara langsung, misalnya dengan menambahkan tulisan-tulisan atau bahkan rekaman suara secara khusus.

 

Menggunakan Aplikasi Lightshot

Cara print screen di laptop juga bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, yaitu Lightshot. Berikut cara print screen menggunakan aplikasi Lightshot:

Langkah 1: Download dan install aplikasi Lightshot.

Langkah 2: Jika sudah diinstal, selanjutnya kamu tinggal menekan tombol Print Screen atau PrtSc SysRc sampai tampilan layar berubah menjadi redup.

Langkah 3: Pilih area yang kamu inginkan gambarnya dengan klik dan drag kursor.

Langkah 4: Lepaskan kursor, maka kamu telah memilih area yang hendak diambil gambarnya. Di sini kamu bisa melakukan editing seperti menambahkan coretan.

Langkah 5: Jika sudah, tekan ikon Save dan simpan pada direktori yang kamu inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini