Sukses

14 Obat Migrain Alami, Aman dan Ampuh Ringankan Gejalanya

Obat migrain alami ini terdiri dari rempah, makanan kaya vitamin B, B2, magnesium, dan senyawa antiinflamasi.

Liputan6.com, Jakarta Mengalami sakit kepala berdenyut di satu sisi saja memang menyiksa. Untuk bisa meringankan gejalanya, obat migrain alami bisa dijadikan solusi. Apalagi obat ini mudah sekali ditumukan di rumah.

Obat migrain alami ini terdiri dari rempah, makanan kaya vitamin B, B2, magnesium, dan senyawa antiinflamasi. Mengonsumsinya akan berdampak pada pengurangan frekuensi dan durasi migrain.

Migrain ringan biasanya berlangsung selama 4 jam. Untuk yang parah bisa terjadi selama satu minggu dengan frekuensi 2-4 kali. Nah, frekuensi inilah yang nantinya bisa diringankan oleh obat migrain alami.

Berikut Liputan6.com ulas obat migrain alami dari berbagai sumber, Senin (16/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Obat Migrain Alami

Telur

Telur memiliki nutrisi yang cukup kaya. Termasuk kandungan vitamin B dan B2 yang dimilikinya. Kedua vitamin ini mampu membantu mengurangi frekuensi sakit kepala.

Hal inilah yang menjadikan telur cocok dijadikan sebagai obat migrain alami. Telur menyediakan vitamin B yang mengaktifkan beta-blockers yaitu zat pencegah migrain.

Dalam dua buah telur ayam berukuran besar biasanya terkandung riboflavin sebesar 24 persen yang mampu mencukupi nutrisi asupan harian.  

Jahe

Jahe adalah rempah yang bisa digunakan sebagai obat migrain alami. Hal ini disebabkan karena jahe mengandung berbagai senyawa yang ampuh menjadi obat anti inflamasi.

Jahe dapat memblokir prostaglandin yang merupakan zat inflamasi. Gejala mual yang dialami penderita migrain juga bisa diredakan segera.

Jahe bisa dikonsumsi menjadi wedang. Agar lebih nikmat, bisa dicampur dengan teh atau lemon. Kehangatan yang diberikan jahe sangat bisa membantu melegakan.

Bayam

Bayam memang paling nikmat diolah menjadi sayur bening. Apalagi kalau lagi masuk angin, kuah bayam sangat menyegarkan dan menenangkan pencernaan.

Tak hanya untuk masuk angin, bayam juga cocok untuk obat migrain alami. Manfaat ini disebabkan karena bayam termasuk sayuran hijau gelap.

Bayam kaya vitamin B2, vitamin B6, serta omega 3. Vitamin B2 atau riboflavin terbukti efektif mengurangi frekuensi dan durasi sakit kepala karena migrain.

3 dari 7 halaman

Obat Migrain Alami

Kopi

Selama ini orang-orang hanya mengandalkan kopi untuk mengatasi kantuk karena kafein yang dimilikinya. Padahal manfaat kopi tidak hanya pencegah kantuk.

Kopi juga cocok untuk obat migrain alami. Kafeinnya dipercaya bisa membantu menghilangkan sengatan migrain.

Lalu asetaminofen dan aspirin dalam kafein dapat mengecilkan pembuluh darah bengkak di otak. Sayangnya bagi pecandu kopi, manfaat ini tak begitu berdampak.

Anggur

Buah anggur memiliki ukuran yang mungil, tetapi manis dan menyegarkan. Siapa sangka, ternyata anggur bisa digunakan untuk obat migrain alami.

Jus anggur segar dapat meringankan migrain. Dianjurkan konsumsi dua gelas jus anggur setiap hari agar terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi dapat menyebabkan volume darah turun dan mengurangi jumlah oksigen di otak. Hal inilah nantinya yang dapat memicu migrain.

4 dari 7 halaman

Obat Migrain Alami

Biji-Bijian

Biji-bijian utuh tak hanya nikmat dijadikan camilan. Biji ini bisa digunakan sebagai obat migrain alami karena kandungan yang dimilikinya.

Lebih ampuh gunakan biji-bijian utuh yang belum pernah diolah sama sekali. Biji yang belum diolah memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap.

Mulai dari vitamin B, magnesium, zat besi, tembaga, selenium, dan kalium. Kandungan ini bisa ditemukan pada gandum, beras cokelat, beras merah, beras hitam, dan oatmeal.

Garam

Garam yang bisa digunakan sebagai obat migrain alami adalah garam Himalaya. Menurut penelitian, air minum yang dicampur garam laut Himalaya dapat mengurangi rasa sakit migrain.

Garam Himalaya akan mengurangi tingkat keparahan sakit kepala akibat migrain. Termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, dan menyeimbangkan kadar serotonin dalam aliran darah.

5 dari 7 halaman

Obat Migrain Alami

Es

Es bagi sebagian orang memang bikin ngilu dan nyut-nyutan. Meski begitu jangan salah, es bisa digunakan untuk obat migrain alami. Untuk bisa merasakan manfaatnya, es bisa digunakan untuk mengompres kepala.

Para ahli berpikir es dapat mengurangi aliran darah ke bagian otak yang menyebabkan migrain. Es juga bisa membuat kepala mati rasa dan migrain tidak terasa begitu menyiksa.

Minyak Esensial

Minyak esensial ampuh dan aman untuk obat migrain alami. Menggunakannya bisa membantu meredakan gejala yang begitu menyiksa.

Minyak atsiri bisa dicampur dengan minyak kayu putih dan usapkan pada dahi. Lanjutkan pada hidung atau leher saat migrain menyerang.

Harum dan hangat kedua minyak ini bisa meredakan migrain. Jika tidak menemukan minyak atsiri dan kayu putih bisa diganti dengan peppermint, hemp oil, CBD oil, dan rosemary.

6 dari 7 halaman

Obat Migrain Alami

Magnesium

Magnesium adalah salah satu obat migrain alami. Mengonsumsinya saat migrain bisa meredakan gejala dengan memenuhi asupan magnesium otak.

Biasanya penderita migrain cenderung memiliki kadar magnesium sangat rendah dalam otak.Para ahli merekomendasikan konsumsi 400 miligram magnesium chelated, magnesium oxide, atau slow-release magnesium setiap hari.

Magnesium ini bisa didapat dari biji labu, makarel, buah ara kering, dan cokelat hitam. Meski begitu, magnesium dapat menyebabkan diare pada sebagian orang.

Minyak Thyme dan Rosemary

Gosokan minyak esensial thyme dan rosemary di bagian kepala, dahi, dan kulit dengan lembut. Lalu duduk dengan relaks selama beberapa menit.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan tahun 2010, para peneliti menemukan bahwa minyak thyme dan rosemary mengandung carvacrol. Zat ini dapat bertindak sebagai inhibitor COX-II.

Fungsinya sama seperti obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen. Tak heran jika perpaduan keduanya cocok dijadikan sebagai obat migrain alami.

7 dari 7 halaman

Obat Migrain Alami

Cukupi Cairan

Jika terjadi dehidrasi, aliran darah dan oksigen ke otak akan berkurang, berisiko sebabkan migrain. Paling tidak penuhi kebutuhan cairan dengan minum 2 liter air putih setiap hari.

Mengonsumsi cukup cairan bisa djadikan sebagai obat migrain alami sekaligus pencegahan. Jika tidak suka air putih biasa, ganti dengan memperbanyak konsumsi air putih hangat.

Jaga Kualitas Tidur

Menjaga kualitas tidur dengan baik termasuk upaya pengobatan sakit kepala secara alami. American Migraine Foundation merekomendasikan hal ini sebagai obat migrain alami.

Paling tidak upayakan menjaga waktu tidur dan waktu bangun secara teratur setiap harinya. Hindari juga aktivitas yang dapat menstimulasi pikiran di sekitar tempat tidur.

Mulai dari aktivitas menggunakan gawai atau membaca di sekitar tempat tidur. Aktivitas seperti ini dapat memberi stimulasi berlebihan pada otak, sehingga sulit untuk beristirahat pada malam hari.

Terapi

Terapi ringan bisa digunakan sebagai obat migrain alami. Terapi yang diterapkan adalah biofeedback maupun cognitive-behavioral therapy.

Kedua jenis terapi tersebut bertujuan untuk membuat kondisi tubuh lebih relaks. Lalu melatih kesadaran dalam mengatasi rasa sakit dan stres berlebihan dengan mengubah perilaku, pikiran dan perasaan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.