Sukses

Cara Mengatasi Gatal Karena Ulat Bulu, Jangan Panik

Cara mengatasi gatal karena ulat bulu tidak boleh disepelekan begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi gatal karena ulat bulu tidak boleh disepelekan begitu saja. Hal ini dikarenakan bulu ulat bulu mengandung racun khusus yang digunakan untuk mempertahankan diri dari pemangsanya. Untuk itu, kamu perlu mengenali berbagai pertolongan yang tepat alam hal ini. 

Meskipun ukurannya kecil, ulat bulu memberikan dampak yang tentunya sangat mengganggu saat terkena bulunya. Mulai dari gatal, geli, perih, bentol, bahkan hingga menimbulkan ruam dapat terjadi saat kulitmu menyentuh ulat bulu.

Cara mengatasi gatal karena ulat bulu perlu dilakukan dengan saksama. Kamu harus melakukan penanganan yang tepat sebelum mengobati rasa gatal atau keracunan. Pertolongan pertama saat terkena ulat bulu adalah tindakan yang paling penting agar tidak terjadi bahaya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/5/2020) tentang cara mengatasi gatal karena ulat bulu

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gejala saat Terkena Ulat Bulu

Sebelum mengenali cara mengatasi gatal karena ulat bulu, kamu perlu mengetahui gejala-gejala yang biasa dirasakan saat terkena ulat bulu. Setelah kulit terkena ulat bulu, biasanya akan timbul berbagai gejala pada kulit, seperti berikut:

- Muncul ruam atau bentol pada kulit yang terkena ulat bulu

- Kulit gatal, perih, kemerahan, dan bengkak

- Jika bulunya masuk mata akan menyebabkan kamu mengalami iritasi mata

- Jika bulunya masuk saluran pernapasan akan menyebabkan kamu jadi sulit bernapas dan batuk-batuk

- Jika ulat bulu tertelan akan menyebabkan muntah-muntah, iritasi mulut dan bibir, atau mengiler

3 dari 5 halaman

Pertolongan Pertama saat Terkena Ulat Bulu

Sebagai cara mengatasi gatal karena ulat bulu, kamu perlu melakukan tindakan pertolongan pertama terlebih dahulu. Berikut pertolongan pertama saat terkena ulat bulu:

- Jangan ambil ulat bulu dengan tangan telanjang jika ia tiba-tiba menempel di kulitmu. Singkirkan atau cungkil ulat dengan kertas, ranting, atau daun.

- Sebaiknya tidak memukul ulat selama masih ada di permukaan kulit. Memukul ulat hanya akan menyebarkan racunnya ke bagian tubuh kamu yang lain.

- Setelah ulat terlepas, jangan menyentuh kulit, apalagi menggaruknya.

- Berikutnya, cari selotip, lakban, atau plester bersih. Tempelkan di bagian kulit yang kena ulat dan cabut sekuatnya. Ulangi lagi beberapa kali dengan selotip yang baru. Hal ini berguna untuk mencabut sisa bulu atau duri ulat yang masih tertinggal di kulit.

- Supaya kulit benar-benar bersih dari racun ulat bulu, basuh dengan air dan sabun. Tidak perlu digosok terlalu lebar karena racunnya bisa pindah ke bagian tubuh lain. Kemudian keringkan dengan cara menepuk pelan area yang keracunan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Gatal Karena Ulat Bulu

Cara mengatasi gatal karena ulat bulu bisa segera disembuhkan. Proses penyembuhan dipengaruhi oleh spesies ulat, sistem imun tubuh, pertolongan pertama yang diberikan, hingga seberapa parah kontak kulit dengan ulat bulu.

Berikut cara mengatasi gatal karena ulat bulu:

- Kompres bagian kulit yang gatal atau sakit dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Diamkan selama 15-20 menit. Ulangi terus setiap satu jam sampai Anda merasa lebih nyaman.

- Jika kompres air es tak berpengaruh bisa dengan mengoleskan krim yang mengandung antihistamin. Namun bila keadaan sangat serius bisa konsumsi antihistamin oral dan segera ke dokter.

- Kamu juga bisa menggunakan soda kue untuk meredakan gatal dan mencegah gatal menyebar. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan soda kue dengan satu hingga dua sendok makan air hangat, kemudian aduk campuran itu hingga menjadi pasta hatta oleskan ke kulitmu yang gatal

- Jangan menggaruk kulit yang gatal. Menggaruk hanya akan menimbulkan luka dan infeksi lantaran jaringan kulit sedang bermasalah.

- Minum obat alergi misalnya cetirizine dan diphenhydramine.  

- Minum obat pereda nyeri misalnya ibuprofen atau paracetamol.

Bagi kamu yang memiliki alergi, sebaiknya segera ke dokter. Sebab, meskipun sebenarnya racun ulat bulu tidak berbahaya, orang yang memiliki alergi sangat mungkin akan terkena dampak lain selain gatal, seperti pusing hingga sesak napas.

Itulah beberapa cara mengatasi gatal karena ulat bulu yang bisa kamu terapkan.

5 dari 5 halaman

Tips Mencegah Terkena Ulat Bulu

Selain cara mengatasi gatal karena ulat bulu, kamu juga bisa mengikuti cara mencegah terkena ulat bulu. Hal ini tentunya perlu diketahui orang-orang yang beraktivitas di hutan.

Berikut tips mencegah terkena ulat bulu:

Pertama, jangan meletakkan baju, handuk, sarung, dan pakaian lainnya pada cabang atau ranting pohon. Ketika sedang melakukan kegiatan outdoor seperti berkemah, sebaiknya, hindari melakukan hal-hal ini, mengingat ulat biasa tinggal di pepohonan, baik itu di batang, daun, maupun buah.

Kedua, jika terpaksa, hindari ulat bulu dengan mengibas-ngibaskan pakaianmu kuat-kuat. Ini juga berlaku untuk kamu yang menjemur baju di rumah. Sebelum diangkat, kibaskan jemuranmmu untuk memastikan tidak ada ulat atau bulu ulat yang menempel.

Ketiga, jangan bertelanjang dada di bawah pohon. Untuk kamu yang senang melakukan kegiatan di alam bebas, usahakan untuk selalu berpakaian lengkap dan tertutup.

Keempat, bila kamu terkena ulat bulu, segera lakukan pertolongan pertama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini