Sukses

Ini Cara Selesaikan Soal Matematika dengan Cepat dan Mudah, Bikin Geleng Kepala

Cara sederhana selesaikan soal perkalian

Liputan6.com, Jakarta Pelajaran yang cukup sulit dipahami bagi kebanyakan siswa saat duduk di bangku sekolah ialah matematika. Mata pelajaran yang identik dengan hitung-hitungan dan perkalian ini tentu saja tak mudah dikerjakan bila tak memahami dengan benar. 

Mengerjakan sebuah soal matematika ternyata memiliki trik tersendiri. Meskipun soal yang tersaji cukup sederhana, namun bila kamu tak memahami bagaimana trik mengerjakan soal matematika tentu akan terasa sangat sulit.

Akan tetapi jika kamu telah memahami bagaimana mengerjakan soal dengan trik yang ada. Maka soal tersebut pun bukan menjadi masalah. Salah satu yang cukup membuat pusing dalam perhitungan matematika ialah sistem perkalian. Mungkin kamu bisa mengerjakan sistem perkalian sederhana dengan karena telah memahami dan juga mengahafal.

Namun rupanya ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjawab soal perkalian. Sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @basibanget memperlihatkan seorang siswa yang dengan mudah mengerjakan soal matematika perkalian.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @basibanget, Kamis (30/5/2019), cara sederhana yang digunakan oleh siswa tersebut bisa kamu praktikkan juga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara sederhana perkalian

Dalam video yang berdurasi 15 detik tersebut memperlihat seorang siswa yang sedang mengerjakan soal perkalian yang ada di papan tulis. Soal perkalian yang harus dikerjakan ialah perkalian 9.

Di mana banyak orang yang mungkin bisa mengerjakannya dengan berbagai teknik hitung. Mulai dari teknik menghitung dengan jari, bahkan ada juga yang menghafal.

Namun cara berbeda dilakukan oleh siswa tersebut. Ia terlihat dengan santai dan juga lancar dalam mengerjakan soal matematika. Pada keterangan yang diunggah oleh akun @basibanget tersebut juga mempertanyakan pada netizen, di umur berapa para netizen mengetahui trik tersebut.

3 dari 3 halaman

Komentar netizen

Tentu saja video yang diunggah oleh akun Twitter @basibanget tersebut mendapat berbagai komentar netizen. Bahkan tak sedikit pula yang baru mengetahui trik mengerjakan soal perkalian 9 dengan cara tersebut. Namun meski banyak yang baru mengetahui, tak sedikit pula netizen yang telah mengetahuinya dengan berbagai alasan.

"Iss aku baru tauu.. aku diajarinnya cuma pake jari.. terpana akuu ih" tulis akun @brtyhs.

"Gw klo ngitung pake jari 10 ditekuksatu trrus anjir:)" komentar akun @hmzjklrq.

"Pas SD dikasih tahu sama gurunya. Dibilangnya "9 si angka ajaib"" tulis akun @almuhtadimd.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini