Sukses

Teks Prosedur adalah Menjelaskan Urutan Langkah, Ini Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Peranan penting teks prosedur adalah memberikan informasi atau pedoman yang berurutan.

Liputan6.com, Jakarta Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan kata prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Apa itu teks prosedur? Pengertian teks prosedur adalah rangkaian kalimat yang menjelaskan urutan langkah.

“Teks prosedur adalah teks yang menjelaskan urutan langkah-langkah di mana pekerjaan tersebut dilakukan, berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya, bila mana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya,” dijelaskan oleh Ida Nuraida (2008).

Peranan penting teks prosedur adalah memberikan informasi atau pedoman yang berurutan. Informasi teks prosedur adalah disajikan dalam urutan peristiwa logis yang dipecah menjadi langkah-langkah kecil berurutan. Umumnya teks prosedur adalah disusun dengan kalimat imperatif atau perintah.

Berikut Liputan6.com ulas tentang teks prosedur lebih dalam dari berbagai sumber, Selasa (2/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah dalam penulisannya mencantumkan urutan tindakan atau langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu. Penulis menjelaskan dengan jelas perlengkapan dan peralatan apa yang digunakan dan langkah-langkah apa yang harus diikuti.

Teks prosedur adalah umumnya menyertakan satu atau lebih foto, ilustrasi, atau diagram untuk membantu pembaca memvisualisasikan, atau melihat, bagaimana melakukan langkah-langkahnya. Contoh paling umum dari teks prosedur adalah resep.

Berikut pengertian teks prosedur menurut para ahli:

1. Pengertian Teks Prosedur Menurut Ismail Masya (1994)

Pengertian teks prosedur adalah menjelaskan rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan yang merupakan urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang.

2. Pengertian Teks Prosedur Menurut Muhammad Ali (2000)

Pengertian teks prosedur adalah menjelaskan tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan tertentu.

3. Pengertian Teks Prosedur Menurut Ida Nuraida (2008)

Pengertian teks prosedur adalah menjelaskan urutan langkah-langkah dimana pekerjaan tersebut dilakukan, berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya.

4. Pengertian Teks Prosedur Menurut Mulyadi (2001)

Pengertian teks prosedur adalah menjelaskan urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Teks Prosedur

1. Menggunakan Kalimat Imperatif

Ciri-ciri teks prosedur adalah menggunakan kalimat imperative. Kalimat imperatif merupakan kalimat yang bersifat perintah. Jadi setiap langkah teks prosedur adalah harus terdapat perintah supaya pembaca dapat memahami apa yang harus dilakukan melalui perintah tersebut.

2. Menggunakan Kata Kerja Aktif

Ciri-ciri teks prosedur adalah menggunakan kata kerja aktif. Teks prosedur yang baik merupakan teks yang menggunakan kata kerja yang aktif bukan kata kerja yang pasif.

Jadi dalam prosedur menggoreng telur, kamu harus menuliskan “Anda harus menggoreng telur hingga matang”. Bukan menuliskannya, “Telurnya wajib digoreng hingga matang sama anda”

3. Penggunaan Struktur Bahasa yang Baik

Ciri-ciri teks prosedur adalah memiliki struktur bahasa yang baik. Agar teks lebih mudah untuk dipahami, struktur bahasa harus diperhatikan dengan baik.

Struktur bahasa yang harus diperhatikan mulai dari hal yang sederhana seperti konjungsi, keterangan tempat dan waktu, serta kaidah kebahasaan.

Teks prosedur adalah memuat bahasa rinci dan teliti, informatif, objektif, berisi langkah-langkah yang berkelanjutan, disertai penjelasan yang logis, dan akurat.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Teks Prosedur

1. Teks Prosedur Sedehana

Jenis teks prosedur yang pertama adalah teks prosedur sederhana. Teks prosedur sederhana ini hanya berisi dua atau tiga langkah saja, contohnya prosedur untuk mengoperasikan setrika.

Jenis teks prosedur satu ini disebut teks prosedur sederhana karena memang penyajian teksnya yang sangat simpel dan sederhana. Jadi teks ini sangatlah singkat dan hanya menyajikan bagian yang dianggap bagian benar-benar pentingnya saja.

Bagian paling awal biasanya tidak disajikan. Sebagai contoh, dalam penggunaan setrika, penjelasannya tidak dimulai dari menancap atau menghidupkan stop kontak.

2. Teks Prosedur Kompleks

Jenis teks prosedur selanjutnya adalah teks prosedur kompleks. Teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembayaran tilang oleh polisi.

Bahkan, biasanya terkadang terdapat sub-langkah dalam suatu langkah dalam jenis teks prosedur satu ini. Langka-langkah dalam proses penggunaan setrika misalnya, disajikan dengan sangat detail sehingga langkah-langkah tersebut dapat langsung kamu ikuti dengan sama persis dan lebih mudah untuk dipahami.

3. Teks Prosedur Protokol

Jenis teks prosedur lainnya adalah teks prosedur protokol. Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya dalam membaut sup, kamu bebas memilih untuk memotong wortel atau kentang terlebih dahulu, karena bahan-bahan tersebut nantinya akan dimasukkan secara bersamaan.

Jenis teks prosedur ini bersifat lebih fleksibel. Hal tersebut dikarenakan urutan langkahnya dapat diubah atau di bolak-balikkan. Walaupun kamu membolak-balikkan langkah tersebut, kamu tetap dapat memperoleh hasil yang baik. memindah-mindahkan urutan dari langkah-langkah dalam teks prosedur protokol ini tidak menjadi masalah, karena tidak mempengaruhi hasil nantinya.

5 dari 6 halaman

Struktur Penyusunan Teks Prosedur

1. Tujuan

Bagian pertama dari sebuah teks prosedur adalah tujuan. Pada bagian ini disajikan tujuan dibuatnya teks prosedur, sehingga pembaca dapat mengetahui untuk apa teks tersebut dibuat.

Contohnya tertulis tujuannya adalah supaya pembaca dapat membuat takoyaki dengan cita rasa yang sangat lezat. Sehingga pembaca akan tertarik untuk mencobanya. Hal tersebut dikarenakan mereka berpikir bahwa dengan mengikuti teks tersebut, mereka dapat berhasil membuat takoyaki yang lezat.

2. Material

Material merupakan bagian kedua dari struktur teks prosedur. Pada bagian ini disajikan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menjalani langkah-langkah yang ada di teks prosedur tersebut.

Sebenarnya, bagian material ini tidak dimiliki semua teks prosedur. Ada teks prosedur yang memang memerlukan bagian ini dan juga ada pula yang memang tidak memerlukannya.

Sebagai contoh, dalam membuat burger disajikan bahan untuk membuat burger berupa roti, tomat, daging, dan sebagainya. Namun, apabila teks prosedurnya bertujuan supaya pembaca dapat menggunakan motor maka bagian ini tidak diperlukan. Hal tersebut dikarenakan kita tidak memerlukan bahan apapun untuk menghidupkan ataupun mengoperasikan motor.

3. Langkah-Langkah

Selanjutnya, bagian utama dari struktur teks prosedur adalah bagian langkah-langkah. Hal tersebut dikarenakan di bagian inilah pembaca yang sama sekali tidak mengerti awalnya dalam melakukan suatu hal perlahan-lahan dibuat menjadi bisa dalam melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu, bagian ini harus dibuat dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti oleh pembaca, agar mendapatkan hasil yang baik pula nantinya.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Prosedur

1. Resep

Resep adalah teks universal. Resep merupakan teks prosedur yang paling banyak ditemui. Resep memaparkan cara memasak sesuatu, lengkap dengan bahan dan tips memasaknya.

2. Petunjuk Arah

Petunjuk arah memberi arahan bagaimana cara seseorang mencapai suatu tempat. Instruksi yang sangat spesifik termasuk nama dan judul lokasi. Bahasa formal diperlukan dan penambahan peta akan membuat instruksi lebih mudah dimengerti.

3. Instruksi

Instruksi memaparkan bagaimana seseorang melakukan sesuatu. Contohnya seperti instruksi olahraga yang benar, atau instruksi parkir kendaraan di suatu tempat.

4. Aturan untuk Game

Teks prosedur juga bisa ditemukan dalam permainan game. Ini menunjukkan bagaimana cara memainkan game tersebut.

5. Buku Manual

Buku manual termasuk teks prosedur yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Buku manual biasanya menjelaskan bagaimana cara mengoperasikan sesuatu. Manual juga bisa berisi apakah ada peringatan yang perlu diwaspadai saat menggunakan alat tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.