Sukses

10 Cara Memulai Usaha Online Sendiri Tanpa Modal, Simak Tips Suksesnya

Kunci utama dari cara memulai usaha online sendiri tanpa modal, yakni meyakinkan diri sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Cara memulai usaha online sendiri tanpa modal adalah bisa memilih menjadi seorang reseller. Reseller merupakan seorang pembisnis yang mampu menjual banyak produk tanpa memiliki produk atau menyetok barang dagangan.

Penasaran dengan cara memulai usaha online sendiri tanpa modal ini? Sama seperti kegiatan jual beli dan usaha lainnya. Cara memulai usaha online sendiri tanpa modal tetap berkutik pada metode pemasarannya. Mampu menggaet banyak pelanggan sama dengan mendapat banyak keuntungan.

Kunci utama dari cara memulai usaha online sendiri tanpa modal, yakni meyakinkan diri sendiri. Jangan hanya mengikuti kegiatan usaha yang sudah ada, tetapi mulai berpikir “out of the box” agar bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Berikut Liputan6.com ulas cara memulai usaha online sendiri tanpa modal dari berbagai sumber, Sabtu (14/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memulai Usaha Online Sendiri Tanpa Modal

1. Cari Produk yang Menarik

Cara memulai usaha online sendiri tanpa modal di mulai dengan mencari produk menarik untuk dijual. Produk yang menarik dan sedang banyak diminati memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Jika untung yang didapat hanya sedikit, bukan lagi menjadi masalah. Meski untung sedikit jika produk laris terjual maka untungnya juga menjadi berlipat ganda.

Selain memilih produk yang menarik, cara memulai usaha online sendiri tanpa modal mulai pelajari dan pahami produk yang akan dijual ini. Tujuannya agar ketika ada pelanggan yang menanyakan, reseller juga bisa lebih pintar menjawabnya. Pelanggan juga akan menjadi lebih puas dengan pengalaman belanja bersama reseller. Intinya adalah reseller harus memahami kelebihan dan kekurangan produk yang akan dijualnya.

2. Pilih Rekan Terpercaya

Cara memulai usaha online sendiri tanpa modal kedua, carilah rekan yang bisa dipercaya dan baik hatinya. Selain itu, pilihlah yang benar-benar berkualitas. Semakin berkualitas rekan yang dipilih, maka kekhawatiran akan produk yang ditawarkan tidak lagi mengganggu pikiran. Jika sudah, cara memulai usaha online sendiri tanpa modal berikutnya cobalah untuk lebih banyak mencari lebih dari satu rekan atau produsen.

3. Melakukan Riset

Riset perlu dilakukan untuk memastikan bahwa rekan yang akan diajak kerja sama benar-benar terpercaya. Ini cara memulai usaha online sendiri tanpa modal paling penting karena bisa meyakinkan diri juga. Coba amati toko, produk, dan komentar yang diberikan di online shopnya/media sosialnya. Pastikan bahwa review yang diberikan kepada produk adalah benar dan bukan review bayaran. Review produk yang benar pasti akan lebih spesifik penuturannya dan tidak dilebih-lebihkan.

4. Membuat Kesepakatan

Buatlah kesepakatan karena ini tahapan paling penting dari cara memulai usaha online sendiri tanpa modal. Jadi, pastikan untuk membuat kesepatan dengan rekan tentang produk sejak awal. Buat pula kesepakatan di awal tentang keuntungan, kerugian, dan biaya pengiriman.

Jika ingin memulai usaha online sendiri tanpa modal, komunikasikan sejak awal. Komunikasikan bahwa pembayaran barang dilakukan setelah produk terjual. Lakukan pendekatan dan pengakraban. Jika rekan ini bisa didekati dan lebih diakrabi, modal yang dikeluarkan semakin tidak perlu dipusingkan.

5. Mulai Rencanakan Pemasaran

Jika sudah membuat kesepakatan, cara memulai usaha online sendiri tanpa modal selanjutnya memikirkan pemasaran. Pemasaran produk juga harus dikuasai oleh reseller. Kalau bisa, reseller harus lebih pandai menjual produknya. Reseller akan mendapat keuntungan berlimpah jika bisa menjual produk lebih banyak.

Usahakan untuk menetapkan harga jual sebelum bersepakat menjadi reseller. Cara memulai usaha online sendiri tanpa modal, pastikan bahwa potongan harga yang diberikan oleh rekan atau produsen sudah adil. Nah, jika mendapat produsen yang tidak ingin memberikan potongan sama sekali lebih baik mencari produsen lain. Itu artinya cara menjadi reseller tanpa modal tidak bisa dilakukan.

Hal pokok:

- Harga jual yang ingin tetapkan

- Kompetitor yang ada di lapangan

- Lokasi penjualan produk

- Memasarkan produk

3 dari 4 halaman

Cara Memulai Usaha Online Sendiri Tanpa Modal

6. Memilih Tempat Jualan

Memilih tempat atau toko online untuk jualan termasuk bagian dari cara memulai usaha online sendiri tanpa modal. Pilihlah ingin menjual produk secara online atau offline. Lebih disarankan untuk menjual produk secara online karena lebih mudah. Toko ini bisa dibuat di media sosial atau turut serta membuka toko di online shop ternama. Misalnya saja dengan membuka toko di tokopedia, bukalapak, shopee, dan masih banyak lagi.

7. Memperhatikan Pelayanan

Pelayanan harus dipikirakan oleh reseller. Ini bagian dari cara memulai usaha online sendiri tanpa modal. Memberikan pelayanan maksimal dan tidak mengecewakan akan membuat bisnis semakin lancar. Itu artinya penjualan akan semakin laris karena kepercayaan.

Meningkatkan pelayanan juga akan membuat rekan menyukai cara Anda berdagang. Semakin laris produk yang terjual, maka rekan akan semakin senang. Cara memulai usaha online sendiri tanpa modal semakin mudah dilancarkan.

8. Kuatkan Strategi

Mencoba berbagai strategi akan memudahkan cara memulai usaha online sendiri tanpa modal. Hal ini bisa berarti menemukan teknik baru untuk mengembangkan penjualan. Keuntungan semakin mudah didapatkan karena produk yang dibawa oleh rekan tidak akan mengalami penimbunan.

Cara memulai usaha online sendiri tanpa modal bisa gunakan Google Ads untuk menyasar calon pelanggan melalui pencarian Google. Biasanya pelanggan ini akan mencari produk melalui pencarian dengan kata kunci. Gunakan Ads Instagram untuk menyasar target demografis pelanggan. Bisa juga memasang iklan toko online pada marketplace dan memperbanyak artikel terkait produk.

9. Menjadi Penjual Informatif

Pemasaran saja tidak cukup jika informasi yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan calon konsumen. Jangan sampai pelanggan menjadi kecewa karena barang yang diinginkannya sudah habis padahal sudah terlajur membayar. Hal seperti ini bisa diatasi dengan memberikan lebih banyak informasi pada iklan. Bisa juga dicantumkan pada deskripsi lengkap produknya. Usahakan untuk selalu meng-update stok barang setiap pekan.

10. Melakukan Evaluasi

Cara memulai usaha online sendiri tanpa modal terakhir adalah melakukan evaluasi. Evaluasi ini perlu dilakukan untuk menilai sejauh mana perkembangan penjualan. Untuk menghitung untung rugi penjualan dan membuat strategi baru penjualan. Semakin sering dilakukan evaluasi, maka akan semakin berkembang penjualan yang dilakukan. Hal ini akan membuat cara memulai usaha online sendiri tanpa modal tidak perlu lagi dipusingkan.

4 dari 4 halaman

Tips Memulai Usaha dari Nol

1. Meyakinkan Diri Sendiri

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.

2. Berpikir “Out of The Box”

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya.

3. Siapkan “Visi dan Misi” Jelas

Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya, jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah Anda rintis.

4. Organisir Diri

Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha Anda. Sederhananya, jika Anda tak bisa mengorganisir diri, bagaimana Anda akan mengorganisir semua elemen bisnis Anda?

5. Rajin Membuat Catatan

Catat semua hal penting yang Anda dapat. Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang Anda hadapi saat mengelola usaha Anda. Dengan harapan, bila waktunya tiba, Anda tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda. 

6. Fokus Satu Bisnis Dulu

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

7. Siap Menghadapi Kemungkinan Terburuk

Nyali memang diperlukan untuk benar-benar terun menjadi pebisnis. Namun, itu saja tidak cukup, analisa dan siapkan diri Anda pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

8. Terbuka Terhadap Setiap Evaluasi

Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

9. Terus Belajar dan Jangan Cepat Puas

Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

10. Mental Baja

Satu kali pasti bisnis Anda akan mengalami penurunan, bahkan tidak jarang yang mengalami kebangkrutan. Jika dihadapkan pada kondisi ini, jangan memutuskan untuk berhenti. Sebab apa yang sudah dimulai sayang jika tak diselesaikan. Semua yang Anda butuhkan sudah ada di genggaman, pengalaman. Jadikan pengalaman sebagai modal berharga agar nantinya sukses bisa Anda raih.

11. Action

Hal terpenting dari membangun bisnis adalah “memulai”. Memang tidak gampang, tapi langkah pertama sangat diperlukan. Sukses bukan jatuh dari langit, ia tidak datang sendiri. Sukses didapat lewat perjalanan dan usaha tak kenal lelah. Jadi mulai pijakkan langkah pertama Anda menuju kesuksesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini