Sukses

10 Macam-Macam Metode Penelitian, Pilih Sesuai Kebutuhan

Menentukan metode penelitian menjadi langkah dasar dalam penelitian.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam metode penelitian penting diketahui sebelum memulai sebuah penelitian. Metode penelitian adalah prosedur khusus untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Macam-macam metode penelitian ini biasa digunakan untuk menulis skripsi, jurnal, tesis, dan penulisan ilmiah lainnya.

Menentukan macam-macam metode penelitian menjadi langkah dasar dalam penelitian. Macam-macam metode penelitian yang kamu pilih bergantung pada pertanyaan yang ingin kamu jawab, dan filosofi yang mendasari pandanganmu tentang penelitian.

Macam-macam metode penelitian digunakan untuk menginterpretasikan dan memaparkan fakta-fakta yang ada. Macam-macam metode penelitian yang dipilih dapat memudahkan dalam proses penelitian dari awal hingga akhir.

Berikut macam-macam metode penelitian, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (27/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Macam-macam metode penelitian

Metode penelitian eksperimen

Metode penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan untuk menguji efektif atau tidakmya variabel eksperimen. Penelitian eksperimen biasanya lebih banyak digunakan dalam bidang eksak. Ada dua jenis penelitian eksperimen, semu dan sungguhan.

Metode eksperimen semu digunakan dalam evaluasi untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan yang dapat diperoleh data sebenarnya. Penelitian ini biasanya digunakan dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengontrol dan/atau memanipulasikan variable yang relevan.

Sementara metode eksperimen sungguhan digunakan dalam evaluasi untuk mengkaji kemungkinan saling hubungan sebab-akibat. Ini dilakukan dengan cara mengenakan satu atau lebih kondisi perlakuan kepada satu atau lebih kelompok eksperimen serta membandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak dikenai kondisi perlakuan.

Metode penelitian verifikasi

Metode penelitian verifikasi merupakan penelitian yang dilakukan untuk menguji seberapa jauh sebuah tujuan tercapai atau sesuai dengan teori yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah menguji teori yang sudah ada guna menyusun teori baru dan menciptakan pengetahuan baru.

3 dari 6 halaman

Macam-macam metode penelitian

Metode penelitian deskriptif

Metode Deskriptif yaitu suatu rumusan masalah yang memadu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Metode ini bertujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat.

Metode penelitian historis

Metode Historis digunakan dalam evaluasi untuk merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif, melalui kegiatan pengumpulan, verifikasi, dan sintesis bukti-bukti dengan maksud untuk menegakkan fakta dan informasi sehingga diperoleh kesimpulan yang akurat.

4 dari 6 halaman

Macam-macam metode penelitian

Metode penelitian survei

Metode Survei digunakan dalam evaluasi untuk membuat pencanderaan secara sistematis, faktual dan akurat terhadap fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Metode penelitian survei digunakan untuk memperoleh atau mengumpulkan data informasi tentang poplasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif lebih kecil.

Penelitian survei digunakan untuk memecahkan masalah-masalah isu skala besar yang aktual dengan populasi sangat besar, sehingga diperlukan sampel ukuran besar. Dalam penelitian survei informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner.

Metode penelitian studi kasus

Metode penelitian studi kasus digunakan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan dapat digunakan baik untuk semua unit sosial seperti individu, kelompok, lembaga, komunitas maupun untuk peristiwa, keadaan, dan sebagainya.

Dalam penelitian yang menggunakan metode ini, dilakukan pemeriksaan longitudinal yang mendalam terhadap suatu keadaan atau kejadian yang disebut sebagai kasus dengan menggunakan cara-cara yang sistematis dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi, dan pelaporan hasilnya.

5 dari 6 halaman

Macam-macam metode penelitian

Metode penelitian kausal komparatif

Metode penelitian kausal komparatif juga disebut dengan penelitian ex-post facto. Metode Kausal Komperatif digunakan dalam evaluasi untuk mengetahui kemungkinan hubungan sebab-akibat dengan cara pengamatan terhadap akibat yang ada dengan mencari faktor-faktor penyebabnya.

Pendekatan dasar kausal komparatif melibatkan kegiatan peneliti yang diawali dari mengidentifikasi pengaruh variabel satu terhadap variabel lainnya, kemudian mencari kemungkinan variabel penyebabnya.

Metode penelitian korelasional

Metode Korelasional digunakan dalam evaluasi untuk mendeteksi sejauhmana variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan koefesian korelasi.

Penelitian korelasional adalah penelitian dengan tujuan untuk mendeteksi tingkat kaitan variasi-variasi yang ada dalam suatu faktor dengan variasi-variasi dalam faktor yang lain dengan berdasarkan pada koefisien korelasi.

6 dari 6 halaman

Macam-macam metode penelitian berdasarkan pengumpulan data

Metode penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data non-numerik. Penelitian kualitatif diungkapkan dengan kata-kata. Ini digunakan untuk memahami konsep, pemikiran atau pengalaman.

Data kualitatif didefinisikan sebagai data non-numerik, seperti teks, video, foto atau rekaman audio. Jenis data ini dapat dikumpulkan dengan menggunakan catatan harian atau wawancara mendalam, dan dianalisis menggunakan teori dasar atau analisis tematik.

Metode penelitian kuantitatif

Penelitian kuantitatif melibatkan proses pengumpulan dan analisis data numerik secara obyektif untuk menggambarkan, memprediksi, atau mengontrol variabel yang menarik. Penelitian kuantitatif diekspresikan dalam angka dan grafik. Ini digunakan untuk menguji atau mengkonfirmasi teori dan asumsi.

Metode kuantitatif umum meliputi eksperimen, observasi yang dicatat sebagai angka, dan survei dengan pertanyaan tertutup. Jenis penelitian ini dapat digunakan untuk menetapkan fakta yang dapat digeneralisasikan tentang suatu topik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini