Sukses

14 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Cegah Diabetes Hingga Lancarkan Pencernaan

Manfaat cengkeh untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungannya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat cengkeh patut dikenali sebagai rempah serbaguna untuk pengobatan tradisional. Cengkeh merupakan salah satu rempah khas nusantara yang biasanya digunakan dalam membuat makanan dan minuman. Hal ini berkat aroma dan rasanya yang khas, sehingga menambah kenikmatan makanan mau minuman.

Cengkeh yang memiliki nama latin Syzygium aromaticum ini berasal dari keluarga pohon Myrtaceae. Selain memiliki aroma dan rasa yang khas, cengkeh juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungannya. Dengan beragam kandungan pada cengkeh yaitu kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, zink, folat, antioksidan, tak heran cengkeh dapat menunjang kesehatan tubuh.

Manfaat cengkeh bisa didapatkan dari berbagai bagiannya. Selain daun, bunga, dan buahnya, minyak cengkeh juga sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi dan obat oles untuk meredakan berbagai penyakit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/9/2021) tentang manfaat cengkeh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat cengkeh yang pertama adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan studi yang dilakukan tahun 2006, tanaman herbal cengkeh dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang aktivitas insulin. Selain itu, dalam studi tersebut juga dikatakan bahwa konsumsi cengkeh secara teratur dapat membantu mengontrol diabetes.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain kadar gula darah, manfaat cengkeh juga dapat menurunkan kadar kolesterol seseorang. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Heart Association, cengkeh memiliki efek yang cukup signifikan dalam mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh.

Menangani Batuk Berdahak

Manfaat cengkeh untuk kesehatan lainnya adalah dapat menangani batuk berdahak. Komponen eugenol yang terdapat di dalam cengkeh merupakan ekspektoran, yang bisa membantu mengeluarkan dahak pada penderita batuk berdahak.

Meredakan Stres

Manfaat cengkeh juga dapat meredakan stres. Menghirup aroma cengkeh dapat membantu kamu merasa lebih rileks. Apalagi, komponen eugenol di dalam cengkeh merupakan relaksan otot.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat cengkeh juga dapat mengurangi bengkak pada area gigi yang terinfeksi. Hal ini berkat kandungan komponen antiradang yang dimilikinya. Bahkan, tidak hanya membunuh bakteri di dalam mulut, cengkeh juga dapat membantu menghilangkan nyeri gigi. Selain itu, manfaat cengkeh juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut.

Menjaga Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian melaporkan bahwa senyawa eugenol dalam cengkeh mampu menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, kandungan mangan dalam cengkeh diyakini dapat membantu proses pembentukan tulang. Meski begitu, manfaat cengkeh ini perlu dibuktikan secara klinis.

Meredam Nyeri Sendi

Manfaat cengkeh ini bisa didapatkan karena memiliki khasiat antinyeri dan antiradang. Bila dioleskan ke daerah yang nyeri, cengkeh dipercaya dapat memberikan sensasi hangat yang dapat membantu relaksasi otot yang cedera.

Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Masih berkaitan dengan efek antibakteri dan antinyeri yang ada di dalam cengkeh, hal ini juga membantu mengurangi nyeri tenggorokan. Tidak hanya itu, manfaat cengkeh cengkeh juga dapat mengatasi sensasi gatal saat radang tenggorokan menyerang.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat cengkeh untuk kesehatan bahkan juga baik untuk perawatan wajah kamu. Cengkeh dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk mengatasi jerawat. Hal ini berkat kandungan cengkeh yang mengandung zat antibakteri dan antiradang.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Memperlancar Pencernaan

Selain memperlancar proses pencernaan makanan, cengkeh juga membantu mengatasi kembung atau gas di dalam perut. Kandungan minyak esensial yang terdapat di dalam cengkeh juga mengurangi peradangan dan membunuh bakteri jahat di dalam perut.

Membantu Mengobati Tukak Lambung

Mengonsumsi cengkeh saat mengalami tukak lambung diduga mampu membantu mengobati kondisi tersebut. Menurut sebuah studi, minyak esensial dari cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung. Lendir lambung sendiri berfungsi sebagai penghalang asam lambung dan mencegah luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung. Akan tetapi efektivitas cengkeh sebagai obat herba untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti tukak lambung, masih perlu diteliti lebih lanjut.

Sebagai Obat Nyamuk Alami

Salah satu manfaat cengkeh untuk kesehatan adalah sebagai obat nyamuk alami. Bahkan, mengoleskan minyak cengkeh pada tubuh dapat menjauhkan kamu dari gigitan nyamuk selama 5 jam.

Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini

Sebuah penelitian menyebutkan, krim yang mengandung campuran bunga cengkeh dapat memperbaiki gejala ejakulasi dini bila dioleskan pada kulit penis. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Meningkatkan Fungsi Hati

Berkaitan dengan kandungan eugenol yang dimilikinya, manfaat cengkeh berikutnya adalah meningkatkan fungsi hati. Namun, hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya.

Walaupun manfaat cengkeh sangat baik untuk kesehatan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut. Apalagi, kadang ada beberapa efek samping yang perlu diwaspadai, yaitu reaksi alergi, gangguan hati, iritasi pada kulit dan gusi, dan lainnya. Jadi, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.