Sukses

10 Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal, Perhatikan Metode Pemasarannya

Cara menjadi reseller tanpa modal yang mudahkan penjualan.

Liputan6.com, Jakarta Reseller adalah penjual yang tidak memiliki produk sendiri. Penjual ini lebih memilih menjual produk dari toko lain tanpa menyetok barang. Meski terbilang sudah cukup untung, tetapi cara menjadi reseller tanpa modal masih banyak dicari.

Cara menjadi reseller tanpa modal tentu saja akan lebih menguntungkan. Penjual ini bahkan terbilang jauh dari kata kerugian. Jika barang tidak terjual maka tidak rugi, tetapi jika barang terjual keuntungannya melimpah ruah.

Sama seperti kegiatan jual beli lainnya. Cara menjadi reseller tanpa modal tetap berkutik pada metode pemasarannya. Metode pemasaran yang tepat, membuat kegiatan bisnis semakin mudah untuk dijalani.

Berikut Liputan6.com ulas cara menjadi reseller tanpa modal dari berbagai sumber, Kamis (9/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Produk dan Rekan

Produk

Produk yang menarik dan sedang banyak diminati memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Jika untung yang didapat hanya sedikit, bukan lagi menjadi masalah. Meski untung sedikit jika produk laris terjual maka untungnya juga menjadi berlipat ganda.

Selain memilih produk yang menarik, pelajari dan pahami produk yang akan dijual ini. Tujuannya agar ketika ada pelanggan yang menanyakan, reseller juga bisa lebih pintar menjawabnya. Pelanggan juga akan menjadi lebih puas dengan pengalaman belanja bersama reseller. Intinya adalah reseller harus memahami kelebihan dan kekurangan produk yang akan dijualnya.

Rekan

Carilah rekan yang bisa dipercaya dan baik hatinya. Selain itu, pilihlah yang benar-benar berkualitas. Semakin berkualitas rekan yang dipilih, maka kekhawatiran akan produk yang ditawarkan tidak lagi mengganggu pikiran. Jika sudah, cobalah untuk lebih banyak mencari lebih dari satu rekan atau produsen.

 

3 dari 6 halaman

Riset dan Kesepakatan

Riset

Riset perlu dilakukan untuk memastikan bahwa rekan yang akan diajak kerja sama benar-benar terpercaya. Coba amati toko, produk, dan komentar yang diberikan di online shopnya/media sosialnya. Pastikan bahwa review yang diberikan kepada produk adalah benar dan bukan review bayaran. Review produk yang benar pasti akan lebih spesifik penuturannya dan tidak dilebih-lebihkan.

Kesepakatan

Kesepakatan sebenarnya cara menjadi reseller tanpa modal yang paling penting dilakukan. Jadi, pastikan untuk membuat kesepatan dengan rekan tentang produk sejak awal. Buat pula kesepakatan di awal tentang keuntungan, kerugian, dan biaya pengiriman.

Jika ingin menjadi reseller tanpa modal, komunikasikan sejak awal. Komunikasikan bahwa pembayaran barang dilakukan setelah produk terjual. Lakukan pendekatan dan pengakraban. Jika rekan ini bisa didekati dan lebih diakrabi, modal yang dikeluarkan semakin tidak perlu dipusingkan.

4 dari 6 halaman

Pemasaran dan Tempat

Pemasaran

Jika sudah membuat kesepakatan, selanjutnya memikirkan pemasaran. Pemasaran produk juga harus dikuasai oleh reseller. Kalau bisa, reseller harus lebih pandai menjual produknya. Reseller akan mendapat keuntungan berlimpah jika bisa menjual produk lebih banyak.

Usahakan untuk menetapkan harga jual sebelum bersepakat menjadi reseller. Pastikan juga bahwa potongan harga yang diberikan oleh rekan atau produsen sudah adil. Nah, jika mendapat produsen yang tidak ingin memberikan potongan sama sekali lebih baik mencari produsen lain. Itu artinya cara menjadi reseller tanpa modal tidak bisa dilakukan.

Hal pokok:

- Harga jual yang ingin tetapkan

- Kompetitor yang ada di lapangan

- Lokasi penjualan produk

- Memasarkan produk

Tempat

Memilih tempat atau toko online untuk jualan termasuk bagian dari cara menjadi reseller online shop. Pilihlah ingin menjual produk secara online atau offline. Lebih disarankan untuk menjual produk secara online karena lebih mudah. Toko ini bisa dibuat di media sosial atau turut serta membuka toko di online shop ternama. Misalnya saja dengan membuka toko di tokopedia, bukalapak, shopee, dan masih banyak lagi.

5 dari 6 halaman

Pelayanan dan Strategi

Pelayanan

Pelayanan juga harus dipikirakn oleh reseller. Memberikan pelayanan maksimal dan tidak mengecewakan akan membuat bisnis semakin lancar. Itu artinya penjualan akan semakin laris karena kepercayaan. Meningkatkan pelayanan juga akan membuat rekan menyukai caramu berdagang. Semakin laris produk yang terjual, maka rekan akan semakin senang. Cara menjadi reseller tanpa modal semakin mudah dilancarkan.

Strategi

Mencoba berbagai strategi akan memudahkan cara menjadi reseller tanpa modal. Hal ini juga bisa berarti menemukan teknik baru untuk mengembangkan penjualan. Keuntungan semakin mudah didapatkan karena produk yang dibawa oleh rekan tidak akan mengalami penimbunan.

Gunakan Google Ads untuk menyasar calon pelanggan melalui pencarian Google. Biasanya pelanggan ini akan mencari produk melalui pencarian dengan kata kunci. Gunakan Ads Instagram untuk menyasar target demografis pelanggan. Bisa juga memasang iklan toko online pada marketplace dan memperbanyak artikel terkait produk.

6 dari 6 halaman

Informatif dan Evaluasi

Informatif

Pemasaran saja tidak cukup jika informasi yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan calon konsumen. Jangan sampai pelanggan menjadi kecewa karena barang yang diinginkannya sudah habis padahal sudah terlajur membayar. Hal seperti ini bisa diatasi dengan memberikan lebih banyak informasi pada iklan. Bisa juga dicantumkan pada deskripsi lengkap produknya. Usahakan untuk selalu meng-update stok barang setiap pekan.

Evaluasi

Evaluasi ini perlu dilakukan untuk menilai sejauh mana perkembangan penjualan. Untuk menghitung untung rugi penjualan dan membuat strategi baru penjualan. Semakin sering dilakukan evaluasi, maka akan semakin berkembang penjualan yang dilakukan. Hal ini akan membuat cara menjadi reseller tanpa modal tidak perlu lagi dipusingkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini