Sukses

Kenali Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook yang Serupa Tapi Tak Sama

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook bisa dilihat dari tampilannya.

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan laptop, notebook, dan netbook masih banyak yang belum mengetahui. Padahal penggunaan perangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kebanyakan orang di zaman sekarang.

Walaupun memiliki bentuk dan tampilan yang hampir serupa, laptop, notebook, hingga netbook memiliki berbagai perbedaan mendasar. Namun sampai sekarang masih banyak yang keliru memahaminya dan tetap menyamakan ketiganya.

Perbedaan laptop, notebook, dan netbook bisa dilihat dari tampilannya. Selain itu, ada pula perbedaan pada spesifikasi dan berat yang dimiliki, sehingga kamu bisa dengan cermat membedakan ketiga perangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/7/2019) tentang perbedaan laptop, notebook, dan netbook

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Ukuran Layar

Perbedaan pertama yang langsung bisa dilihat dari laptop, notebook, dan netbook adalah perbedaan ukuran layarnya. Melihat dari perbedaan satu ini tentunya sangat mudah dan kamu bisa langsung memahami mana yang laptop, notebook, dan netbook.

Laptop biasanya memiliki ukuran layar yang paling besar dibandingkan dengan notebook dan netbook. Biasanya Laptop memiliki ukuran layar sebesar lebih dari 17 inci. Selain itu, laptop juga menjadi yang paling tebal di antara ketiganya.

Selanjutnya, lebih kecil dari laptop yaitu notebook. Biasanya ukuran layar yang dimiliki notebook adalah sebesar 13 sampai 18 inci. Jadi ukuran notebook merupakan di tengah-tengah antara laptop yang besar dan netbook yang paling kecil.

Netbook memiliki ukuran layar yang paling kecil dibandingkan dengan laptop dan notebook. Biasanya netbook hanya memiliki ukuran layar sekitar 6 hingga 13 inci saja. Jadi dari perbedaan ukuran layar ini saja harusnya kamu sudah bisa membedakannya. 

3 dari 4 halaman

Perbedaan Berat

Perbedaan laptop, notebook, dan netbook yang kedua adalah dari segi berat. Tidak jauh berbeda dengan perbedaan ukuran layar, perbedaan berat ini juga menempatkan netbook menjadi yang paling ringan karena ukuran layarnya pun yang paling kecil. Sedangkan laptop tentunya akan menjadi yang paling berat dengan ukuran layarnya yang juga besar.

Notebook biasanya memiliki berat sekitar 1,5 kg hingga 2 kg. Hal ini tentunya membuat netbook memiliki berat yang tidak melebihi angka tersebut. Selanjutnya, laptop memiliki bobot berat yang tentunya melebihi notebook dan netbook yaitu dengan berat sekitar 2 kg atau lebih.

Namun, sekarang ini tentunya akan sangat sulit bila melihat perbedaan antara laptop, notebook, dan netbook hanya dari beratnya saja, karena berbagai perusaahn terus mengembangkan teknologinya, sehingga bisa saja laptop menjadi lebih ringan dari notebook.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Spesifikasi

Selanjutnya, perbedaan laptop, notebook, dan netbook adalah dari segi spesifikasi. Di antara ketiga perangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana ini, netbook merupakan perangkat dengan spesifikasi paling rendah.

Biasanya netbook menggunakan prosesor kelas menengah ke bawah yang tentunya menyebabkan performanya tidak begitu tinggi. Selain itu, RAM yang digunakan dalam netbook biasanya hanya berkapasitas kurang dari 2GB dengan kartu pengolah grafis yang tidak sebagus notebook maupun laptop. Selanjutnya, pada Netbook juga tidak memiliki DVD-ROM internal, sehingga kamu tidak bisa memasukkan DVD ke dalam Netbook tanpa alat bantu.

Sedangkan pada notebook, biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi daripada netbook tapi masih di bawah Laptop. Bisa dibilang spesifikasi notebook merupakan kelas menengah pada perangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana ini.

Dan terakhir, laptop memiliki spesifikasi yang biasanya lebih tinggi dari netbook dan notebook. Kadang ada juga spesifikasi laptop yang hampir sama dengan notebook, namun kebanyakan laptop sudah menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.