Sukses

Proposal Penelitian adalah Proposal dalam Bidang Akademik, Kenali Unsur-unsurnya

Proposal penelitian adalah suatu proposal yang biasanya digunakan dalam bidang akademik.

Liputan6.com, Jakarta Proposal penelitian adalah salah satu jenis proposal yang perlu kamu pahami. Selain proposal penelitian, kamu mungkin juga akrab mendengar jenis proposal lainnya, seperti proposal kegiatan, proposal bisnis, hingga proposal proyek.

Kata proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. Proposal adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok peneliti untuk diajukan kepada pihak yang dikehendaki dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam penelitiannya.

Proposal penelitian adalah suatu proposal yang biasanya digunakan dalam bidang akademik. Proposal ini diajukan sebagai kegiatan penelitian. Proposal penelitian ini contohnya seperti proposal penelitian untuk skripsi, tesis, dan lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/1/2022) tentang proposal penelitian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proposal Penelitian adalah

Proposal adalah usulan tertulis untuk melakukan suatu kegiatan, yang ditujukan pada pihak-pihak yang ada hubungannya dengan kegiatan tersebut.  Sementara itu, penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Proposal penelitian adalah jenis proposal yang diajukan sebagai kegiatan penelitian. Proposal penelitian adalah proposal yang umumnya digunakan pada bidang akademik. Jadi, lingkup pengusulan proposal penelitian berada dalam bidang sains atau akademik.

Contoh proposal penelitian adalah proposal untuk skripsi, tesis, dan lainnya. Proposal penelitian adalah dokumen yang digunakan dalam pengusulan proyek penelitian. Tujuan penulisan proposal penelitian adalah sebagai permintaan untuk mencari dana penelitian dari sponsor.

Bentuk penulisan proposal penelitian dalam suatu lembaga penelitian maupun lembaga pendidikan dapat berbeda-beda. Pemilihan bentuk penulisan proposal penelitian ditentukan oleh kesepakatan bersama yang berlaku dalam lembaga penelitian atau lembaga pendidikan tersebut.

Rancangan penelitian di dalam proposal penelitian harus memberikan prosedur yang bersifat praktis dan tepat guna. Kelayakan suatu proposal penelitian ditentukan oleh gagasan yang ditawarkan sebagai solusi atas suatu permasalahan dalam penelitian.

Evaluasi proposal penelitian ditinjau dari segi biaya dan dampak potensial dari penelitian yang diusulkan. Peninjauan kelayakan proposal penelitian juga memperhatikan tingkat kemungkinan keberhasilan dari rencana yang diusulkan untuk dilaksanakan.

Bagian awal dari proposal penelitian berisi latar belakang, masalah, tujuan, dan kegunaan penelitian. Sementara itu, bagian pendukung proposal penelitian berisi tinjauan pustaka, kerangka pikir, dan hipotesis.

3 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Proposal Penelitian

Unsur-unsur proposal penelitian adalah:

- Judul Penelitian. Judul penelitian dibuat secara ringkas, jelas, dan sesuai dengan permasalahan penelitian. Pemilihan judul tidak boleh menimbulkan ambiguitas. Judul yang menggunakan banyak kata harus dibagi menjadi dua. Satu sebagai judul utama, dan satu sebagai subjudul. Pembagian judul untuk memudahkan pemahaman terhadap pembaca atas topik penelitian. Penggunaan kata-kata klise harus dihindari dalam pemilihan judul penelitian.

- Tujuan Penelitian. Tujuan penelitian adalah uraian yang menjelaskan maksud atau tujuan diadakannya penelitian secara spesifik dan jelas. Bagian yang dijelaskan di dalam tujuan penelitian mencakup tujuan utama maupun tujuan tambahan. Segala kegiatan penelitian didasari oleh tujuan penelitian. Informasi yang disampaikan di dalam tujuan penelitian berupa pencarian jawaban terhadap masalah penelitian yang dihadapi atau diminati oleh peneliti.

- Manfaat Penelitian. Manfaat penelitian berguna sebagai pengambilan keputusan praktik dalam artian yang cukup jelas. Secara khusus, penelitian harus memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, manfaat bagi objek yang diteliti dan manfaat bagi peneliti. Sedangkan secara umum, penelitian harus memberi manfaat bagi pengembangan negara.

- Metode Penelitian. Metode penelitian diperlukan agar hasil penelitian dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu, keberadaan metode penelitian menjadi tolok ukur bagi validitas data sehingga peneliti lain dapat melanjutkan penelitian dengan berlandaskan pada temuan penelitian.

- Tinjauan Pustaka. Tinjauan pustaka berisi hasil-hasil penelitian orang lain dan teori yang mendukung pelaksanaan penelitian. Kebaruan suatu solusi dalam penelitian dapat diketahui melalui tinjauan pustaka. Pada tinjauan pustaka terdapat penjelasan tentang masalah penelitian. Pembuatana tinjauan pustaka dilakukan dengan pembuatan rujukan secara kritis dan sistematik kepada dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul peneltiian yang akan dilaksanakan. Dokumen-dokumen tersebut memuat informasi, ide, data, dan metode dalam memeroleh informasi yang terkait dengan penelitian. Tujuan utama tinjauan pustaka adalah memberikan gambaran penelitian melalui perspektif ilmiah. Penelitian dikaitkan dengan pengetahuan yang telah ada. Informasi yang diperoleh dalam tinjauan pustaka berupa teori. desain penelitian, dan metode pengumpulan dan analisis data.

- Hipotesis. Hipotesis merupakan dugaan sementara dari suatu peristiwa yang sudah terjadi atau akan terjadi. Penggunaan hipotesis dilakukan pada dua jenis kategori penelitian. Pertama, penelitian komparatif yang bertujuan membandingkan dua atau lebih objek maupun subjek. Tujuan penelitian komparatif adalah menemukan perbedaan antara dua atau lebih objek maupun subjek. Kedua, penelitian korelatif yang bertujuan untuk mengkaji keberadaan hubungan antara peristiwa dengan peristiwa yang lain maupun suatu gejala dengan gejala yang lainnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Proposal Penelitian

Manfaat proposal penelitian adalah sebagai berikut:

- Sebagai Panduan Pelaksanaan Penelitian

Bagi peneliti, proposal penelitian berperan sebagai panduan pelaksanaan penelitian. Penyusunan proposal penelitian dapat menjadi acuan kerja yang mengendalikan kinerja penelitian secara optimal, terarah, serta menghemat tenaga, waktu, dan dana yang digunakan selama penelitian berlangsung. Selain itu, kualitas dan kredibilitas hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan dengan mengacu kepada proposal penelitian.

- Sebagai Penentu Kelayakan Penelitian

Kelayakan penelitian umumnya dinilai oleh pembimbing yang merupakan pakar, konsultan, atau narasumber dalam suatu bidang penelitian tertentu. Proposal penelitian menjadi tolok ukur kelayakan suatu penelitian. Jika proposal penelitian layak, maka penelitian dapat dilakukan. Sebalinya, jika proposal penelitian belum layak atau tidak layak, maka rancangan penelitian dapat diperbaiki terlebih dahulu, diganti topik dan permasalahannya, atau ditolak sama sekali.

- Sebagai Penentu Kelayakan Pemberian Dana

Proposal penelitian juga menjadi penilaian kelayakan pemberian dana oleh sponsor kepada suatu penelitian. Jumlah dana yang diberikan oleh sponsor sangat ditentukan oleh tingkat kualitas proposal penelitian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.