Sukses

Pengertian Novel dalam Karya Sastra, Kenali Cirinya

Novel penting dipahami dalam karya sastra.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian novel penting dipahami dalam karya sastra. Dalam bahasa sehari-hari, novel telah dikaitkan paling dekat dengan fiksi. Novel hadir dalam bentuk buku atau buku elektronik.

Jika kamu menggemari sastra, pengertian novel adalah dasar pengetahuan yang harus diketahui. Pengertian novel menjelasakan tentang karakteristik khusus novel dan ciri-cirinya. Pengertian novel juga menjadi pembeda dirinya dengan karya sastra lainnya. 

Pengertian novel bisa didefinisikan sebagai seni melalui kata-kata tertulis. Ia bisa menjadi representasi dari kehidupan manusia. Novel hadir dalam beragam genre. Tapi, pengertian novel memiliki inti yang sama.

Berikut pengertian novel dan ciri-cirinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(11/01/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian novel secara umum

Novel berasal dari bahasa Latin novellus yang berarti "baru, muda, segar". Novel berarti sesuatu yang sangat baru dan orisinal sehingga belum pernah dilihat, digunakan, atau bahkan dipikirkan sebelumnya. Novel menggambarkan karya fiksi sepanjang buku.

Melansir Britannica, pengertian novel adalah sebuah narasi prosa yang diciptakan dengan panjang yang cukup dan kompleksitas tertentu. Novel erhubungan secara imajinatif dengan pengalaman manusia, biasanya melalui rangkaian peristiwa yang terhubung yang melibatkan sekelompok orang dalam pengaturan tertentu.

Melansir ThoughtCo, novel adalah karya naratif fiksi prosa yang menceritakan sebuah kisah tentang pengalaman manusia tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama. Karakteristik novel yang paling khasa dalah gaya dan panjangnya, serta genre fiksi atau semi-fiksinya. Novel biasanya ditulis untuk menceritakan pengalaman individu karakter, menciptakan potret yang lebih dekat dan lebih kompleks dari karakter ini dan dunia tempat mereka tinggal.

3 dari 7 halaman

Pengertian novel menurut ahli

H. B. Jassin

Pengertian novel menurut H. B. Jassin adalah suatu kejadian yang luar biasa dari kehidupan orangorang luar biasa karena kejadian ini terlahir suatu konflik, suatu pertikaian, yang mengalihkan jurusan nasib mereka.

Jakob Sumardjo

Novel adalah bentuk sastra yang paling popular di dunia. Bentuk sastra ini paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, lantaran daya komunitasnya yang luas pada masyarakat.

Sudjiman

Novel adalah prosa rekaan yang panjang dengan menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa dan latar secara tersusun.

Tarigan

Pengertian novel menurut Tarigan adalah suatu cerita dengan alur yang cukup panjang mengisi satu buku atau lebih yang menggarap kehidupan pria dan wanita yang bersifat imajinatif.

4 dari 7 halaman

Ciri-ciri novel

Panjang

Ciri-ciri novel adalah panjang atau jumlah katanya yang cukup banyak. Biasanya jumlah kata pada novel mencapai lebih dari 35.000 kata. Secara umum, kisarannya dianggap antara 60.000 dan 200.000 kata. Panjang novel tergantung pada kepekaan penulis untuk menentukan seberapa perlu mengembangkan tema atau karakter.

Ditulis dalam prosa

Prosa merupakan karya yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu cerita, ide, atau fakta. Pengertian novel termasuk jenis prosa. Novel adalah karya fiksi naratif yang relatif panjang, biasanya ditulis dalam bentuk prosa dan diterbitkan sebagai buku. Artinya, novel tidak ditulis dalam format puitis. Ini menyiratkan bahwa ia tidak memiliki ritme metrik, pengulangan atau periodisitas.

5 dari 7 halaman

Ciri-ciri novel

Pengembangan Karakter

Ciri-ciri novel selanjutnya adalah pengembangan plot dan karakternya. Unsur-unsur panjang dan realistis dari pengertian novel memungkinkan pengembangan karakter dan keadaan mereka yang mendalam dan luas. Berbeda dengan cerpen, novel cukup panjang untuk mendukung banyak partisipan atau bahkan kelompok partisipan dalam aksi cerita.

Pengembangan plot

Plot mengacu pada peristiwa yang terungkap sepanjang sejarah. Perpanjangan novel memungkinkan plot dikembangkan secara luas, memberi ruang pada situasi yang kompleks. Situasi di mana orang-orang ini menemukan diri mereka juga biasanya lebih terlibat dan kompleks. Alur cerita ini sering melibatkan perspektif ganda dari tindakan.

6 dari 7 halaman

Ciri-ciri novel

Konten fiktif tapi masuk akal

Ciri-ciri novel mendasar lain adalah tema yang diangkatnya. Dianggap bahwa ini adalah potongan fiksi, namun, narasinya biasanya realistis dan menyajikan fakta secara masuk akal dan koheren. Berkat logika ini, pengertian novel dapat secara konsisten mengakomodasi genre seperti fantasi dan fiksi ilmiah.

Inovasi

Novel secara keseluruhan mewakili perubahan sastra. Bahkan, namanya sendiri berbicara tentang inovasi. Novel berasal dari bahasa Latin Novellus yang berarti "muda dan baru". Hal ini juga terlihat dalam transformasinya yang terus menerus selama berabad-abad, tidak seperti genre sastra lain yang tetap stabil dari waktu ke waktu, terutama di ranah puisi.

7 dari 7 halaman

Ciri-ciri novel

Publikasi

Ukuran dan kompleksitas novel yang banyak, membuatnya perlu diterbitkan secara mandiri. Hal ini membuat perbedaan besar dengan format sastra lain seperti puisi atau cerita, yang biasanya diterbitkan dalam antologi atau koleksi.

Keanekaragaman sub-genre

Seiring berjalannya waktu, pengertian novel telah bertransformasi dan berkembang menjadi tema, pendekatan, dan proposal estetika baru. Oleh karena itu, saat ini terdapat banyak sekali sub-genre sehingga dalam beberapa kasus sulit untuk mengklasifikasikan sebuah novel hanya pada salah satunya. Misalnya, novel sejarah menggunakan narasi fakta sejarah yang nyata tetapi bernuansa fiksi dan peristiwa. Hal ini dilakukan untuk mengusulkan posisi tertentu pada peristiwa yang dia ceritakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.