Sukses

11 Obat Tipes Alami, Menghambat Perkembangan Bakteri Salmonella typhi

Kumpulan obat tipes alami yang mudah ditemukan di rumah, bantu pulihkan kondisi tipes.

Liputan6.com, Jakarta Sakit tipes memang sulit diprediksi, apalagi bakteri Salmonella typhi sebagai penyebab utamanya sulit dikenali. Saat menderita penyakit ini dan tepat gejala awal muncul, mulailah konsumsi obat tipes alami untuk pemulihan.

Obat tipes alami yang terdiri dari larutan, rempah, buah, sampai tanaman herbal sangat baik untuk proses penyembuhan. Tidak hanya mampu mengembalikan tenaga dan cairan tubuh, tetapi sekaligus menghambat perkembangan bakteri penyebab demam tifoid ini.

Pastikan untuk mengonsumsi obat tipes alami agar pemulihan di rumah sakit tidak perlu dilakukan. Namun bila kondisinya sudah tidak memungkinkan, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter, ya! Jangan sampai terlambat karena komplikasi tipes bisa terjadi.

Berikut Liputan6.com ulas obat tipes alami dari berbagai sumber, Jumat (5/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Obat Tipes Alami

Minum Air Putih

Obat tipes alami yang pertama adalah air putih. Meningkatkan asupan cairan tubuh dapat membantu mengendalikan gejala tipes, seperti diare dan demam. Cairan yang dikonsumsi dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan membuatnya tetap terhidrasi.

Untuk bisa melakukan proses pemulihan, minumlah air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas setiap hari. Sebaiknya gunakan air putih yang direbus matang untuk menjamin kebersihannnya dari kuman. Seimbangkan juga dengan konsumsi jus buah segar, teh herbal, air kelapa, air gula, dan sup.

Larutan Oralit

Obat tipes alami yang populer kedua adalah larutan oralit. Oralit yang terbuat dari tiga bahan dasar yaitu gula, garam, dan air yang mudah ditemukan di rumah. Oralit dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi penderita tipes.

Cara membuat obat tipes alami ini sangat mudah, cukup dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan enam sendok teh gula ke dalam 4 gelas air. Minum larutan oralit selama beberapa kali dalam sehari hingga tubuh benar-benar pulih.

3 dari 6 halaman

Obat Tipes Alami

Bawang Putih

obat tipes alami yang ketiga ada bawang putih. Sifat antimikroba pada bawang putih berguna untuk membilas racun berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat. Hal ini yang menjadikannya mempercepat proses pemulihan tipes.

Pertama, konsumsi obat tipes alami ini dua siung secara langsung ketika perut kosong. Lakukan cara ini selama beberapa minggu sampai tubuh kembali pulih. Kedua, dengan mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihaluskan, secangkir susu dan empat gelas air. Rebus larutan in hingga tersisa seperempatnya dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Penelitian dari African Journal of Microbiology Research menyatakan bawang putih terbukti efektif menghambat berkembangan bakteri Salmonella typhi dan dapat digunakan sebagai obat tipes alami.

Cengkeh

Cengkeh dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes. Obat tipes alami ini bisa berperan demikian karena sifat antibakteri pada kandungan minyak esensialnya.

Cara membuat obat tipes alami ini mudah, masukkan 5-7 kuncup cengkeh dalam air mendidih dan rebus hingga airnya tersisa setengah. Setelah larutan menjadi dingin, minum secara rutin di siang hari selama minimal satu minggu.

4 dari 6 halaman

Obat Tipes Alami

Telur

Telur cocok dikonsumsi pengidap tipes untuk menjalani masa pemulihan. Obat tipes alami termasuk makanan semi padat yang mudah dicerna. Mengingat tipes penyakit yang menyerang saluran cerna, tipes bisa diredakan segera jika mau menjaga kesehatan pencernaan.

Telur di mata dunia termasuk salah satu makanan berprotein tinggi yang paling sehat. Selain mengandung protein yang cukup tinggi, obat tipes alami ini juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Telur ayam pun mengandung kolin yang dipercaya dapat menjaga kesehatan sistem saraf, hati, dan jantung.

Daun Selasih

Obat tipes alami yang keenam ada daun selasih. Daun ini memiliki khasiat antibiotik dan antibakteri yang dapat menghambat bakteri Salmonella typhi berkembang dalam butuh. Hal ini yang membuatnya cocok meredakan tipes.

Cara meracik obat tipes alami ini cukup mudah, siapkan 20 helai daun selasih, 1 sendok teh jahe yang dihancurkan dan 1 gelas air. Kemudian rebus semua bahan hingga larutan berkurang setengahnya.

Tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis. Minum larutan sebanyak 2-3 kali sehari hingga masa pemulihan. Pastikan untuk menyeimbangan asupan cairan tubuh dengan konsumsi minuman atau makanan yang lain.

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang bisa digunakan untuk obat tipes alami. Terdapat kandungan pektin atau serat larut dalam pisang yang dapat menyerap cairan di usus, sehingga dapat menurunkan diare.

Selain itu, obat tipes alami ini kaya kandungan kalium yang dapat berfungsi menggantikan eletrolit yang hilang akibat diare dan demam.

Agar cepat pulih, dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap harinya atau kamu juga bisa mencampurkan dua buah pisang dengan setengah cangkir yogurt dan satu sendok teh madu. Konsumsi selama 2-3 kali setiap hari

5 dari 6 halaman

Obat Tipes Alami

Cuka Apel

Obat tipes alami yang kedelapan ada cuka apel. Cuka apel dikenal memiliki kandungan asam dari yang dapat membantu mengeluarkan panas tubuh dan menurunkan suhu tubuh secara perlahan.

Terdapat pula kandungan mineralnya yang dapat menggantikan mineral yang hilang karena diare pada penderita tipes. Obat tipes alami ini bisa digunakan dengan dua cara.

Pertama campurkan setengah sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu dalam segelas air. Lalu, minum larutan ini sebelum makan selama 5-7 hari.

Cara kedua, campurkan cuka sari apel dan air hangat dengan perbandingan 1:2. Rendam kain lap dalam cairan tersebut, peras dan letakkan di dahi dan perut. Ulangi terus sampai demam turun.

Susu

Mengonsumsi susu bisa menjadi obat tipes alami. Susu bisa membantu pemulihan pengidap tipes. Manfaat ini berasal dari kandungan protein dalam susu.

Selain dapat menambah tenaga, juga bisa menambah berat badan pengidapnya. Susu tak hanya bisa seimbangkan kadar protein, tetapi juga karbohidrat dan lemak baik.

Susu pun termasuk sumber kalsium, serta vitamin dan mineral yang baik untuk menunjang pemulihan. Jadi tidak perlu ragu untuk mengonsumsi susu ketika sedang mengidap tipes.

6 dari 6 halaman

Obat Tipes Alami

Oatmeal

Obat tipes alami yang kesepuluh ada oatmeal. Memang dikenal sebagai makanan diet tetapi sebenarnya bisa membantu pemulihan pengidap tipes yang sedang menjalankan program diet.

Manfaat obat tipes alami ini berasal dari kandungan kalori oatmeal yang cukup tinggi. Kandungan kalori dalam oatmeal bisa membantu memberikan energi tambahan dan kekuatan bagi pengidap tipes.

Selain kalori, ada pula kandungan mangan, seng, vitamin B, dan zat besi. Terdapat pula serat larut dalam gandum dan beta-glukan yang dapat kontrol kadar kolesterol. Meski begitu, tetap batasi porsi konsumsi oatmeal bagi pengidap tipes.

Kentang

Kentang adalah makanan dengan sumber kalori yang baik. Tak hanya kalori, tetapi juga karbohidrat dan serat. Karbohidrat dalam kentang sangat tinggi dan membuatnya bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

Sementara serat dalam kentang ini sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Enggak heran kalau kentang pun cocok dikonsumsi pengidap tipes. Mengonsumsinya dalam porsi cukup bisa menjadi obat tipes alami.

Terutama mampu membantu mengembalikan energi dan kekuatannya. Termasuk menjaga sistem pencernaannya selama proses pemulihan. Kentang juga mengandung berbagai jumlah pati resisten, sejenis serat yang memberi makan bakteri ramah di usus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini