Sukses

15 Cara Melupakan Mantan Terindah, Pulihkan Perasaan dan Bikin Percaya Diri Lagi

Kumpulan cara melupakan mantan terindah yang ampuh banget.

Liputan6.com, Jakarta Cara melupakan mantan terindah bukan lagi menjadi suatu hal yang mustahil dilakukan. Bila sudah tertanam niat dan tekad dalam diri, cara melupakan mantan terindah bisa diselesaikan dalam waktu singkat dan bikin perasaanmu pulih lagi. Berhentilah berharap dan prioritaskan dirimu menjadi pribadi yang lebih baik.

Mulailah cara melupakan mantan terindah dengan berdoa dan berhenti menghubunginya. Mantan terindah akan lebih sulit dilupakan bila kontakmu dengannya tak disudahi meski hanya sebatas teman. Ini justru akan memperburuk perasaan atas perpisahanmu dengannya. Menjadi tegas di awal akan membuatmu lebih mudah menerima kenyataan di masa mendatang.

Jangan ragu untuk memulai pertemanan baru, kesibukan baru, dan memperbaiki kualitas hidupmu. Cara melupakan mantan terindah pun sangat perlu menghindari hal-hal yang akan membuatmu merasa sedih lagi. Mendengarkan lagu galau boleh sesekali, tetapi bakal bikin kecanduan dan ini yang selalu bikin gagal move on. Hati-hati, ya!

Selain hal-hal yang sudah disebutkan, masih ada banyak cara melupakan mantan terindah yang bisa dicoba. Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang cara melupakan mantan dari berbagai sumber, Senin (10/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Melupakan Mantan Terindah

Cara Melupakan Mantan dengan Berdoa

Berdoa dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta adalah cara melupakan mantan terindah yang pertama. Mungkin saja ini merupakan cara-Nya untuk menegur kamu, karena kamu semakin menjauh dari-Nya. Mintalah agar kamu diberikan kekuatan supaya dapat terus hidup, bertahan dan mampu mengatasi akibat dari luka yang disebabkan oleh mantanmu.

Terlepas dari siapa yang memutuskan hubungan kalian. Cara melupakan mantan terindah adalah kamu harus benar-benar menerima bahwa jalinan cinta kalian memang telah berakhir. Percayalah Tuhan masih punya rencana terbaik lainnya untuk hubungan kamu. Pada dasarnya kamu masih bisa hidup kok tanpa kehadiran si mantan.

Meski begitu sulit untuk melupakannya, hidup tetap harus berjalan. Cobalah cara melupakan mantan terindah untuk membangkitkan gairah kembali dengan hal-hal baru. Cepatlah bangkit dan jangan terus -terusan frustrasi dan terpuruk secara berlarut-larut dalam kesedihan.

Cara Melupakan Mantan dengan Berhenti Menghubungi

Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah jangan menghubunginya kembali. Untuk menenangkan perasaan Anda, cobalah buat jarak di antara Anda dan mantan gebetan Anda.

Menghubungi mantan gebetan meskipun hanya sekedar menanyakan kabar, dapat menumbuhkan kembali kenangan Anda dan menghalangi usaha Anda untuk move on. Oleh karena itu, cara melupakan mantan terindah adalah hindari untuk menyentuh dan menyimpan kontak mantan gebetan di ponsel atau media sosial Anda.

Juga, cara melupakan mantan terindah jangan membalas pesannya muncul di layar ponsel Anda. Jika perasaan Anda sudah tenang dan biasa saja, baru Anda bisa menjalin pertemanan dengan orang tersebut.

Cara Melupakan Mantan dengan Menjalin Pertemanan Baru

Terkadang, kesulitan melupakan sosok mantan itu dikarenakan mereka yang baru putus berkeputusan untuk menyendiri dan menghindar dari publik atau keramaian. Mulailah menjalin pertemanan baru sebagai cara melupakan mantan terindah.

Suasana sunyi dan sepi umumnya membuat seseorang semakin sedih perasaannya karena pikiran pasti terfokus khususnya pada kondisi putus cinta dan tidak ada orang lain yang bisa menyemangatinya. Cara move on terbaik dari mantan kekasih, sangat disarankan untuk berkenalan dengan orang-orang baru.

Selain itu, jangan ragu bersosialisasi dengan orang baru. Cara melupakan mantan terindah ini akan membuat pikiran teralihkan dan lebih terbuka akan hal baru yang pastinya jauh lebih menarik untuk dibicarakan.

3 dari 7 halaman

Cara Melupakan Mantan Terindah

Cara Melupakan Mantan dengan Curhat

Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah cari sahabat terbaikmu untuk curhat. Menceritakan kisah perpisahanmu bisa menjadi salah satu cara pelepas stress usai putus. Terutama jika cara melupakan mantan terindah ini curhat dengan sekelompok orang yang juga telah mengalami pengalaman serupa.

Tetapi jika itu terus menjadi satu-satunya topik pembicaraan selama berminggu-minggu sesudahnya, itu bisa merusak proses cara melupakan mantan terindah kamu lho. Ceritakan kisahnya sekali saja pada teman curhatmu. Lalu cara melupakan mantan terindah terbaik adalah minta saran apa yang harus kamu lakukan agar bisa cepat move on.

Cara Melupakan Mantan dengan Blokir

Terdengar agak kejam sih, namun saat putus dengan mantan hanya ada satu cara melupakan mantan terindah tercepat, yaitu berhenti melihatnya, baik secara langsung, maupun di media sosial. Setelah dikira tidak ada lagi yang perlu diurus bersama si mantan, cara melupakan mantan terindah adalah blokirlah atau hapuslah kontak apapun dia dari semua media sosial.

Baik itu kontak telepon, pesan teks, panggilan video, email dan semua platform sehingga tidak ada lagi kemungkinan untuk berhubungan. Blokir semuanya kalau perlu hapus. Lakukan cara melupakan mantan terindah ini ketika kamu benar-benar berniat melupakan mantan. Memblokir semua kontaknya lambat laun kamu bisa menghapus tanda-tanda keberadaannya di mana pun dan bisa melupakannya.

4 dari 7 halaman

Cara Melupakan Mantan Terindah

Cara Melupakan Mantan dengan Mencari Kesibukan Baru

Mulailah menyibukkan diri sebagai cara move on terbaik dari mantan kekasih. Saat berada dalam kesendirian dan tidak melakukan aktivitas apapun inilah justru pikiran akan terus memutar ingatan dan kenangan saat bersama dia. Jangan membiarkan dirimu berada dalam kesendirian dalam waktu yang lama.

Bila memang kamu merasa harus menyendiri, cara melupakan mantan terindah adalah lakukanlah sesuatu dan jangan biarkan dirimu tidak melakukan hal apa-apa. Kamu bisa mencoba cara move on terbaik dari mantan kekasih dengan menghabiskan waktu dengan membaca, menonton film, mendengarkan musik, atau hal yang lebih bermanfaat seperti mengerjakan tugas-tugas dan kewajiban.

Terus sibukkan diri sendiri dengan melakukan berbagai macam aktivitas yang membuat kamu tidak sempat memikirkan diri sendiri atau tidak melakukan apapun atau melamun. Kamu bisa melakukan cara melupakan mantan terindah dengan kumpul-kumpul bersama teman-teman, melakukan hobi yang kamu sukai, berjalan-jalan di mal atau taman, berkumpul bersama keluarga.

Cara Melupakan Mantan dengan Menyeimbangkan Kenangan

Setelah putus, pasti kita masih teringat mantan. Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah menyeimbangkan kenangan. Guy Winch, psikolog yang menulis buku How to Fix a Broken Heart mengingatkan agar setiap kenangan yang muncul di dalam benak tidak berat sebelah.

"Kamu perlu memastikan setiap pikiran tentang mantan tetap realistis dan tidak berat sebelah," jelasnya seperti dilansir Independent.

Cara melupakan mantan terindah adalah tidak perlu terus-terusan mempertanyakan kenapa hubungan kalian berakhir. Ini hanya akan membuatnya terus-terusan menjadi tokoh utama di dalam hidupmu. Terima saja kenyataan apa adanya. Lakukan cara melupakan mantan terindah ini dengan sungguh agar bisa segera move on.

Cara Melupakan Mantan dengan Menghindari Hasrat

Boleh saja mengganti gaya rambut, mencari pasangan baru, atau melakukan hal-hal yang belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Tapi lakukan cara move on terbaik dari mantan kekasih itu saat kondisi mentalmu sudah stabil.

Mulailah cara melupakan mantan terindah dengan mengenali semua perasaan Anda, terutama yang impulsif, gelap, dan marah. Cobalah cara melupakan mantan terindah untuk tidak mewujudkannya menjadi tindakan bila sudah mengenalinya.

Termasuk untuk melakukan perubahan dramatis terhadap penampilan seperti potong pendek atau mewarnai rambut atau tato tidak disarankan. Nanti akan ada waktunya untuk penampilan baru ketika diri sendiri sudah merasa lebih stabil.

5 dari 7 halaman

Cara Melupakan Mantan Terindah

Cara Melupakan Mantan dengan Berhenti Mencari Tahu

Ketika sebuah hubungan harus berakhir, cara move on terbaik dari mantan kekasih bisa diwujudkan jika kamu berhenti mencari tahu. Baik secara langsung atau lewat media sosial. Bagi sebagian orang, cara melupakan mantan terindah adalah memblokir seluruh akun sosial medianya.

Bila tidak mengetahui kabarnya, kamu bisa mengurangi kepedulian terhadap apa yang dilakukannya dan bisa benar-benar move on. Stalking mantan melalui sosial media hanya akan membuat kamu semakin terikat dengannya. Cara melupakan mantan terindah adalah hindari untuk melakukan hal tersebut hingga hatimu sendiri yang mengatakan untuk berhenti.

Cara Melupakan Mantan dengan Berhenti Berharap

Kini saat yang tepat untuk menyudahi harapanmu. Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah akhiri semua khayalan demi kebaikanmu sendiri. Butuh ketegasan dari dalam diri dalam setiap proses cara melupakan mantan terindah, terutama untuk berhenti berharap.

Cinta yang bertepuk sebelah tangan pada dasarnya tidak sehat untuk hati dan perasaanmu. Maka dari itu, pilihan cara melupakan mantan terindah yang paling bijak dan terbaik untukmu saat ini adalah berhenti membuat harapan kosong yang hanya akan menyakiti hatimu.

Bila memang kenyataan ini membuatmu sedih, maka cara melupakan mantan terindah adalah izinkan dirimu bersedih tapi dalam batas secukupnya saja. Tak usah berlebihan sebab ada hari-hari yang lebih baik yang harus disambut ke depannya.

6 dari 7 halaman

Cara Melupakan Mantan Terindah

Cara Melupakan Mantan dengan Memperbaiki Hidup

Terkadang kita terlalu memaksakan diri mencintai orang yang belum tentu mencintai kita, sampai lupa kalau kita juga perlu mencintai diri kita sendiri. Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah kini saatnya menyadari untuk lebih mencintai diri sendiri.

Berbahagialah dengan semua anugerah hidup yang dipunya saat ini. Cara melupakan mantan terindah adalah dengan mulai mensyukuri setiap detik waktu yang masih mengizinkan kita bernapas dan tersenyum. Cinta bertepuk sebelah tangan hanyalah sebuah fase dalam hidupmu yang sifatnya hanyalah sementara.

Semoga ke depannya ada cinta yang lebih baik untukmu. Semua luka dan pengalaman pahit ini biarlah jadi pembelajaran yang penting dalam hidup kita untuk menyadarkan kembali bahwa ada prioritas-prioritas yang lebih penting untuk dipenuhi saat ini.

Cara Melupakan Mantan dengan Berpikir Positif

Memiliki pikiran positif akan berdampak hal positif juga, setuju? Yap, memikirkan hal positif dari hubungan asmara yang kamu jalani akan membuahkan hasil yang positif, walaupun hubungan harus kandas di tengah jalan.

Cara move on terbaik dari mantan kekasih dengan berpikiran positif, akan memperlihatkan sisi lain dari putus cinta kamu dengan si ‘dia’. Sebagai contoh, biasanya kamu dan pasangan sering bertengkar bahkan ribut karena permasalah kecil.

Tentu hal itu membuat mood kamu drop kan. Nah, sisi baiknya jika putus, kamu tidak bertengar lagi sama si dia dan hal itu bisa menyehatkan pikiran. Cara melupakan mantan terindah ini wajib banget dipraktikkan.

7 dari 7 halaman

Cara Melupakan Mantan Terindah

Cara Melupakan Mantan dengan Menghindari Lagu Galau

Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah menghindari lagu-lagu galau. Secara tidak sadar, mungkin Anda suka mendengarkan musik yang sesuai dengan suasana hati Anda.

Namun, ketika Anda sedang patah hati, cara melupakan mantan terindah adalah jangan dengarkan lagu yang juga mendukung perasaan Anda. Agar move on Anda berhasil, dengarkan lagu-lagu ceria atau yang bertempo cepat untuk mengembalikan mood dan semangat Anda.

Inilah saatnya kamu menekuni dan sibuk dengan hobimu sebagai cara melupakan mantan terindah. Kamu bisa traveling kalau kamu hobi jalan-jalan, hunting foto atau menulis sebuah buku.

Cara Melupakan Mantan dengan Melakukan Evaluasi Hubungan

Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah melakukan evaluasi hubungan. Tuliskan apa yang telah kamu dapat dari hubungan selama ini. Membuat daftar apa yang telah kamu pelajari dari suatu hubungan tidak hanya memperkuat alasan mengapa kamu tidak cocok dengannya, tetapi membantu memberi kamu gambaran yang lebih baik tentang jenis pasangan yang paling cocok denganmu.

Mulai cara melupakan mantan terindah dengan menghabiskan waktu tersendiri untuk merefleksi diri. Cara melupakan mantan terindah ini akan membuat kamu menemukan apa sebenarnya yang tidak kamu sukai dari mantan. Bertanyalah pada dirimu sendiri apakah si dia membuatmu menjadi seseorang yang bukan dirimu? Atau apa alasan yang membuatmu membencinya?

Cara Melupakan Mantan dengan Berdamai Bersama Kenyataan

Cara melupakan mantan terindah yang wajib dilakukan adalah berdamai dengan kenyataan. Berdamai dengan kenyataan berarti sanggup dengan ikhlas menerima semua kenyataan yang Anda alami. Mungkin cara melupakan mantan terindah ini terdengar tidak mudah, akan tetapi ada saatnya setiap orang merelakan atas semua hal yang pernah dimiliki.

Setiap orang harus percaya bahwa semua hal yang terjadi, akan selalu ada hikmah di dalamnya. Tidak perlu takut untuk melanjutkan perjalanan hidup kembali, sebab akan selalu ada orang-orang baru yang akan membuat hidup Anda kembali bahagia. Cara melupakan mantan terindah ini hanya persoalan waktu, jalani dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.